gentlemancode.id
Buat Lo Pekerja Kantoran, ikuti 4 Tips Ini Agar Lo tetap sehat Meski Duduk Seharian

BUAT LO PEKERJA KANTORAN, IKUTI 4 TIPS INI AGAR LO TETAP SEHAT MESKI DUDUK SEHARIAN

Published on Thursday, 15 August 2019

Buat Lo pekerja kantoran, umumnya Lo pasti menghabiskan sebagian besar waktu Lo dengan duduk menatap layar computer seharian, bener nggak? Emang sih kaya yang nyantai, tapi kalo seharian Lo cuma duduk diam doang, itu bisa menimbulkan masalah kesehatan, bro. Padahal nih, Lo harus selalu sehat dan bugar agar Lo bisa bekerja dengan maksimal. Nah, Lo bisa simak tips berikut mengenai tips tetap sehat meski seharian duduk di kantor yaitu:

Tips tetap sehat meski duduk di kantor seharian

Tetap aktif merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Sayangnya, banyak diantara para pekerja kantor menghabiskan waktunya dengan duduk diam di depan komputer.

Seperti yang sempat Gw singgung tadi, duduk terlalu lama itu bisa meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti ambeien, nyeri otot leher, nyeri punggung dan pinggang, dan obesitas (kegemukan).

Lali, apa aja sih yang bisa dilakukan oleh para pekerja kantoran agar terhindar dari masalah kesehatan tersebut? Jawabannya adalah dengan membuat tubuh agar terus bergerak aktif.

1. Lakukan peregangan sederhana

Meskipun pekerjaan Lo menuntutu Lo untuk duduk seharian bukan berarti Lo nggak bisa bergerak aktif, bro. Sebenarnya, Lo bisa lho menyempatkan diri untuk melakukan peregangan sederhana sekalipun sambil Lo duduk.

Gw kasih tahu nih ya, gerakan peregangan itu bisa membantu Lo mengurangi stres, sekaligus ketegangan pada otot tubuh, sehingga Lo terhindar dari nyeri otot.

Dibawah ini adalah beberapa rekomendasi gerakan peregangan yang bisa Lo lakukan di kantor agar Lo tetap sehat dan bugar.

Leg extension

Duduklah tegak di kursi Lo. Lalu angkat satu kaki lurus ke depan. Tahan dalam tiga hitungan dan ulangi untuk kaki yang satunya lagi. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 set dengan 10 kali pengulangan di setiap kaki.

Arm circles

Tetaplah duduk dalam posisi tegak. Rentangkan tangan Lo ke samping, membentuk huruf T. Putar pundak Lo ke depan sebanyak 20 kali putaran dan ke belakang dengan jumlah yang sama. Ulangi gerakan ini sebanyak 2 sampe 3 kali untuk mencegah sakit leher. Dengan begitu Lo akan tetap fit dan sehat selama di kantor.

Seated press up

Kalo Lo ingin melakukan gerakan ini, lakukan peregangan ini di kursi yang tidak beroda agar lebih aman. Duduklah tegak dengan telapak kaki menempel di lantai. Setelah itu, letakkan tangan di samping tubuh menyentuh pegangan.

Dengan menumpu pada tangan dan kaki, angkatlah tubuh Lo sehingga bokong Lo sedikit melayang di atas bangku. Tahan tubuh Lo di atas sebanyak 3 hitungan, lalu kembali letakkan bokong Lo ke kursi. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali pengulangan.

2. Pilih minum pakai cangkir

Agar Lo tetap sehat meskipun Lo hanya duduk seharian di kantor, pilihlah untuk minum di cangkir atau gelas ketimbang di botol, bro. Kenapa?

Menggunakan botol minum memang akan memudahkan Lo untuk minum lebih banyak. Sayangnya, hal ini juga bisa menghilangkan kesempatan Lo untuk aktif bergerak. Udah ngerti kan sekarang?

Ya bro, menggunakan cangkir atau gelas memungkinkan Lo bangun, berdiri, dan berjalan dari tempat duduk Lo untuk mengisi cangkir kembali dengan air putih. Meski terlihat sepele, tindakan ini bisa membuat tubuh Lo tetap aktif bergerak walaupun pekerjaan Lo dihabiskan dengan banyak duduk.

Mau nggak mau Lo jadi harus gerak kan? Hehe.

3. Bawa bekal tapi jangan makan di meja kerja

Cara selanjutnya yang bisa Lo lakukan agar tetap sehat di kantor adalah Lo bawa bekal dari rumah, bro. Bekal dari rumah lebih terjamin kebersihan dan nutrisinya dibandingkan Lo harus membeli makanan di pinggir jalan.

Namun, agar jadi lebih sehat, sebaiknya Lo tidak makan di atas meja kerja. Makan lah di luar ruangan kantor, yang memungkinkan tubuh Lo bergerak dan membakar kalori.

Selain nggak mengotori meja, makan di tempat lain juga mencegah konsentrasi saat makan teralihkan pada pekerjaan. Dengan begitu, Lo bisa makan dengan tenang, tanpa harus mikirin kerjaan.

4. Perhatikan posisi duduk, letak keyboard, dan monitor komputer Lo

Posisi duduk, letak keyboard, dan layar komputer yang salah bisa menyebabkan masalah otot dan postur tubuh yang buruk, bro. Jadi, agar tetap sehat, pastikan postur tubuh saat duduk di kantor juga harus Lo perhatikan.

Jangan duduk dengan tubuh yang condong ke depan, ke belakang, atau ke samping.

Agar Lo bisa duduk tegak dengan nyaman, posisikan keyboard, monitor, dan mouse Lo di lokasi yang enak buat Lo. Pastikan monitor tidak terlalu jauh sehingga pandangan Lo akan tetap nyaman tanpa perlu menyipitkan mata ketika menatap layar.

Lalu, letakkan mouse pada area yang mudah dijangkau tangan. Tempatkan keyboard senyaman mungkin dengan tangan Lo.

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini