gentlemancode.id
Cara Menghilangkan Kejenuhan Terhadap Rutinitas Pekerjaan

CARA MENGHILANGKAN KEJENUHAN TERHADAP RUTINITAS PEKERJAAN

Published on Tuesday, 25 July 2017

Setiap hari Lo pasti melakukan hal-hal yang udah jadi rutinitas Lo. Diantaranya mungkin hal yang Lo lakukan berulang kali seperti: berangkat kerja jam 7,  mengerjakan tugas A, lalu kemudian tugas B, bikin ini, bikin itu, dan lain sebagainya. Kegiatan ini kalo dilakukan berulang-ulang dalam waktu yang lama tentunya akan bikin Lo bosan atau jenuh. Apalagi dalam dunia kerja, pekerjaan yang itu-itu aja pasti akan membuat Lo bosen, bener gak?

Ketika Lo udah ngarasa jenuh, semangat Lo dan kreatifitas Lo jadinya akan menurun atau malah gak ada, Bro. Ketika ini terjadi, tentunya ini akan mengganggu performa Lo dalam bekerja dan ini tentu saja gak bagus buat Lo.

Ketika Lo udah ada pada titik terendah kreatifitas Lo, Lo gak bisa bikin apa-apa. Lo gak akan nemuin ide, Lo gak akan punya semangat, dan ujungnya jadi males-malesan. And finally, Lo jadi gak produktif.

Somehow jenuh itu sebetulnya adalah hal yang sangat manusiawi, tapi yang jadi masalah adalah ketika rasa jenuh itu bikin Lo gak bisa ngapa-ngapain. Jadi, jangan sampe kita terlalu lama kebawa sama perasaan jenuh ini karena seperti Gw bilang tadi kejenuhan itu akan membuat seseorang menjadi males dan akhirnya gak produktif. Untuk itu Bro, untuk menghindari hal tersebut Gw punya tipsnya nih. Coba disimak nih, Bro!

1. Berhenti sejenak untuk istirahat

Kalo Lo ngerasa Lo udah ada pada titik dimana Lo ngerasa Lo gak bisa ngapa-ngapain, itu artinya Lo harus break untuk beberapa saat, Bro. Ibarat mesin mobil, mungkin otak Lo udah panas. Perlu di-refresh, Bro. Coba deh Lo berhenti dulu dari segala pekerjaan Lo dan Lo istirahat untuk beberapa saat. Lo bisa ngopi, atau ngobrol bareng temen-temen Lo. Sekedar jalan keluar ruangan dan menghirup udara segar juga mampu mengembalikan ketenangan pikiran Lo, Bro. Intinya, kalo pikiran Lo udah sumpek dan gak bisa ngapa-ngapain maka jangan Lo paksain karena gak bakalan bener, karena otak Lo juga butuh cooling down, Bro.

2. Dengerin Lagu Yang Bisa Bikin Mood Lo Enak Lagi

Coba deh Lo puter lagu kesukaan Lo ketika Lo ngerasa capek dan jenuh dengan pekerjaan Lo. Lagu-lagu yang bisa nyentuh hati dan semangat Lo terbukti efektif merubah mood Lo yang tadinya jelek jadi kembali positif. Apalagi kalo Lo dengerinnya sambil Lo istirahat dan santai, pasti Lo akan fresh lagi setelah itu. Coba deh!

3. Menikmati Cokelat Hangat

Menikmati coklat hangat akan mambantu Lo merasa rileks ketika Lo merasa jenuh dengan rutinitas Lo. Cobalah untuk meminum satu gelas cokelat hangat kemudian Lo nikmati cokelat tersebut sambil Lo bercengkrama dengan teman-teman Lo. Atau Lo bisa menikmatinya sendiri sembari Lo nyantai dan dengerin musik favorit Lo.

4. Baca Artikel-artikel Lucu Atau Nonton Video-video Lucu

Ketika Lo udah mulai suntuk dan jenuh, tertawa adalah obat yang paling mujarab untuk membuat Lo seger dan semangat kembali. Coba deh Lo baca artikel-artikel ringan yang lucu di sela-sela waktu Lo sebagai bahan buat Lo refreshing. Atau Lo juga bisa menonton video-video lucu di Youtube yang mana akan membuat hari Lo lebih fresh lagi. Gw jamin Bro, setelah itu otot-otot di kepala Lo akan kembali rileks dan Lo akan kembali segar dan bersemangat untuk ngerjain pekerjaan-pekerjaan Lo. Hidup itu jangan dibawa serius  mulu Bro, bisa panas otak Lo entar. Sesekali Lo harus memanjakan diri Lo dengan hiburan dan liburan!

5. Cuti

Setiap perusahaan pasti memberikan jatah cuti untuk setiap karyawannya. Untuk itu, jangan Lo sia-siain jatah ini. Kalo Lo merasa udah bener-bener stres dan Lo jenuh dengan semua pekerjaan Lo, itu tandanya Lo harus cuti Bro. Lo bisa gunakan waktu tersebut untuk istirahat atau liburan. Waktu liburan ini bisa Lo gunakan untuk berkumpul bersama sahabat atau keluarga. Bercengkrama dengan orang-orang terdekat akan membantu Lo menemukan ketenangan diri Lo dan lepas dari rasa jenuh dan stres yang Lo rasakan. Dengan begitu, Lo bisa kembali bekerja dengan energi dan semangat yang baru yang akan membuat Lo menjadi lebih produktif.

Kesimpulannya adalah, kita harus mengerti bahwa diri kita hanyalah manusia biasa yang tidak luput dari rasa jenuh dan rasa bosan. Ketika itu terjadi, perlu disadari bahwa ini adalah hal yang sangat manusiawi yang semua orang pasti pernah mengalaminya. Inget Bro, kita ini bukan robot. Tenaga dan pikiran kita kemampuannya sangat terbatas. Jadi, kalo Lo jenuh Lo bisa ikutin tips yang Gw bilang tadi ya. Semangat Bro!

O iya, jangan lupa di share ya artikelnya. Cheers!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini