gentlemancode.id
Do's and Don'ts dalam Interview Kerja

DO'S AND DON'TS DALAM INTERVIEW KERJA

Published on Tuesday, 17 July 2018

Ketika Lo apply suatu pekerjaan, nggak cuma CV bagus aja yang bisa membuat Lo diterima kerja, bro. Banyak hal yang dipertimbangkan dan ada beberapa tahapan yang harus Lo lewati untuk bisa membuat Lo diterima dan salah satunya adalah bagaimana cara Lo menjawab pertanyaan-pertanyaan saat interview. Perlu Lo ketahui bro, bahwa ternyata bukan jawaban salah atau benar saja yang diperhatikan oleh si penanya. Tapi juga bagaimana cara Lo menjawab. Bisa itu dari angle mana yang Lo pakai untuk menjawab atau bisa juga alasan di balik jawaban Lo itu.

Kalo Lo sering apply lowongan pekerjaan, Lo pasti sadar kalo pertanyaan-pertanyaan tertentu sangat sering ditanyakan di setiap perusahaan. Nah, berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat interview dan bagaimana sebaiknya cara Lo menjawabnya.

1. Kenapa apply ke perusahaan ini?

Perlu Lo tahu bro, pertanyaan ini adalah sebuah tes yang diberikan oleh perusahan untuk mengetahui seberapa besar Lo mencari informasi tentang perusahaan yang Lo lamar itu dan seberapa besar Lo tertarik dengan perusahaan ini.

DO
Kemukakan apa yang Lo ketahui tentang perusahaan yang Lo lamar. Lo bisa menganalisisnya dengan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat) dari perusahaan ini. Dari analisa tersebut akan terlihat seberapa jauh Lo sudah memahami perusahaan yang LO lamar, bahkan strategi apa yang bisa diaplikasikan untuk mengembangkan perusahaan ini. Percaya deh bro, si penanya akan sangat senang banget dengan jawaban Lo itu dan kemungkinan Lo akan diundang lagi untuk menuju tahap selanjutnya.

DON'T
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Lo perlu melakukan analisa SWOT termasuk kelemahan di dalamnya, jangan cuma bagusnya aja, bro. Apalagi sampai terlihat lebay karena Lo akan dianggap menjilat.

2. Berapa Gaji yang Anda Inginkan?

Jangan terlalu berburuk sangka dengan pertanyaan ini, bro. Pertanyaan ini memang ditujukan untuk mengetahui berapa gaji yang Lo inginkan dan akan disesuaikan dengan budget perusahaan.

DO:
Lo bisa menjawab pertanyaan ini dengan menyebutkan berapa gaji yang Lo harapkan. Sebagai acuan, Lo bisa mengaju sama gaji Lo sebelumnya dan disesuaikan dengan kompetensi dan pengalaman Lo. Kadang Lo harus punya target berapa kira-kira gaji yang Lo harapkan di perusahaan selanjutnya. Jangan takut meminta gaji yang lebih tinggi asalkan realistis dan Lo punya alasan terhadap permitaan Lo itu.

DON'T:
Untuk pertanyaan ini jangan menjawab "terserah perusahaan", bro. Si penanya bisa jadi malah mengira Lo adalah orang yang pasrah terhadap keadaan keuangan Lo. Lo juga dianggap tidak punya target atas langkah-langkah dalam kehidupan Lo.

3. Apa yang akan anda lakukan dalam 5 tahun ke depan?

Jawaban dari pertanyaan ini akan mengungkapkan seberapa besar mimpi Lo dan seberapa realistis mimpi Lo dalam waktu 5 tahun ke depan. Lo bisa aja bermimpi tinggi, tapi apakah mimpi tersebut dapat Lo capai dalam waktu 5 tahun?

DO:
Lo bisa menjawab pertanyaan ini dengan penjelasan yang spesifik berikut dengan langkah-langkahnya. Si penanya ingin mengetahui bagaimana Lo membuat target jangka pendek dan jangka panjang. Selain itu dia ingin mengetahui langkah kongkrit apa yang akan Lo lakukan dalam mencapai target tersebut. Bahkan kalo perlu bagaimana Lo memonitor setiap target Lo.

DON'T:
Di pertanyaan ini Lo jangan sampai terlihat terlalu ambisius. Bermimpi dan mempunyai target sangat boleh bahkan harus, bro. Tapi, Lo perlu tahu kemampuan Lo dan apakah itu realistis atau tidak.

Pada dasarnya tidak ada jawaban benar ataupun salah dalam interview kerja, bro. Penanya hanya ingin mengetahui bagaimana pola pikir Lo. Yang paling penting, interview kerja bukan hanya tempat dimana Lo yang digali informasinya. Lo juga perlu mengetahui lebih lanjut perusahaan yang Lo lamar karena itu penting untuk LO ketahui. Selain itu, penanya juga akan menghargai bagaimana usaha Lo untuk mencari tahu mengenai perusahaan mereka.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini