gentlemancode.id
Gak cuman kemampuan dalam mengerjakan pekerjaan, soft skills juga sangat dibutuhkan dalam suatu pekerjaan

GAK CUMAN KEMAMPUAN DALAM MENGERJAKAN PEKERJAAN, SOFT SKILLS JUGA SANGAT DIBUTUHKAN DALAM SUATU PEKERJAAN

Published on Monday, 08 May 2017

Ketika kita mencari pekerjaan, kebanyakan dari kita mungkin akan fokus kepada hard skill yang kita miliki. Hard skill adalah kemampuan yang dapat diukur, seperti mampu meningkatkan penjualan, mampu membuat berbagai macam aplikasi, atau menguasai beberapa Bahasa asing.

Hard skill memang penting, tapi soft skill juga gak kalah penting. Percuma kalo misalnya seseorang memiliki hard skill yang baik namun tidak di barengi dengan soft skill yang baik pula, gak imbang jadinya Bro.

Coba bandingin dua kasus ini:

Lo diterima bekerja di salah satu perusahaan karena Lo memiliki kemampuan yang baik dalam bidang pemrograman. Lo tau banyak hal, dan Lo menguasai banyak Bahasa pmerograman. Tapi, ketika Lo bekerja Lo gak bisa menerima kritik dengan baik dan Lo malah marah ketika ada orang yang memberikan kritik sama Lo. Apakah Lo akan bertahan lama dalam pekerjaan itu? Gw rasa engga.

Coba bandingkan dengan orang ini: Dia gak sejago Lo dalam pemrograman, tapi dia lebih tenang dan mau menerima kritik tanpa tersinggung. Meskipun secara kemampuan dia gak terlalu jago, tapi orang seperti ini sepertinya akan lebih sukses dalam karirnya. Kenapa? Karena dia mau menerima kritik atau dengan kata lain dia mau bekerja sama.

Soft skills matter Bro

Yuk cari tau lebih banyak mengenai cara meningkatkan soft skill, biar kualitas diri Lo menjadi lebih oke lagi.

1. Kemampuan untuk menangani konflik

Kemampuan untuk mampu menangani konflik adalah salah satu soft skill yang sangat penting, apalagi kalo Lo kerja langsung sama customer. Entah Lo kerja ama rekan kerja Lo yang sering marah-marah atau customer yang sering complain, prinsipnya sama aja. Tetap tenang, dengarkan apa yang ingin dia katakan, dan tunjukan kalo Lo ngerti apa maksud mereka, abis itu Lo cari solusinya.

2. Pelajari cara berkomunikasi yang baik

Apapun pekerjaannya pasti Lo tetap membutuhkan komunikasi. So, gak ada salahnya buat Lo untuk mempelajari bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan benar. Dibawah ini adalah beberapa hal penting yang akan berguna buat Lo dalam berkomunikasi:

- Dengarkan dengan baik. Perhatikan dengan baik setiap orang yang ngomong sama Lo, tatap matanya, dan arahkan perhatian Lo sama lawan bicara Lo, dan ajukan lah beberapa pertanyaan untuk menunjukan bahwa Lo tertarik dengan topik pembicaraan dia.
- Kemukakan pendapat dengan jelas. Pikirkan dengan baik sebelum Lo menjelaskan ide Lo kepada orang lain, dan cobalah untuk menjelaskannya sesingkat mungkin. Jangan mengoceh atau menyertakan informasi yang tidak relevan dalam penjelasan Lo.
- Berfikiran terbuka. Lo gak akan mungkin akan sefaham dengan semua rekan kerja Lo. Cobalah untuk tetap terbuka dan cobalah untuk memahami orang lain untuk menghindari konflik yang tidak perlu.
- Percaya diri. Kalo Lo percaya ama diri Lo sendiri, maka orang lain juga akan percaya sama Lo.

3. Berfikir kritis

Mampu mengevaluasi informasi yang masuk secara kritis adalah soft skill yang penting untuk kita miliki. Inilah perbedaan antara karyawan yang melaporkan masalah kepada atasan mereka dan tidak melakukan apa-apa, dan seorang karyawan yang melihat sebuah masalah namun segera mulai mencari solusinya.

4. Kemampuan untuk menangani dan beradaptasi terhadap perubahan

Yang namanya hidup pasti dinamis gak akan statis. Gak ada keadaan yang tetap sama selamanya. Bersiaplah untuk menghadapi segala perubahan. Cobalah untuk melihat semua perubahan dalam sisi positif, gak peduli seberapa buruk itu rasanya. Mungkin dengan dipecat Lo malah akan mendapatkan pekerjaan baru yang lebih baik? Badai Pasti Berlalu Bro, selalu ada hikmah di balik setiap peristiwa yang kita alami.

5. Kemampuan pemecahan masalah

Masalah pasti akan selalu ada, apalagi didalam dunia kerja. Ketika Lo mampu menyelesaikan suatu masalah dalam pekerjaan Lo maka Lo udah pasti akan memiliki nilai yang baik dari perusahaan karena orang yang mampu memecahkan suatu masalah adalah orang yang bisa untuk diandalkan.

Jangan terlalu merasa aman dengan pengalaman dan kemampuan  yang Lo punya sehingga Lo lupa untuk mengasah soft skill Lo. Hard skill emang penting, tapi tanpa soft skill yang baik, itu semua gak ada artinya Bro.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini