gentlemancode.id
Get it Done atau Get it Right?

GET IT DONE ATAU GET IT RIGHT?

Published on Wednesday, 04 April 2018

Selama hidup, kita tentu tidak akan pernah lepas dari pekerjaan-pekerjaan atau tugas yang harus kita selesaikan. Dimulai dari tugas sekolah, kuliah sampai ketika Lo mencari nafkah.

Nah, pastinya Lo selalu ingin menyelesaikan sebuah pekerjaan dengan lebih baik dari pekerjaan sebelumnya, atau hanya sekedar bereksperimen dengan melakukan cara lain agar pekerjaan tersebut selesai tapi punya value berbeda. Maka dari itu, ada istilah get it done atau get it right.

Apa itu? Simak pengertian dan penjelasannya versi Gentlemancode dalam #KenaliDiriLo lebih lanjut di bawah ya, bro!

Perbedaan Cara Kerja

Kalau dibedah secara harfiah, get it done memiliki maksud kurang lebih yang penting pekerjaan itu selesai, sedangkan get it right memiliki arti bahwa setiap pekerjaan harus dikerjakan dengan benar nggak asal selesai doang. Dua kalimat di atas lebih menitikberatkan kepada perbedaan cara seseorang dalam mengerjakan sebuah pekerjaan.

Yang satu berorientasi pada hasil atau kuantitas pekerjaan tanpa terlalu memperhatikan detail, sedangkan get it right berorientasi pada kualitas dan detail sebuah pekerjaan. Nah, tentunya masing-masing punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tergantung mana yang Lo pilih bro.

Kelebihan Get It Done

1. Berorientasi hasil
2. Mampu mengerjakan dengan durasi waktu yang lebih cepat, apalagi di dalam timeline kerjaan yang singkat
3. Mampu mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam sekali waktu
4. Mampu melihat sesuatu dengan lebih luas
5. Mampu melatih individu untuk bekerja cepat tanpa melewatkan hal-hal yang penting

Kekurangan Get It Done

1. Detail tidak terlalu diperhatikan, bisa jadi ada beberapa hal kecil yang terlewat sehingga akhirnya harus revisi
2. Pembahasan atau analisa pekerjaan yang tidak begitu dalam
3. Berorientasi pada hasil malah terkadang bisa berakibat kurang baik dalam proses development program seorang individu bro karena terkesan monoton dan yang penting cepat selesai

Kelebihan Get It Right

1. Memperhatikan detail
2. Analisa yang lebih dalam
3. Perfeksionis
4. Berorientasi pada proses
5. "Memaksa" seseorang untuk belajar menganalisa lebih dalam terhadap sebuah pekerjaan

Kekurangan Get It Right

1. Waktu pengerjaan sebuah pekerjaan yang relatif lebih lama
2. Bisa membutuhkan waktu pengerjaan melebihi timeline, terutama untuk ritme kerja yang cepat

Cara Menyeimbangkannya

Jadi lebih baik yang mana nih bro?

Sebetulnya, kedua cara dalam mengerjakan pekerjaan tersebut sama-sama punya sisi baik dan buruk sesuai yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya. Intinya kembali lagi ke kebutuhan di dalam sebuah pekerjaan.

Banyak faktor yang membuat Lo harus pintar menempatkan diri, memilih cara mana yang paling efektif dalam sebuah pekerjaan. Misalnya faktor timeline pekerjaan, kesulitan pekerjaan sampai jenis atau tipe pekerjaan tersebut.

Kalau timeline pekerjaan relatif longgar, nggak ada salahnya bro buat Lo yang pingin ngutak-ngatik atau mencari insight-insight baru untuk menyelesaikan pekerjaan Lo dengan sempurna.

Demikian juga sebaliknya, kalau pekerjaan tersebut dirasa punya kesulitan yang lumayan tapi dibarengi dengan timeline yang sempit, lebih baik Lo tinggalkan hal-hal kecil yang bersifat "penunjang" dan lebih berorientasi pada detail atau get it done.

Kesimpulan

Dua karakter di atas sama-sama baik dan bukan tidak mungkin Lo bisa mempraktikan keduanya secara bergantian. Memang kembali lagi ke karakter dasar masing-masing individu nih, ada yang dasarnya adalah orang yang teliti dan detail, ada juga yang punya sifat dasar see the bigger picture dan hanya berorientasi pada hasil.

Tapi kalau Lo bisa menggabungkan kedua hal tersebut dalam sebuah pekerjaan, maka itu akan menjadi sebuah poin plus yang bisa menjadikan Lo semakin sukses di kemudian hari.

So, Lo tipe yang mana nih? 

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini