gentlemancode.id
Hal yang harus Lo ketahui tentang pekerjaan sebagai Admin Social Media

HAL YANG HARUS LO KETAHUI TENTANG PEKERJAAN SEBAGAI ADMIN SOCIAL MEDIA

Published on Monday, 21 May 2018

Saat ini, social media adalah platform yang paling sering diakses oleh kebanyakan orang melalui smartphone mereka. Selain untuk berbagi informasi, social media merupakan alat untuk mendapatkan berbagai informasi yang bisa kita dapat secara real time. Atas kelebihannya ini, banyak orang menggunakan platform ini untuk berbagai keperluan, mulai dari berjualan, beriklan, sampai dengan kampanye politik. Nggak heran kalo misalnya sekarang banyak brand yang menjadikan social media sebagai alat untuk promosi dan membangun brand image mereka.

Tren ini, otomatis mengharuskan brand-brand tersebut untuk memiliki akun social media dan harus ada orang yang mengelola dan mengerti bagaimana cara membangun komunikasi yang baik dengan audience mereka sehingga nggak semua orang bisa menjadi admin social media. Anyway, pekerjaan sebagai social media specialist ini kadang dianggap sepele, tapi jangan sekali-kali meremehkan pekerjaan ini bro, karena untuk membangun strategi komunikasi, membangun brand image, menciptakan konten yang menarik, menarik banyak orang untuk follow atau like page yang kita kelola, hingga merespon pertanyaan yang diberikan banyak orang di kolom komentar adalah bukan hal yang mudah. Perlu penanganan dan koordinasi yang baik di dalam tim social media tersebut, apalagi social media yang di handle adalah sebuah brand besar.

Berbicara mengenai pekerjaan sebagai social media specialist atau social media admin, kali ini Gentlemancode akan membahas mengenai apa saja yang harus Lo ketahui seputar pekerja social media!

1. Lo butuh guideline dalam membangun social media yang akan Lo tangani

Untuk menangani account social media sebuah brand, Lo nggak bisa sembarangan, bro. Lo butuh riset yang matang, dan Lo butuh kesepakatan antara Lo dan brand itu sendiri mengenai bagaimana komunikasi yang akan dibawa di social media tersebut. Nggak hanya itu aja bro, Lo juga harus memperhatikan detail yang mungkin sebagian orang akan menganggap itu sebagai hal yang sepele seperti color palette yang mana itu pun perlu disepakati sebelum Lo mem-publish sesuatu kepada audience brand Lo.

2. Lo harus mendiskusikan setiap konten yang akan ditayangkan

Sekilas, pekerjaan ini kelihatannya gampang. Bikin konten, posting dan maintenance. Tapi kenyataannya nggak sesederhana itu bro. Sebelum Lo membuat sebuah konten, diperlukan diskusi dan riset terlebih dahulu mengenai konten yang akan Lo publish. Selain itu, Lo juga butuh approval dari pihak client sebelum konten tersebut dibuat. Nah, hal ini biasanya bisa bolak balik revisi bro sebelum akhirnya konten tersebut bisa di publish.

3. Lo harus punya wawasan yang luas dan Lo harus sabar

Seorang pekerja social media itu dituntut untuk memiliki wawasan yang luas bro. Lo harus mengerti mengenai brand yang Lo pegang dari A sampe Z, supaya Lo siap setiap kali merespon pertanyaan yang diberikan oleh audience melalui kolom komentar atau chat. Kadang, diperlukan juga koordinasi dengan account executive atau tim terkait lainnya sebelum menjawab setiap pertanyaan yang ada. Belum lagi jika ada pertanyaan yang bikin geregetan atau naik darah, Lo harus pinter-pinter buat sabar.

4. Lo akan Punya Banyak Kenalan

Pekerja social media adalah sosok di balik layar yang nggak dikenali oleh audience-nya, yang mungkin setiap harinya disapa "min". Meskipun audience Lo nggak kenal Lo, tapi Lo biasanya akan punya banyak kenalan bro dari karyawan di lain perusahaan hingga selebgram atau artis. Apalagi kalo misalnya Lo ditugaskan untuk membuat live report di luar kantor, selain punya banyak kenalan, Lo juga bisa jalan-jalan.

5. Lo harus siap untuk revisi kapan pun nggak kenal waktu

Lo dituntut untuk harus siap dengan segala revisi yang kadang datang mendadak nggak kenal waktu. Mau Lo lagi liburan, mau Lo lagi dijalan, Lo harus selalu siap untuk memperbaiki konten yang sudah atau akan diterbitkan demi sempurnanya konten yang disajikan.

6. Lo dituntut untuk selalu up to date

Sebagai pekerja social media, Lo dituntut untuk selalu up to date dengan tren yang terjadi saat ini. Nah, di sinilah pekerja social media secara nggak sadar akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki wawasan yang luas mengenai banyak hal karena Lo mau nggak mau harus selalu membuat konten yang relevan untuk audience Lo.

Itu dia bro, beberapa hal yang harus Lo ketahui mengenai pekerjaan sebagai social media specialist. Mungkin banyak orang yang menilai bahwa pekerjaan ini mudah untuk dilakukan, padahal kenyataannya tidak seperti itu karena kalo Lo udah masuk di bidang ini, Lo akan menemui banyak tantangan-tantangan di dalamnya. Anyway, apapun pekerjaan Lo, nikmatin aja bro. Jadikan setiap hari sebagai waktu untuk belajar dan menyerap pengetahuan-pengetahuan baru agar wawasan Lo menjadi lebih luas lagi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini