gentlemancode.id
Ikuti 5 Tips berikut ini Buat Lo yang akan menjalani hari pertama bekerja

IKUTI 5 TIPS BERIKUT INI BUAT LO YANG AKAN MENJALANI HARI PERTAMA BEKERJA

Published on Wednesday, 08 March 2017

Selamat buat Lo yang baru aja mendapatkan pekerjaan. Saat ini Lo akan memasuki dunia kerja yang penuh dengan tantangan dan rintangan, dan tentu ini akan beda banget keadaannya dengan masa-masa Lo sekolah atau kuliah dulu. Dunia kerja adalah dunia yang harus Lo jalani dengan lebih serius dan lebih disipilin, karena itu akan menentukan gimana masa depan Lo nanti.

Hari pertama bekerja pasti akan jadi momen yang menegangkan buat Lo, Lo masih belum tau apa yang akan Lo kerjakan dan Lo belum tau akan bertemu dengan rekan kerja yang seperti apa nantinya. Percaya ama Gw, semua orang pasti pernah merasakan hal yang sama ketika mereka memulai hari pertama mereka bekerja. Deg-degan, canggung, tegang, dan perasaan-perasaan lainnya akan Lo rasakan ketika Lo akan melangkahkan kaki Lo ke tempat kerja Lo. Tapi, mau gak mau Lo emang harus lewatin itu semua Bro, gak mungkin engga.

Apa aja sih yang harus kita lakukan ketika menjalani hari pertama bekerja? Gw punya beberapa tipsnya nih buat Lo, mudah-mudahan bisa membantu ya. Yuk disimak Bro!

1. Jangan telat

Inget Bro, ini hari pertama Lo masuk. Jangan sampe Lo memulai hari pertama Lo dengan kesan yang buruk. Datanglah sejam lebih awal, karena hari pertama, biasanya Lo masih harus nyiap-nyiapin segala hal yang akan Lo butuhkan ketika akan memulai bekerja. Dari mulai menghadap HRD, ngurusin absen, dan mungkin menghadap pimpinan perusahaan Lo atau pimpinan divisi Lo bekerja.

Selain itu, hari pertama biasanya akan di isi dengan acara perkenalan kepada semua anggota tim di perusahaan Lo. Lo akan dibawa keliling ke setiap divisi untuk diperkenalkan kepada mereka. Inget, jangan pecicilan, jaga wibawa Lo dan bersikap ramah lah kepada setiap orang. Namanya juga orang baru, jadi wajib banget hukumnya buat Lo untuk bersikap ramah kepada semua orang. Ketika Lo datang tepat waktu, orang-orang di tempat kerja Lo akan menilai Lo sebagai orang yang disiplin, dan ini tentu baik buat citra Lo.

2. Jangan Jutek

Hari pertama bekerja adalah saat dimana Lo harus berkenalan dengan rekan-rekan kerja Lo. Hari pertama bekerja adalah hari dimana Lo mulai memasuki lingkungan yang baru yang diisi oleh banyak professional yang nantinya akan bekerja sama ama Lo. Jadi, seperti Gw pernah bilang tadi, udah wajib hukumnya buat Lo untuk bersikap ramah. Carilah teman sebanyak-banyaknya, inget nama mereka, dan kasih mereka senyuman Lo yang paling manis. Siapa tau ada yang naksir, hehe. Intinya, jangan sampe Lo memulai hubungan yang jelek dengan mereka dengan bersikap jutek atau gak ramah, karena nanti Lo akan bekerjasama dengan mereka. Kalo awalnya udah gak enak, gimana bisa bekerjasama dengan baik, bener gak Bro?

3. Buat jaga-jaga, sebaiknya Lo bawa laptop Lo

Biasanya sih beberapa hari sebelum Lo masuk, kantor Lo akan menyiapkan segala kebutuhan Lo untuk bekerja seperti komputer atau laptop dan lain sebainya. Tapi, kadang-kadang ada juga yang belum menyiapkannya. Jadi, buat jaga-jaga sebaiknya Lo bawa aja laptop Lo, biar gak mati gaya pas nanti Lo dikantor. Soalnya kalo gak ada, Lo akan bingung mau ngapain, karena biasanya hari pertama bekerja Lo gak akan langsung dikasih kerjaan. Minimal dengan Lo bawa laptop, Lo gak akan nganggur atau bingung harus ngapain. Seengganya Lo bisa browsing atau mempelajari apa aja kira-kira yang nanti akan Lo kerjakan.

4. Cobalah untuk sekedar nimbrung ngobrol, atau ikut makan siang bareng

Karena Lo anak baru, Lo pasti belum mengenal baik rekan kerja Lo. Jadi, momen seperti nongkrong atau makan siang bareng adalah waktu yang tepat buat Lo lebih mengenal mereka agar lebih akrab. Lo bisa ikutan nimbrung ketika mereka lagi ngobrolin soal bola, film, atau hobi mereka. Disitu Lo bisa ikut ngomongin hobi atau klub sepak bola jagoan Lo. Ngobrol ngalor ngidul aja Bro, santai, gak masalah, yang penting Lo dan rekan kerja Lo bisa lebih mengenal satu sama lain agar suasana di kantor menjadi lebih cair.

5. Bartanyalah mengenai apa yang nanti akan jadi pekerjaan Lo

Biasanya masalah ini udah dibahas ketika Lo wawancara kerja. Tapi, untuk lebih jelas dan detailnya, Lo harus menanyakan kembali apa tanggung jawab Lo, bagaimana aturannya, bagaimana SOP nya, dan KPI Lo apa. Dengan begitu, Lo akan tau pasti apa yang nantinya akan Lo kerjakan, dan Lo akan siap untuk menjalankan semua tanggung jawab Lo.

Sekali lagi Gw ucapkan selamat buat Lo yang baru aja dapat kerjaan dan akan mulai memulai hari pertama Lo bekerja. Ingat, sekarang Lo sudah menjadi seorang professional, jadi Lo harus lebih bertanggung jawab kepada apa yang menjadi tanggung jawab Lo karena Lo bukan anak kecil lagi. Semoga bermanfaat, dan tetap semangat! Cheers! Jangan lupa di share ya :)

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini