gentlemancode.id
Kerja Dinamis Atau Kerja Statis? Saat ini Lo cenderung yang mana nih, bro?

KERJA DINAMIS ATAU KERJA STATIS? SAAT INI LO CENDERUNG YANG MANA NIH, BRO?

Published on Tuesday, 03 April 2018

Dalam bekerja, kita pasti memiliki role masing-masing sesuai dengan job description yang diberikan kepada kita. Beberapa role ada yang mengharuskan seseorang untuk selalu bekerja di depan komputer dan ada juga yang mengharuskan seseorang untuk pergi ke luar kantor. Untuk mereka yang sering keluar kantor, mereka bukan jalan-jalan bro, tapi memang itu pekerjaannya.

Kali ini Gentlemancode akan membahas tentang bagaimana karakteristik pekerjaan dilihat dari sifat pekerjaannya yaitu dinamis dan statis. 

Umumnya pekerja dinamis itu pekerjaannya tidak monoton, bro. Beberapa diantaranya bahkan mengharuskan mereka untuk tidak diam di tempat kerjanya. Berbeda dengan pekerja statis, pekerja statis itu jenis pekerjaannya bisa dibilang hampir sama setiap harinya atau monoton. Biar Lo tau dan paham bagaimana kedua jenis pekerjaan ini, mari kita simak penjelasan di bawah ya!

Intensitas Diskusi

Seperti yang sudah disebutkan tadi, pekerja dinamis itu jenis pekerjaannya berubah-ubah atau tidak monoton. Mereka selalu punya pekerjaan yang berbeda setiap harinya sehingga membuat mereka tidak punya pakem yang jelas apa saja yang harus dikerjakan setiap harinya. Untuk itu, mereka perlu banyak berdiskusi dengan tim lainnya untuk menyelesaikan setiap pekerjaan  yang mereka miliki karena nggak jarang mereka mendapatkan pekerjaan yang sebelumnya mereka belum pernah mengalaminya.

Berbeda dengan pekerja statis yang sudah tahu mengenai apa yang harus dikerjakan setiap harinya karena itu sudah menjadi rutinitas mereka. Hal ini membuat intensitas diskusi menjadi jarang karena setiap orang sudah hafal dengan apa yang mereka lakukan. 

Cara Mengatur Pekerjaan

Diantara pekerjaannya yang sangat banyak, seorang pekerja dinamis perlu memprioritaskan pekerjaannya. Pekerja dinamis adalah seseorang yang cukup handal  dalam memperhitungkan sesuatu. Pekerja tipe ini harus bisa memprioritaskan mana saja pekerjaan yang harus dikerjakan terlebih dahulu dan mana yang harus ditunda. Dia juga harus tahu berapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan setiap pekerjaannya. At least setiap harinya dia akan memiliki catatan kecil mengenai apa yang harus dia lakukan hari ini dan hari berikutnya.

Nah beda sama pekerja statis karena mereka biasanya sudah tahu apa saja yang harus dikerjakan setiap harinya. Dia sudah terbiasa dengan pekerjaannya. Kualitas pekerjaannya dilihat dari ketepatan waktu pengiriman pekerjaan. Maka dari itu pekerjaan lain di luar pekerjaan sehari-harinya cenderung akan dikesampingkan.

Cara Berhubungan dengan orang lain

Karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan pekerja dinamis untuk banyak berdiskusi dan berurusan dengan banyak orang, pekerja dinamis ini cenderung lebih supel dalam berkomunikasi. Seringnya presentasi kepada banyak orang membuat beberapa dari mereka juga menjadi cukup luwes dalam berbicara di depan publik. Berbeda dengan pekerja statis yang cenderung lebih pasif. Mereka harus lebih dirangkul oleh si pekerja dinamis untuk dapat mengemukakan pendapatnya.

Cara Mengajukan Cuti

Karena pekerja statis sudah tahu mengenai apa yang harus dikerjakan setiap harinya, dia cenderung lebih leluasa ketika ingin mengajukan cuti. Orang-orang ini udah tahu kapan kira-kira tanggal dia bisa mengajukan cuti atau izin ketika ada janji dengan teman-teman untuk bertemu di luar jam kantor. Tapi kalau ada kebutuhan mendadak saat tanggal-tanggal deadline pekerjaan, dia harus pandai mengatur ulang pekerjaannya.

Berbeda dengan pekerja dinamis. Dengan tidak menentunya pekerjaan yang akan dilakukan setiap harinya, maka dia harus mengajukan cuti dari jauh-jauh hari agar dia bisa handover pekerjaan yang dia miliki untuk sementara kepada teman satu timnya. 

Nah itu dia bro beberapa perbedaan antara dua karakteristik pekerja di suatu perusahaan. Perlu digaris bawahi nih bro bahwa diantara kedua karakteristik tersebut nggak ada yang lebih baik dari yang lainnya. 

Orang yang cocok untuk melakukan pekerjaan yang sifatnya dinamis adalah orang yang bisa cepat menyesuaikan diri dengan pekerjaan dan perubahan yang signifikan. Dia adalah orang yang handal dalam memprioritaskan pekerjaan dan luwes dalam pergaulan.

Sedangkan pekerja statis adalah orang yang tidak mudah cepat bosan dengan pekerjaan yang dia lakukan, dia selalu konsisten dan termasuk kedalam orang yang teiliti dan loyal.

Nah diantara dua tipe tadi, Lo termasuk pekerja dinamis atau statis, bro

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini