gentlemancode.id
Mau Bisnis? Pastikan Lo Punya Hal Ini Dulu, Bro!

MAU BISNIS? PASTIKAN LO PUNYA HAL INI DULU, BRO!

Published on Thursday, 26 October 2017

Punya bisnis sendiri, hmmm...siapa sih yang nggak pengen, Bro? Gw rasa semua orang nggak bakalan nolak kalo mereka punya kesempatan untuk memiliki bisnis mereka sendiri. Buat Lo yang kerja mungkin beberapa kali Lo kepikiran buat resign untuk fokus ngebangun bisnis yang Lo rintis. Tapi, pada kenyataannya nggak semudah itu dan memang butuh keyakinan yang besar untuk melakukan hal tersebut.

Nah, sebelum Lo bener-bener cabut dari pekerjaan Lo, Lo harus tahu strategi dan langkah apa aja yang harus Lo lakukan untuk menghindari kegagalan seminimal mungkin. Apalagi kalo misalnya Lo udah bekerja dalam waktu yang cukup lama, maka akan ada proses adaptasi yang harus Lo lakukan. Dan itu sama sekali bukan lah hal yang mudah, Bro!

Ketika Lo memutuskan untuk berbisnis, Lo harus bisa menghadapi berbagai macam situasi yang penuh dengan risiko dan tantangan. Membuka bisnis  akan sangat terasa berbeda karena Lo akan menghadapi dunia yang serba cepat dan serba nggak pasti nggak seperti ketika Lo masih menjadi karyawan. Untuk itu, selain kesiapan mental, Lo juga harus siap secara finansial.

Oke Bro, dibawah ini adalah beberapa hal yang harus Lo perhatikan ketika ingin memulai sebuah bisnis.  Apa saja? Silahkan simak baik-baik ya!

1. Pastikan Lo punya ide bisnis yang unik dan kreatif

Usahakan untuk memiliki ide bisnis yang unik untuk Lo jalankan jangan hanya atas dasar ikut-ikutan. Kemungkinan untung Lo akan lebih besar ketika bisnis yang Lo jalankan unik dan memang  orang-orang membutuhkannya. Kenapa bisa gitu? jawabannya adalah karena Lo belum memiliki banyak saingan sehingga Lo akan menjadi pemimpin di sektor bisnis yang Lo geluti. Jadi, ciptakanlah bisnis yang unik dan bermanfaat untuk banyak orang bukan bisnis yang hanya sekedar bisnis musiman!

2. Memahami strategi promosi yang sedang tren saat ini

Sebuah bisnis hanya akan sukses ketika bisnis tersebut dipromosikan dengan baik. Kalo Lo nggak ngerti teknik dan strategi promosi yang baik itu bagaimana, gimana Lo mau jalanin dan ngembangin bisnis Lo? Nggak bisa Bro, susah! Jadi, kalo Lo serius pengen ngembangin bisnis Lo maka Lo harus mau belajar mengenai teknik promosi. Medianya sekarang udah banyak banget, tinggal Lo pilih aja mau promosi lewat media mana dan pelajari cara yang tepat untuk melakukan hal tersebut. Sekarang ini udah banyak banget panduan mengenai teknik promosi yang bisa Lo dapet dari internet secara gratis. Jadi, manfaatkan dengan baik dan terus update pengetahuan Lo mengenai strategi pemasaran dan promosi.

3. Siapkan bekal

Bisnis yang baru saja Lo rintis mungkin nggak akan langsung membuahkan hasil. Untuk itu, Lo harus mempersiapkan uang untuk bekal hidup Lo sehari-hari. Misalnya jika kemungkinan balik modal adalah setelah 12 bulan berbisnis, maka kita harus punya dana darurat sebesar 12 bulan biaya hidup. Dana ini harus disiplin Lo kumpulkan selama Lo masih jadi karyawan.

4. Modal usaha

Meskipun bukan merupakan hal yang utama, ketersediaan modal turut mempengerahui bagaimana masa depan bisnis yang akan Lo jalani. Kalo Lo pengen bisnis kecil-kecilan, mungkin masih bisa Lo pake uang tabungan Lo sebagai modal. Tapi kalo Lo pengen punya bisnis yang lebih gede dan Lo membutuhkan dana yang gede pula untuk  mengembangkannya maka Lo butuh bantuan modal usaha, Bro.

Saat ini mendapatkan bantuan modal sudah jauh lebih mudah. Lo bisa mendapatkannya dari pinjaman UKM atau Lo bisa minta pendanaan dari perusahaan-perusahaan yang memang bergerak di bidang penanaman modal untuk perusahaan-perusahaan rintisan. Jadi, kalo masalah modal jangan terlalu Lo pusingin, Bro. Takutnya kalo Lo terlalu fokus kepada hal tersebut, bisnis Lo malah nggak jalan-jalan.

5. Siap untuk lebih sibuk

Ketika Lo sudah memutuskan untuk menjadi pengusaha maka Lo harus siap bekerja lebih banyak dari biasanya. Buang jauh-jauh pikiran dimana Lo bisa santai-santai dan liburan kapan aja. Faktanya, Lo harus rela begadang demi menyelesaikan semua pekerjaan supaya bisnis Lo bisa jalan. Apalagi kalo Lo belum punya karyawan, siap-siap ngerjain semuanya sendirian, Bro.

Jadi kesimpulannya adalah kalo misalnya sekarang status Lo adalah seorang karyawan, itu bukan berarti Lo nggak bisa mulai ngerintis bisnis, Bro. Kalo Lo mau mulai ngerintis bisnis ya sikat aja jangan ragu-ragu. Dan ketika Lo udah mulai pengen serius ngurusin bisnis Lo, maka lima hal yang Gw sebutin tadi harus Lo penuhi.

Nah, Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini