gentlemancode.id
Mending Mana, Berangkat Kerja Pake Transportasi Umum atau Kendaraan Pribadi?

MENDING MANA, BERANGKAT KERJA PAKE TRANSPORTASI UMUM ATAU KENDARAAN PRIBADI?

Published on Tuesday, 03 April 2018

Untuk orang-orang yang memiliki tempat bekerja atau kantor yang jauh dari tempat tinggal, mereka pasti memiliki cara sendiri untuk pergi ke tempat mereka bekerja. Ada yang naik transportasi umum, ada yang naik motor, dan ada juga yang naik mobil. Semua pilihan ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tapi yang pasti tujuannya sama yaitu nyampe kantor tepat pada waktunya alias nggak telat.

Nah, kali ini Gentlemancode akan mengajak Lo untuk mengenali apa kelebihan dan kekurangan ketika Lo menggunakan Transportasi Umum atau kendaraan pribadi, karena mungkin selama ini Lo semua nggak terlalu memikirkan hal tersebut. Cara memilih transportasi ini bisa sedikit memberikan Lo gambaran untuk lebih mengenali diri Lo, bro. Nggak percaya? Yuk bro disimak.

Kelebihan Menggunakan Transportasi Umum

1. Hemat
Ya bro, dengan menggunakan transportasi umum Lo akan bisa lebih menghemat pengeluaran Lo sehari-hari. Coba deh Lo pikir-pikir, sekarang ini ongkos transportasi umum murah-murah bro, jadi otomatis ketika Lo menggunakan transportasi umum uang yang Lo keluarkan nggak akan terlalu besar dibanding Lo menggunakan kendaraan pribadi. Jadi, lumayan kan ada buat nabung dikit-dikit?

2. Bisa bertemu banyak orang
Namanya juga transportasi umum, jadi udah pasti disitu Lo akan ketemu sama banyak orang. Ketika Lo bertemu dengan banyak orang seperti itu, sebetulnya disana terbuka banyak kesempatan bro. Kok bisa? Gini bro, kalo misalnya Lo berinteraksi bersama mereka disitu kesempatan akan terbuka. Siapa tahu Lo bisa dapet kerjaan atau bisnis baru dari orang tersebut. Who knows bro kita nggak pernah tahu. Kesempatan-kesempatan itu bisa terbuka dari pertemuan kita bersama orang-orang baru.

3. Membantu Mengurangi Polusi
Lo semua pasti udah pada tahu kalo polusi di negara kita ini udah gila banget. Hal ini terjadi salah satunya adalah karena banyaknya kendaraan bermotor yang berlalu lalang di jalanan kita bro. Nah, kalo Lo menggunakan Transportasi umum maka secara tidak sadar Lo sudah membantu mengurangi polusi di dalam udara yang kita hirup saat ini. 

4. Nggak usah musingin tempat parkir dan biaya parkir
Karena Lo nggak bawa kendaraan pribadi, otomatis Lo nggak akan ngalamin yang namanya pusing nyari tempat parkir atau biaya parkir, bro. Sekarang ini tempat parkir udah susah. Nggak semua kantor juga punya fasilitas ini. Kalo kantor nggak nyediain fasilitas parkir untuk kendaraan Lo, maka mau nggak mau Lo harus parkir di parkiran umum yang mana biayanya biasanya lumayan mahal.

Kekurangan Transportasi Umum

1. Transportasi yang kita miliki saat ini belum nyaman
Harus kita akui, transportasi umum yang kita miliki saat ini masih jauh dari kata nyaman. Angkot ngetem, bis penuh, krl yang sesak, sudah menjadi pemandangan yang tidak aneh lagi yang pasti akan kita lihat hampir setiap hari. Kalo saja transportasi umum udah nyaman, mungkin pengguna kendaraan pribadi akan berkurang, bener nggak bro?

2. Masih Sering Terjadi Kejahatan Yang Terjadi dalam angkutan umum
Sampai detik ini, kita masih sering mendengar berita mengenai kejahatan yang terjadi di dalam angkutan umum. Hal ini otomatis akan membuat orang malas untuk menggunakan moda transportasi umum dan memilih menggunakan kendaraan pribadi yang udah jelas lebih nyaman. 

Kelebihan Menggunakan Kendaraan Pribadi

1. Lebih Nyaman
Kendaraan pribadi Lo tentu bisa ngasi Lo kenyamanan yang lebih baik dibandingkan dengan transportasi umum. Lo nggak desak-desakan, Lo nggak perlu lari-lari ngejar angkutan, Lo nggak perlu kesenggol sama orang lain, dan Lo bisa nyampe ke tujuan lebih cepat. Tinggal nyalain mesin, duduk, jalan deh sampe tujuan, nggak perlu nunggu ngetem atau ngantri masuk angkutan. Sedap!

2. Lebih Fleksibel
Kalo Lo naik transportasi umum, Lo harus menyesuaikan waktu keberangkatan Lo dengan waktu berangkat kendaraan yang Lo tumpangi. Kalo cepat ya bisa cepat, kalo lambat ya Lo juga jadi terlambat. Beda kalo misalnya Lo pake kendaraan pribadi, Lo bisa pergi kapan aja dan Lo bisa mengatur waktunya sesuai keinginan Lo. Bebas dan sangat fleksibel bro. Buat Lo yang sering terbaru-buru kayanya Lo akan lebih cocok untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada transportasi umum karena Lo akan lebih enak ngatur waktunya.

Kekurangan Menggunakan Kendaraan Pribadi

1. Boros
Penggunaan kendaraan pribadi jelas akan lebih menguras dompet Lo bro. Lo harus mikirin biaya bbm, biaya parkir, biaya perawatan, dan biaya-biaya tidak terduga lainnya. Kalo Lo lebih memilih untuk menggunakan pribadi, maka Lo harus memperhitungkan mengenai biaya-biaya tersebut supaya nanti Lo nggak kerepotan.

2. Memperparah pencemaran udara yang sekarang aja udah parah
Semakin hari kualitas udara kita ini semakin jelek, bro. Pembangunan dimana-mana, hutan ditebangin, kendaraan makin hari makin nambah, wajar aja kalo misalnya tingkat polusi kita semakin tinggi setiap detiknya. Kalo Lo tiap hari berangkat kerja memakai kendaraan pribadi, maka otomatis Lo ikut berperan dalam pencemaran udara yang terjadi. 

3. Menambah Kemacetan
Jumlah kendaraan yang tidak seimbang dengan luas jalan yang kita miliki adalah penyebab utama terjadinya kemacetan. Nah bro, sadar atau tidak, ketika Lo menggunakan kendaraan pribadi, Lo udah turut serta dalam memacetkan jalanan kita. Jadi jangan suka ngeluh kalo pas Lo bawa kendaraan Lo terjebak macet. Kan gara-gara Lo juga. 

Itu dia bro, kelebihan dan kekurangan antara menggunakan transportasi umum dan kendaraan pribadi. Apapun pilihan Lo sebetulnya itu adalah hak Lo. Tapi ingat, imbangi hak dengan kewajiban ya jangan sampe Lo cuma mentingin hak Lo doang tanpa memperhatikan kewajiban Lo. Jadi, mending mana bro, transportasi umum atau kendaraan pribadi?

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini