gentlemancode.id
Pentingnya Menjunjung Tinggi Profesionalisme di Tempat Kerja. Begini nih Caranya!

PENTINGNYA MENJUNJUNG TINGGI PROFESIONALISME DI TEMPAT KERJA. BEGINI NIH CARANYA!

Published on Monday, 23 October 2017

Selain rumah, kantor adalah tempat dimana Lo akan menghabiskan banyak waktu Lo di sana. Ibarat kata, kantor merupakan rumah kedua buat Lo karena hampir separuh waktu Lo, Lo habiskan disana.

By the way, gimana kantor Lo sekarang, Bro? Seru, biasa aja, menyenangkan atau malah menyebalkan? Gw rasa semua orang pasti ingin punya kantor yang ideal dengan lingkungan yang seru dan didukung dengan rekan kerja yang menyenangkan. Kalo Lo punya kantor semacam ini, Lo wajib banget bersyukur Bro karena nggak semua orang bisa kaya Lo.

Tapi, terlepas dari bagaimana serunya kantor atau rekan kerja Lo, ada hal-hal yang sebaiknya nggak Lo lupakan, Bro. Apa itu? Profesionalitas. Sesantai-santainya kantor Lo, Lo harus tetap menjungjung tinggi profesionalisme karena sikap profesional Lo lah yang akan menentukan gimana masa depan karir Lo kedepannya.

Nah, apa saja sih sikap profesional yang musti Lo punya saat di tempat kerja? Simak penjelasan berikut ini ya, Bro!

1. Patuhi Deadline Kerjaan

Gimanapun serunya kantor Lo sekarang, kantor adalah tempat Lo bekerja untuk menghasilkan sesuatu, baik karya atau apapun untuk kepentingan perusahaan. Kalo Lo saat ini tengah merintis bisnis atau perusahaan sendiri, Lo pasti punya target bener nggak supaya bisnis Lo terarah dan terus berkembang. Target adalah sesuatu yang harus  Lo kejar dan untuk mencapai target tentunya Lo harus memperhatikan timeline, dan timeline sangat erat hubungannya sama deadline, Bro. Itulah pentingnya kenapa Lo harus disiplin sama deadline supaya Lo bisa mencapai target dan selalu keep on track. Jadi, meskipun Lo punya kantor yang seru, bisa main games, ataupun ngopi kapan aja, bukan berarti Lo melupakan kewajiban Lo ya. Inget!

2. Tempatkan diri dengan tepat

Untuk merasakan nyamannya kerja dikantor, selain iklim kerja yang menyenangkan, tentunya kembali lagi ke Lo nya, Bro. Lo bisa menempatkan diri dengan tepat atau nggak. Maksudnya gini, ketika rekan-rekan kerja Lo sikapnya menyenangkan, open terhadap rekan kerja yang satu dengan yang lain termasuk sama Lo, Lo juga harus bersikap yang sama Bro. Nah, meskipun nggak semua kantor sesempurna itu,  dan jika ada satu atau segelitir rekan kerja yang menyebalkan, itu biasa! Tetaplah bersikap profesional, dan jangan sampe hal tersebut mempengaruhi performa Lo dalam bekerja! Kalo Lo punya atasan yang seru, enak diajak bercanda dan udah deket banget sampe kadang Lo lupa dia atasan Lo, Lo harus tetep jaga bercanda Lo jangan sampe kelewatan karena gimanapun juga Lo harus jaga wibawa atasan Lo. Selain itu, Lo juga harus tau waktu, kapan waktu bercanda dan kapan waktunya serius.

Satu hal yang nggak kalah penting lagi nih Bro, jangan lupa untuk selalu bersikap sopan dan menghargai setiap orang, termasuk orang yang jabatannya ada di bawah Lo seperti misalnya office boy, satpam, hingga petugas kebersihan.

3. Tau Waktu dan Jangan datang terlambat

Meskipun rekan-rekan kerja Lo asik buat diajak bercanda, seperti yang udah Gw bilang sebelumnya sebaiknya Lo tau waktu kapan waktunya untuk bercanda dan kapan waktunya Lo harus fokus Bro. Ketika tiba-tiba Lo merasa stuck sama pekerjaan Lo, Lo bolehlah bercanda sama temen kerja Lo, mengajaknya ngobrol atau ngopi di luar. Tapi, pastikan dia lagi nggak sibuk, Bro.

Yang seperti kita tau Bro, setiap perusahaan punya kebijakan dalam menentukan jam kerja karyawannya, jam masuk, jam istirahat dan jam pulang. Ini juga jangan sampai luput dari perhatian Lo. Walaupun atasan Lo keliatannya nggak masalah ketika Lo dateng siang, tapi ada HRD yang mengawasi Lo Bro. Kalo Lo dateng ke kantor tanpa telat keuntungannya adalah selain Lo bisa mendapatkan penilaian presensi yang bagus dari HRD, Lo juga nggak akan merasa kekurangan jam kerja hingga Lo harus lembur. Beda ketika Lo punya bisnis atau perusahaan sendiri, Lo akan bisa datang dan pergi sesuka Lo!

Ada lagi nih Bro, sebebas-bebasnya kantor Lo, bukan berarti Lo bisa makan tidur seenaknya, sebisa mungkin hindari tidur ketika jam kerja dan ketika rekan-rekan Lo juga sedang sibuk-sibuknya bekerja. Ambillah waktu tidur yang pas, misalkan ketika sedang jam istirahat atau ketika kerjaan memang sedang senggang. Begitupun ketika makan, Lo boleh makan kapan aja, tapi pastikan nggak mengganggu rekan kerja Lo yang lain yang lagi pada sibuk.

4. Jangan mencampuri urusan pribadi

Oke rekan kerja Lo asik, kantor Lo nyaman, Lo suka banget bercanda sama temen-temen Lo, dan Lo ngerasa deket banget sama temen-temen Lo. Tapi Bro, gimanapun deketnya Lo sama temen kerja Lo, sebaiknya Lo jangan terlalu memasuki ranah pribadi mereka. Maksud Gw gini, sebaiknya Lo jangan membicarakan masalah pribadi atau menanyakan masalah pribadi kepada rekan-rekan Lo yang sifatnya private dan memang nggak ada kaitannya sama pekerjaan sama sekali kecuali mereka yang minta. Menanyakan hal yang sifatnya private kadang membuat seseorang menjadi nggak nyaman, oleh karena itu Lo jangan sampe terlalu masuk hal yang sifatnya terlalu pribadi kaya gitu ya.

Nah itu dia Bro yang bisa Gw sampaikan sama Lo. Jadi, kalo misalnya sekarang Lo kerja di tempat yang super duper santai, jangan sampe Lo melupakan profesionalitas, Bro. Sebagai seorang gentleman Lo harus punya dedikasi yang tinggi sama pekerjaan Lo, jangan sampe Lo cuma jadi orang yang hanya membebani perusahaan tempat Lo bekerja saat ini.

Oke deh Bro, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya! Kalo Lo punya cerita seru yang bisa Lo bagi mengenai suasana kerja di kantor Lo, boleh banget di share di kolom komen ya, Bro! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini