gentlemancode.id
Perhatikan Penampilan Anda Ketika Akan Melakukan Interview. 5 Hal Ini Penting Untuk Anda Ketahui

PERHATIKAN PENAMPILAN ANDA KETIKA AKAN MELAKUKAN INTERVIEW. 5 HAL INI PENTING UNTUK ANDA KETAHUI

Published on Thursday, 04 August 2016

Sesi interview atau wawancara merupakan gerbang utama untuk Anda para pencari kerja menuju karir yang diidamkan. Dalam tahap ini Anda akan bertemu dengan pihak personalia atau perwakilan langsung dari divisi yang berkaitan dengan posisi yang Anda lamar. Mereka akan menggali lebih dalam mengenai diri Anda, mulai dari pendidikan, hobi, pengalaman, dan lain sebagainya. Jadi Anda perlu mempersiapkan semua halnya dengan baik dan benar.

Salah satu persiapan yang cukup penting sebelum melakukan interview adalah mempersiapkan penampilan. Mengapa ini penting? Penampilan yang baik akan memberikan kesan pertama yang baik kepada pihak perusahaan. Penampilan yang kita perlihatkan akan mencerminkan pribadi yang baik di mata pewawancara.

Untuk mendapatkan penampilan yang baik tidaklah susah. Kita hanya perlu sedikit usaha untuk mendapatkannya.

Oke Bro, berikut ini adalah tips yang Genta rangkum dari berbagai sumber mengenai cara berpenampilan yang baik ketika akan melakukan wawancara.

1. Gunakan pakaian yang simple

Gunakanlah pakaian yang simple dan sesuai dengan gaya Anda, jangan pernah memakai busana yang Anda tidak nyaman dan bukan selera Anda. Ini penting, karena pakaian yang nyaman dan sesuai selera akan membuat Anda lebih percaya diri menghadapi sesi wawancara.

Pakailah pakaian yang serasi dan dengan warna yang netral. Berikanlah kesan yang rapi, dengan memadu padankan antara pakaian dan celana yang Anda pakai. Apabila Anda ingin memakai jas, maka jangan gunakan jas yang kebesaran. Gunakanlah jas yang pas di pakai oleh badan Anda.

Untuk sepatu, gunakanlah sepatu yang sudah disemir. Agar sepatu kita terlihat bersih dan tidak usang.

2. Perhatikan pemilihan warna

Seperti disinggung sebelumnya di poin pertama, kita dianjurkan untuk memakai pakaian yang berwarna netral. Mengapa ini harus diperhatikan? Karena bagi pewawancara yang sudah berpengalaman dan ahli, beberapa warna memiliki arti tersendiri. Maka, hindarilah pemakaian warna yang terlalu mencolok. Gunakanlah pakaian yang memiliki warna netral dan senada seperti abu-abu, hitam dan putih.

3. Jangan pernah menggunakan kaos dan jeans untuk wawancara

Hindari pemakaian kaos dan jeans ketika akan melakukan wawancara. Penampilan seperti ini akan memberikan kesan bahwa Anda tidak serius dalam mengikuti sesi wawancara tersebut. Gunakanlah kemeja, dan celana bahan agar terlihat rapi. Penambahan dasi akan sangat membantu penampilan Anda menjadi lebih terlihat profesional.

4. Jangan Lupakan Sepatu

Hati-hatilah dalam memilih sepatu. Karena jika salah, sudah pasti penampilan Anda akan terlihat berantakan. Bersihkan sepatu yang akan dipakai dan gunakanlah sepatu berwarna gelap atau coklat tua. Kedua warna ini adalah warna yang netral yang akan selalu cocok dengan pakaian dan celana yang Anda pakai.

5. Perhatikan kerapihan rambut

Sama halnya dengan pakaian, rambut memiliki peranan penting dalam penampilan Anda. Gunakan lah minyak rambut yang sesuai dan bisa merapihkan tatanan rambut Anda. Jangan sampai Anda melakukan sesi wawancara dengan rambut yang berantakan.

Oke Bro, itu tadi adalah 5 hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan ketika akan melakukan sesi wawancara. Penampilan yang baik akan memberikan kesan yang baik di mata pewawancara. So, Jangan lupa untuk mengikuti 5 tips tadi ya.

Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini