gentlemancode.id
Pulang Tenggo atau Lembur? Lo termasuk yang mana nih?

PULANG TENGGO ATAU LEMBUR? LO TERMASUK YANG MANA NIH?

Published on Monday, 02 April 2018

Setiap perusahaan pasti memiliki jam kerja mereka masing-masing bro, namun rata-rata setiap perusahaan akan memberlakukan jam kerja sebanyak delapan  jam dalam sehari kepada karyawannya tidak lebih dan tidak kurang. Ketika jam kerja sudah terpenuhi biasanya para karyawan akan langsung pulang menuju tempat tinggal mereka masing-masing atau melakukan kegiatan lainnya. Tapi, ada juga yang harus lembur karena tuntutan pekerjaan sehingga mereka terpaksa harus menambah jam kerja mereka. Kebiasaan pulang karyawan ini ternyata beda-beda bro, ada orang yang emang suka pulang tenggo dan ada juga yang memilih lembur karena satu dan lain hal. 

Kenapa ada orang yang pulang tenggo dan ada yang lembur? Alasannya banyak bro, kita jabarin dibawah ya.

Karakteristik Pekerjaan

Orang yang sering tenggo biasanya punya karakteristik pekerjaan yang sifatnya tidak harus selesai hari itu juga. Misal, pekerjaan yang Lo kerjain itu bukan pekerjaan rutin yang setiap hari harus Lo selesaikan. Tapi, biasanya Lo punya waktu berapa hari untuk menyelesaikannya sehingga Lo tidak selalu diburu-buru untuk menyelesaikan pekerjaan Lo hari itu juga. Dengan catatan, timeline yang Lo miliki itu emang masuk akal sehingga waktu yang Lo miliki itu emang cukup untuk pengerjaannya. Kalo nggak cukup ya ujung-ujungnya Lo lembur juga. Hehe. 

Untuk orang yang suka lembur biasanya karakteristik pekerjaannya itu adalah harus selalu selesai hari itu juga atau selalu ditunggu hasilnya besok paginya atau waktu yang diberikan memang tidak proporsional sehingga Lo jadi harus lembur. Biasanya sih orang-orang yang kerja di agency suka mengalami hal ini dikarenakan permintaan klien yang memang  selalu pengen cepet. 

Jarak kantor ke rumah

Jarak yang jauh antara kantor dan rumah bisa membuat seseorang mau nggak mau harus pulang tenggo supaya bisa sampe ke rumah tidak terlalu malam. Nah, untuk yang lembur kadang mereka emang nyantai aja bukan karena alasan pekerjaan tapi karena rumah mereka deket sama kantor jadi mereka nggak terburu-buru ketika akan pulang. 

Budaya Perusahaan

Seseorang bisa pulang tenggo atau lembur kadang dipengaruhi juga oleh budaya diperusahaan itu sendiri, bro. Ada perusahaan yang memang karyawannya sering banget lembur sehingga karyawan-karyawan lainnya jadi nggak enak untuk tenggo dan akhirnya jadi ikut lembur. Atau ada juga perusahaan yang memang karyawannya itu suka pada pulang tenggo, jadi kalo ada yang mau lembur jadi ikutan pulang karena dikantor juga udah sepi. 

Cara Bekerja

Orang yang sering pulang tenggo bisa jadi memiliki ritme pekerjaan yang cepat sehingga pekerjaannya bisa selesai sebelum jam pulang. Ada juga orang yang sering menunda-nunda pekerjaan sampe akhirnya numpuk sehingga mau tidak mau memaksa dia untuk lembur untuk mengerjakan semua pekerjaannya. Disini cara bekerja seseorang bisa mempengaruhi apakah orang itu bisa tenggo atau malah lembur.

Empat alasan diatas adalah beberapa alasan kenapa ada orang yang pulang tenggo dan ada yang memilih lembur. Apapun kebiasaan Lo, itu pasti ada kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Buat Lo yang sering pulang tenggo, Lo mungkin cenderung akan memiliki kehidupan yang lebih seimbang karena waktu Lo nggak Lo habiskan di meja kerja doang. Buat Lo yang sering lembur, mungkin pekerjaan Lo akan lebih cepat selesai dan integritas Lo di mata perusahaan akan terlihat lebih baik karena Lo mau mengorbankan waktu Lo untuk menyelesaikan semua pekerjaan Lo. Apapun kebiasaan Lo, jagalah agar semuanya berjalan seimbang antara kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi Lo. Sukses buat Lo semua dan tetap semangat dalam pekerjaan Lo ya.

By the way Lo termasuk yang mana bro? Tulis di kolom komentar dong. Thank you.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini