gentlemancode.id
Suka Duka Bekerja di Agency

SUKA DUKA BEKERJA DI AGENCY

Published on Tuesday, 20 March 2018

Mungkin Lo sering melihat beberapa meme yang tersebar di feed Facebook atau Instagram Lo yang menyindir para pekerja agency. Buat Lo yang pernah ngalamin atau malah lagi ngalamin, mungkin Lo akan senyum-senyum aja liat meme ini. Tapi buat yang belum, sepertinya Lo harus tahu bro gimana suka dukanya bekerja di agency.

Jika mendengar istilah agency, kebanyakan orang mungkin akan langsung mengaitkannya dengan dunia periklanan. Kebanyakan orang mengenal para pekerja agency adalah orang yang membuat iklan yang sering muncul di televisi, billboard, atau media cetak. Padahal, dunia agency itu luas bro tidak hanya periklanan saja, melainkan ada PR agency, marketing agency, dan ada juga digital agency. Nah, masing-masing punya fokus yang berbeda karena menangani bidang yang memang berbeda.

Di Indonesia sendiri, peluang kerja di perusahaan agency sebenarnya cukup besar. Perkembangan dunia digital yang semakin cepat, membuat pelaku industri kreatif terus berpacu untuk melakukan inovasi. Jadi nggak heran, kalo misalnya perusahaan agency semakin menjamur di era millenial seperti sekarang. 

Nah, buat Lo yang berminat untuk kerja di agency, nggak ada salahnya Lo mengetahui bagaimana suka dan duka bekerja di agency. Penasaran? 

Kita bahas sukanya dulu ya.

1. Jam kerja fleksibel dan banyak hiburan

Biasanya, para pekerja agency tidak terikat oleh aturan jam kerja yang ketat. Mereka justru bisa menikmati fleksibelitas tanpa ada paksaan untuk memulai bekerja di pagi hari. Nah, hal ini sekilas membuat kehidupan agency tampak menyenangkan, padahal belum tentu bro. Hehe.

Menghasilkan ide kreatif itu bukanlah hal yang gampang. Itulah mengapa beberapa agency memfasilitasi para karyawannya dengan berbagai macam hiburan. Beberapa diantaranya juga mengizinkan karyawannya untuk bekerja secara remote dengan harapan para karyawan nggak bosan dan tetap kreatif, sehingga mereka tetap bisa produktif.

2. Networking yang luas

Bekerja di agency akan menuntut para karyawannya untuk berhubungan dengan banyak orang. Jadi, nggak heran kalau para karyawan dapat memiliki banyak kenalan dari berbagai macam kalangan. Ini tentu baik, karena jaringan yang luas akan menjadi bekal yang baik untuk kesuksesan karir atau bisnis di masa depan.

3. Wadah untuk belajar

Sebagai industri yang bergerak dalam bidang kreatif yang menangani berbagai klien, para pekerja agency dihadapkan pada sejumlah tantangan yang menguji keterampilan dan kreativitas mereka. Di dunia agency yang kompleks, wawasan yang luas serta kepekaan terhadap trend terkini juga menjadi modal yang sangat penting. Meski terdengar berat, tapi lihat sisi positifnya bro mereka dapat terus mengembangkan diri hingga akhirnya mencapai karier yang cemerlang.

Nah, setelah Lo tahu apa enaknya kerja di agency, rasanya kurang lengkap kalo kita nggak tahu gimana dukanya kerja di agency. Penasaran kan? Yuk bro dilanjut!

1. Sering lembur

Jam kerja yang fleksibel tentu membuat bekerja di agency terasa menyenangkan. Namun, ada saat-saat tertentu di mana karyawan harus siap bekerja lembur, bahkan sampai menginap di kantor. Ketika sedang menggarap sebuah project besar dari klien, misalnya, suasana kerja yang biasanya santai bisa berubah menjadi sangat sibuk dan penuh dengan tekanan. Belum lagi kalau sedang dikejar deadline, satu tim bisa kehilangan waktu istirahat mereka.

2. Tidak ada upah lembur

Kelangsung hidup sebuah agency bisa dikatakan bergantung pada ada atau tidaknya project. Artinya, semakin bagus kinerja yang ditunjukkan, semakin besar pula keuntungan yang mereka terima dari setiap project. Sayangnya, dengan tuntutan tersebut, tidak semua agency menghargai hasil kerja timnya dengan sepadan. Dengan dalih bahwa semua itu sudah menjadi risiko pekerjaan, sejumlah agency pun tidak memberikan upah lembur sebagaimana mestinya kepada karyawan. Hiks.

3. Menghadapi klien yang ribet

Berbeda dengan perusahaan lain yang hanya menangani project internal saja, agency harus berhadapan dengan berbagai perusahaan yang menyewa jasa mereka. Tentu saja sudah menjadi tanggung jawab agency untuk mengakomodasi setiap kebutuhan klien. Namun, jangan harap semua klien memiliki sikap yang manis, bro. Nggak jarang, karyawan agency dituntut untuk bersikap ekstra sabar lantaran klien yang mereka hadapi sangatlah menyulitkan.

Sebetulnya bukan hal yang aneh jika para klien mengharapkan pelayanan yang maksimal dari agency yang mereka gunakan. Terlebih mereka sudah mengeluarkan biaya besar untuk jasa yang ditawarkan. Namun sayang, karakter klien yang sangat beragam, ditambah dengan permintaan yang banyak dan tidak terduga, terkadang membuat para pekerja agency stres dan kelabakan.

Setelah Lo tahu gimana suka dan duka bekerja di agency, apakah Lo semakin yakin untuk menggeluti dunia agency atau justru Lo ingin beralih ke perusahaan lain? Apapun pilihan Lo, pastikan untuk terlebih dahulu selalu mencari informasi tentang perusahaan yang akan Lo lamar. 

Baca juga: 6 Keuntungan Bekerja di Startup

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini