gentlemancode.id
Suka Duka Jadi Freelancer

SUKA DUKA JADI FREELANCER

Published on Monday, 02 April 2018

Zaman sekarang, kerja udah nggak kaya dulu lagi bro yang mengharuskan Lo datang ke kantor dari jam 9 sampe jam 5. Saat ini,  Lo bisa lebih bebas karena Lo bisa kerja darimana saja entah itu dari rumah, cafe, dan lain sebagainya. Pola bekerja seperti ini biasanya dimiliki oleh para freelancer yang mana mereka tidak memiliki keterikatan terhadap suatu perusahaan sehingga cara mereka bekerja pun menjadi lebih luwes. Selama pekerjaan mereka selesai atau target yang sudah ditentukan bisa mereka capai maka Lo bebas mau bekerja dengan cara seperti apa dan dari mana saja.

Sekilas menjadi freelancer memang terlihat menyenangkan, tapi apakah kenyataannya demikian? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah suka dan duka menjadi seorang freelancer. Apa saja?

Kita bahas sukanya dulu ya.

1. Lo nggak terikat sama banyak peraturan

Jadi freelancer itu enaknya Lo nggak perlu terikat sama banyak peraturan kaya jam kerja, cara Lo berpakaian, dan lain sebagainya. Selama Lo bisa mengerjakan semua pekerjaan dengan benar maka Lo bebas mau kaya gimana ngerjainnya. Buat Lo yang nggak suka sama peraturan-peraturan formal kaya gitu, jadi freelancer pasti bakalan ngasi Lo kebebasan yang Lo idam-idamkan.

2. Lo bisa kerja darimana saja

Ini nih yang paling disukai dari freelancer yaitu Lo bisa bebas ngerjain pekerjaan Lo darimana saja. Kalo Lo pengen bekerja dengan waktu yang fleksibel maka bekerja sebagai freelancer adalah jawabannya, bro. Lo bisa kerja di cafe, hotel, taman, dimanapun Lo bisa melakukannya selama Lo bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan baik. Sekalipun lagi liburan, Lo tetap bisa ngerjain pekerjaan Lo. Enak kan?

3. Bisa dapet bayaran yang lumayan

Kalo Lo udah pinter nyari poject maka Lo bisa mendapatkan bayaran yang bisa melebihi gaji bulanan orang yang kerja kantoran, bro. Syaratnya, Lo harus udah punya portfolio yang bagus dan Lo tidak pernah mengecewakan klien Lo selama Lo bekerja. Bayaran yang Lo dapatkan malah bisa cukup untuk memenuhi kebutuhan Lo selama 2 sampai 3 bulan kedepan. Menggiurkan ya?

4. Tidak terikat jam kerja

Umumnya jam kerja yang diberlakukan di kantor-kantor adalah dari jam 09:00 sampe dengan jam 17:45. Untuk datang kekantor supaya nggak telat, banyak orang yang rela berangkat dari rumah sejak shubuh dan rela macet-macetan di jalan demi sampai ke kantor tepat pada waktunya. 

Kalo Lo kerja sebagai freelancer, Lo nggak perlu musingin itu semua bro. Lo cukup kerja dari rumah Lo nggak perlu macet-macetan di jalan dan Lo bisa ngerjainnya kapan aja, mau itu malem, mau siang, mau pagi, bebas, yang penting kerjaan Lo selesai dan klien Lo seneng.

Setelah Lo tahu sukanya gimana, sekarang kita bahas dukanya ya. Siap-siap!

1. Kadang bayarannya nggak selancar yang kita bayangkan

Bayaran gede kalo bayarnya nggak lancar repot juga bro. Kadang ada nih klien yang kaya gini, ketika pekerjaan udah kelar mereka malah susah untuk melakukan pembayaran. Ini tentu akan jadi masalah ketika Lo misalnya nggak punya cadangan simpenan dan banyak kebutuhan yang harus Lo penuhi. Kalo Lo mau yang pasti-pasti, maka pekerjaan sebagai freelancer tentu bukan pilihan yang bijak buat Lo. Ya bro, pekerjaan sebagai freelancer itu nggak bisa ngasi Lo kepastian, bulan ini dapat project, bulan depan belum tentu.

2. Dikira pengangguran

Dikarenakan Lo selalu bekerja dari rumah, otomatis sebagian besar waktu Lo pasti akan dihabiskan dirumah. Nah, tetangga Lo kadang usil tuh ngira Lo hanya pengangguran karena Lo nggak pernah pergi bekerja seperti orang kebanyakan. Padahal ya Lo kerja juga tapi Lo melakukannya di rumah. Kalo Lo ngalamin ini, cuek aja jangan diurusin toh nggak ngaruh juga. Hehe.

Nah bro, itu dia tadi suka dan duka bekerja sebagai freelancer. Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, apapun pekerjaan yang Lo ambil tentu akan ngasi Lo penghasilan yang baik selama Lo tekun ngerjainnya dan Lo bisa mengatur dengan baik uang yang Lo terima. Mau Lo kerja di kantor atau Lo kerja sebagai freelancer nggak ada yang salah bro, selama itu halal dan nggak ngerugiin orang.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini