gentlemancode.id
Tips Memisahkan Karir dan Kehidupan Pribadi

TIPS MEMISAHKAN KARIR DAN KEHIDUPAN PRIBADI

Published on Tuesday, 17 July 2018

Kerja untuk hidup, dan hidup untuk kerja. Ya, bekerja memang hal yang nggak bisa kita pisahkan dari kehidupan kita bro, karena dengan bekerjalah kita bisa mendapatkan materi untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari. Seringkali, banyak orang yang sangat terobsesi dengan pekerjaannya sampai-sampai mengesampingkan waktu untuk kehidupan pribadi dan keluarganya. Nah, bagaimana dengan Lo, apakah Lo masih belum "pintar" dalam membagi waktu antara karir dan kehidupan pribadi? 

Kali ini Gentlemancode akan memberikan tips buat Lo mengenai bagaimana cara memisahkan antara karir dan kehidupan pribadi, diantaranya adalah:

1. Introspeksi

Hal pertama yang harus Lo perhatikan adalah coba lihat diri Lo sekarang bro, apakah Lo enjoy dan bahagia dengan karir yang Lo jalani saat ini? Atau apakah yang Lo dapatkan selama Lo bekerja keras sebanding dengan rasa puas yang Lo dapatkan? Lalu, apakah pekerjaan yang Lo lakukan banyak menyita waktu Lo sehingga Lo banyak mengabaikan waktu untuk keluarga, teman atau pasangan Lo? Coba pikirkan sekali lagi apakah ada pihak yang tidak suka atau merasa dirugikan dengan kegiatan Lo selama bekerja.

2. Merencanakan Jadwal

Kalo Lo sudah meyadari bahwa waktu Lo untuk keluarga atau orang-orang terdekat terasa kurang, saat ini Lo bisa mulai merencanakan waktu untuk mereka, bro. Lo bisa mensiasatinya dengan membuat jadwal, yaitu jadwal untuk pekerjaan Lo dan jadwal untuk orang-orang terdekat Lo. Setelah itu, usahakan untuk konsisten dengan jadwal yang udah Lo susun, jangan malah Lo langgar sendiri.

3. Pisahkan Antara Karir dan Kehidupan Pribadi

Ketika Lo berada di kantor, fokuskanlah pikiran Lo kepada pekerjaan, bro. Tapi, hentikan berpikir soal pekerjaan ketika Lo sedang berada dengan keluarga, sahabat atau orang-orang terdekat Lo. Jangan membawa pekerjaan kantor ke rumah, begitupun sebaliknya. Intinya, Lo harus memisahkan kedua hal tersebut dan fokus pada waktu dan tempat Lo saat itu, sehingga Lo tidak mencampuradukkan masalah pekerjaan dengan kehidupan pribadi Lo, bro. Ini adalah salah satu kunci agar Lo bisa membagi waktu dengan efektif antara karir  dan kehidupan pribadi.

4. Bedakan suasana kantor dan suasana di luar kantor

Gini bro, kalo di kantor Lo terbiasa rapi dengan suasana yang serba formal dan batasan-batasan tertentu misalnya. Nah, di luar kantor, Lo bisa bebas jadi diri Lo sendiri, jangan membawa suasana dan kebiasaan Lo di kantor ke kehidupan Lo di luar kantor, bebas aja dan ekspresikan rasa gembira Lo dengan keluarga atau orang-orang terdekat Lo jangan malah menunjukkan sisi lelah Lo dengan pekerjaan kantor. Kalo Lo menunjukkan rasa lelah Lo, itu artinya Lo belum bisa efektif membagi waktu antara karir dan kehidupan pribadi Lo, bro.

5. Jangan ceritakan masalah pribadi Lo di kantor dan sebaliknya

Kalo Lo punya masalah pribadi, jangan ceritakan apapun kepada rekan kerja Lo di kantor bro, begitupun jika Lo ada masalah di kantor sebaiknya tidak Lo bawa masalah Lo keluar dan menceritakannya kepada orang lain. Sekali lagi ingat bro, jangan mencampuradukkan urusan kantor dengan urusan pribadi.

6. Lo Harus Tau Pentingnya Memisahkan Karir dan Kehidupan Pribadi

Di lansir dari Science Daily, menyebutkan bahwa orang yang tidak bisa memisahkan karir dengan kehidupan pribadi cenderung lebih sering mengalami kelelahan dan tidak sejahtera. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Zurich yang mensurvei 2.000 pria dan wanita yang berusia rata-rata 42 tahun dengan latar belakang pekerjaan yang variatif, di mana 7 dari 10 responden telah menikah, dan setengah dari mereka bekerja selama 40 jam bahkan lebih setiap minggunya. Survei yang dilakukan adalah tentang aspek mengenai seberapa seringkah mereka membawa pekerjaan ke rumah dan apakah mereka bisa bersosialisasi atau menjalankan hobinya atau tidak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang sering menggabungkan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadinya dilaporkan mudah lelah karena kurang mampu "memulihkan dirinya". Oh iya, pemulihan diri di sini maksudnya bukan menjauhkan diri dari pekerjaan saat berada di rumah, tetapi juga aktivitas lain di luar pekerjaan seperti menghabiskan waktu bersama keluarga, hangout atau liburan. Saat mereka tidak bisa memulihkan diri dengan sepenuhnya, mereka mengalami stress dan gangguan kecemasan karena selalu merasa punya beban dalam hidupnya.

Nah itu dia bro, tips dari kami mengenai bagaimana memisahkan antara karir dan kehidupan pribadi. Bagaimana pun kehidupan karir dan pribadi Lo sekarang, semoga bisa berjalan seimbang ya bro, dan semoga Lo bisa mengefektifkan waktu dengan baik dan bisa bermanfaat bagi orang lain dan orang-orang terdekat Lo. Semangat beraktifitas dan have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini