gentlemancode.id
Tips Mengatasi Stres dan Cemas Saat Wawancara Kerja

TIPS MENGATASI STRES DAN CEMAS SAAT WAWANCARA KERJA

Published on Thursday, 21 February 2019

Mendapatkan pekerjaan sesuai keinginan, bukan hal yang mudah, bro. Lo perlu mengasah kemampuan dan mengikuti tes kelayakan supaya bisa diterima di perusahaan yang Lo inginkan. Sayangnya, tes wawancara kerja ini sering kali membuat jantung 'dag dig dug' lebih kencang karena cemas dan stres. Terus, bagaimana cara mengatasi stres dan cemas saat wawancara kerja? Yuk, intip beberapa tipsnya berikut ini.

Kenapa wawancara kerja sering menimbulkan stres dan cemas?

Stres dan cemas bisa muncul kapan saja, salah satunya saat wawancara kerja. Kenapa? Saat menghadapi hal ini, otak Lo terus membayangkan skenario buruk yang mungkin terjadi, seperti misalnya penolakan. Bisa juga merasa takut dan tak percaya diri saat melihat pewawancara yang terlihat galak.

Jika tidak mampu diatasi, stres dan kecemasan akan menyebabkan Lo gugup, tidak tenang, dan terus berkeringat dingin. Akibatnya, wawancara tidak berjalan sesuai harapan dan penilaian terhadap penampilan Lo akan minus.

Tips mengatasi stres dan cemas saat wawancara kerja

Cemas saat wawancara kerja tidak bisa Lo cegah. Pasalnya, rasa cemas akan tetap muncul memberi peringatan pada Lo untuk mempersiapkan diri lebih baik lagi. Jangan khawatir bro, Lo tetap bisa mengatasinya dengan beberapa tips, seperti:

1. Lakukan terapi inhalasi dan visualisasi

Rasa cemas dan tidak tenang menjelang interview, harus bisa Lo atasi sendiri. Caranya, lakukan terapi inhalasi dan visualisasi. Temukan ruangan yang tenang, supaya Lo mudah memusatkan konsentrasi.

Kemudian, posisikan tubuh Lo duduk tegak lalu pejamkan mata. Selanjutnya, tarik napas dalam dan buang secara perlahan. Lakukan hal ini secara berulang hingga Lo merasa lebih tenang. Untuk menghilangkan pikiran negatif yang terus muncul sekaligus meningkatkan kepercayaan diri, coba lakukan terapi visualisasi. Bayangkan kesuksesan dan pencapaian terbaik yang pernah Lo dapatkan sebagai motivasi.

2. Perdalam pengetahuan mengenai perusahaan yang Lo lamar

Apa sih yang Lo lakukan ketika wawancara kerja? Lo pasti akan diberi pertanyaan mengenai kemampuan bekerja dan sejauh mana Lo mengetahui perusahaan tempat Lo melamar pekerjaan.

Untuk menghindari cemas dan stres karena tidak bisa menjawab pertanyaan, Lo perlu mencari tahu dan mempelajari latar belakang perusahaan dengan baik. Kemudian, cobalah untuk berlatih berbicara di depan kaca, supaya Lo terbiasa dan lancar ketika menjawab pertanyaan.

3. Siapkan semua benda yang Lo butuhkan

Persiapan yang matang membantu Lo mengatasi rasa cemas nantinya. Lo juga jadi lebih yakin dan tidak lagi cemas memikirkan hal yang sepele, seperti lupa membawa sertifikasi, alat tulis, portofolio, dan berkas penting lainnya.

Siapkan benda-benda yang menurut Lo penting untuk wawancara sehari sebelumnya dan masukkan ke dalam tas. Jadi, Lo tidak perlu pusing mencari-cari benda tersebut sebelum Lo berangkat untuk wawancara.

4. Pilih pakaian yang nyaman

Memilih pakaian terbaik untuk wawancara kerja bukan hanya dilihat dari modelnya saja. Lo perlu mengutamakan kesopanan dan kenyamanan. Pakaian yang membuat Lo tidak nyaman saat digunakan, tentu saja akan semakin membuat perasaan cemas menjadi-jadi.

5. Terapkan gaya hidup sehat

Mungkin Lo bertanya-tanya apa hubungannya gaya hidup sehat dengan cemas saat wawancara kerja? Tentu saja ada, bro. Gaya hidup sehat mengarahkan seseorang untuk menjaga asupan makanannya, tidur cukup, dan menghindari rokok dan minum alkohol.

Ya, memilih makanan yang sehat membuat tubuh Lo tetap sehat. Lo tentu jauh dari penyakit atau gangguan pencernaan, seperti diare atau sembelit yang membuat Lo tidak nyaman saat wawancara. Kemudian, tidur cukup membantu bangun lebih pagi sehingga menghindari telat datang ke tempat wawancara. Begitu juga dengan rokok dan alkohol. Keduanya bisa merusak penampilan Lo keesokkan harinya.

Perlukah pergi ke dokter untuk mengatasi kondisi ini?

Sebenarnya, rasa cemas adalah respons alami tubuh terhadap stres. Jadi, wajar saja kalo hal ini dirasakan oleh semua orang dan umumnya bisa diatasi sendiri dengan baik.

Bila kecemasan yang hadir tidak mampu Lo atasi sendiri, bantuan psikolog atau dokter spesialis kejiwaan sangat diperlukan. Jangan biarkan kecemasan dan stres saat wawancara tersebut, terus menghantui Lo. Bahkan membuat Lo berulang kali gagal melakukan wawancara kerja dengan baik.

Sumber:
https://hellosehat.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini