gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Tips Untuk Membuat Presentasi Jadi Lebih Menarik. Ikuti 5 Langkah Ini, bro!

#LOPASTIBISA - TIPS UNTUK MEMBUAT PRESENTASI JADI LEBIH MENARIK. IKUTI 5 LANGKAH INI, BRO!

Published on Sunday, 06 May 2018

Komunikasi adalah hal yang selalu dan pasti dilakukan oleh manusia setiap hari. Siapapun itu, tua atau muda, wanita atau laki-laki, pelajar atau pekerja, semuanya pasti melakukan komunikasi setiap hari.

Tapi ternyata tidak semua orang bisa berkomunikasi dengan baik, apalagi berbicara sendirian di depan orang lain. Contohnya melakukan presentasi di depan orang banyak, bisa bos di kantor, dosen di kampus maupun calon klien.

Nah, sebelum melakukan presentasi Lo harus tahu dulu bro bagaimana cara melakukan presentasi yang baik dan benar agar membuat para audience terhindar dari rasa bosan. Berikut ini adalah 5 cara yang bisa Lo lakukan agar mampu membuat presentasi lebih interaktif:

1. Cairkan Suasana

Tidak semua orang datang dan duduk untuk mendengarkan presentasi Lo dengan tingkat mood yang sama bro karena ada kalanya mereka datang dengan mood yang kurang baik. Nah, tugas Lo adalah menyamakan level mood tersebut agar semuanya menjadi satu frekuensi.

Caranya gampang-gampang susah. Lo harus melakukan action yang bernama ice breaking. Ice breaking bertujuan untuk "menghancurkan" balok es yang seolah-olah berdiri tinggi di tengah-tengah antara Lo dan para audience. Lemparkan jokes-jokes ringan maupun pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka aktif seperti perkenalan nama, asal dari mana dan lain-lain.

Kalau Lo berada di forum yang nggak formal, Lo bisa juga lho mengajak audience untuk melakukan gerakan ringan seperti menepuk-nepuk tangan, memijat orang di sebelahnya dan lain-lain. 

2. Berceritalah!

Menurut seorang professional public speaking coach Nathan Gold, presentasi yang diawali dari sebuah cerita lebih bisa diterima oleh siapapun yang menjadi audience-nya. Karena para audience cenderung akan merasa penasaran dengan lanjutan cerita tersebut dan menunggu-nunggu bagaimana hubungan antara cerita dengan topik presentasi.

Buat mereka larut dengan cerita singkat dan ringan. Lo bisa mulai dengan cerita dari pengalaman pribadi atau menceritakan cerita orang lain.

3. Tambahkan Video

Konten audiovisual sangat menarik dan cenderung lebih mudah mempengaruhi para audience, bro! Jangan lupa untuk selalu memasukkan satu sampai dua video di setiap presentasi ya. Video akan merangsang emosi dari para audience sehingga mampu untuk semakin larut dengan presentasi yang akan Lo bawakan.

Ketika Lo sudah bisa mengambil emosi dari para audience, maka semakin mudah buat Lo untuk "membawa" mereka sesuai arah presentasi Lo.

4. Gunakan Gestur!

Pernah melihat orang lain yang sedang presentasi dan Lo malah lebih fokus ke bagaimana gestur orang tersebut? Ya, itulah kekuatan sebuah gestur badan dalam mendukung performa presentasi, bro.

Jangan biarkan tangan, badan, mata maupun kepala Lo diam! Gunakan anggota badan Lo itu untuk membantu mulut menyampaikan kata-kata. Gestur tangan yang selalu berubah mengikuti apa yang Lo sampaikan disinyalir mampu membuat para audience lebih memahami isi presentasi.

Pelajari juga jenis-jenis gestur agar Lo tidak salah dalam melakukannya ketika presentasi ya!

5. Ajak Audience Berkomunikasi

Jangan menghabiskan sebuah presentasi sekaligus, selingi dengan pertanyaan-pertanyaan simple seperti "sampai di sini jelas?", "ada yang ingin ditanyakan?" dan lain-lain. Hal ini akan membuat hubungan antara Lo dan para audience lebih kuat karena memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah sepanjang presentasi.

Selain menjaga frekuensi topik yang sama antara Lo dan audience, sesekali bertanya atau mengajak audience berkomunikasi bisa menghindari mereka dari ngantuk maupun bosan.

BONUS: LATIHAN

Kelima cara di atas tidak akan bisa Lo lakukan dengan baik kalau Lo nggak pernah latihan, bro! Seperti tagline salah satu brand olahraga ternama dunia, Practice Makes Perfect. Sempatkan selalu latihan sebelum melakukan presentasi. Latihan ini bisa Lo lakukan sendiri di depan kaca, atau mengajak salah satu teman untuk menjadi audience, dan kemudian ia akan memberi nilai atas presentasi yang Lo lakukan.

Nah itu dia lima plus satu cara agar presentasi Lo semakin interaktif dan menarik. Jangan sampai usaha dan tenaga yang Lo keluarkan tidak berhasil hanya karena cara presentasi Lo yang kurang baik ya bro! #LoPastiBisa melakukannya!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini