gentlemancode.id
#LoPastiBisa - Tips untuk membuat meeting menjadi lebih efektif

#LOPASTIBISA - TIPS UNTUK MEMBUAT MEETING MENJADI LEBIH EFEKTIF

Published on Thursday, 24 May 2018

Meeting adalah kegiatan yang umum dilakukan untuk mendapatkan suatu kesepakatan didalam suatu kelompok atau organisasi. Disana setiap anggota dituntut untuk bisa mengemukakan pendapat mereka mengenai suatu hal dan mereka harus bisa menjelaskan pendapat mereka dengan baik. Meeting itu intinya adalah diskusi, dimana diskusi tersebut bisa menghasilkan ide-ide cemerlang dan solusi yang efektif. Namun, terkadang banyak hal yang mengganggu lancarnya kegiatan meeting sehingga sesi meeting hanya dihabiskan dengan membahas sesuatu yang nggak penting hingga akhirnya banyak waktu terbuang. Agar sesi meeting bisa berjalan efektif dan efisien, persiapkan hal-hal berikut ini bro.

1. Buat Agenda

Sebelum mengadakan meeting, buatlah agenda yang jelas bro seperti: alasan mengadakan meeting, hal apa saja yang akan dibahas, dan tujuan mengadakan meeting. Jelaskan poin-poin ini dengan jelas ketika Lo mengirim undangan untuk meeting agar peserta meeting bisa memiliki gambaran mengenai meeting ini. 

2. Undang orang-orang yang memang berhubungan dengan topik yang akan dibahas

Ya bro, undanglah orang-orang yang memang berhubungan dengan topik yang akan kalian bahas agar meeting bisa berjalan dengan efektif. Mengundang orang yang tidak berhubungan sama sekali nggak akan memberikan Lo keuntungan apapun, malah berpotensi akan merusak sesi meeting yang akan Lo lakukan.

3. Buat Aturan

Agar meeting bisa berjalan dengan lancar, maka Lo harus menetapkan beberapa aturan bro seperti dilarang menggunakan smartphone, tablet, atau laptop. Aturan ini perlu dibuat bro agar waktu meeting tidak terbuang percuma karena ada peserta meeting yang tidak fokus karena teralihkan oleh barang-barang tersebut.

4. Tentukan Waktu

Lo harus menentukan kapan meeting akan dimulai dan kapan meeting tersebut selesai. Dalam penerapannya, Lo jangan sampe ngaret bro supaya waktu Lo dan orang yang Lo undang untuk meeting tidak terbuang percuma.

5. Pilih Moderator yang bisa Memimpin Meeting dengan baik

Agar agenda meeting bisa berjalan sesuai rencana maka diperlukan moderator yang baik untuk mengendalikan sesi meeting. Adakalanya kegiatan ini berjalan keluar dari agenda sehingga para peserta membahas sesuatu yang sudah jauh keluar dari tema. Untuk itu, diperlukan seseorang yang bisa mengendalikan acara sehingga setiap orang tidak keluar dari topik utama diskusi.

Itu dia bro lima hal yang harus Lo persiapkan ketika Lo akan mengadakan meeting. Meeting itu harus berjalan efektif dan efisien bro agar waktu tidak terbuang sia-sia dan semua orang bisa menghasilkan ide-ide cemerlang serta solusi yang baik terhadap suatu permasalahan. Meskipun terlihat ribet, kalo Lo mengikuti langkah-langkah tadi, #LoPastiBisa!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini