gentlemancode.id
Yakin mau resign dan buka usaha sendiri? Coba jawab Pertanyaan ini dulu, bro!

YAKIN MAU RESIGN DAN BUKA USAHA SENDIRI? COBA JAWAB PERTANYAAN INI DULU, BRO!

Published on Wednesday, 29 May 2019

Ide udah ada, modal juga punya, cita-cita Lo untuk punya usaha sendiri semakin menggila, dan jalan pun semakin besar terbuka. Apakah ini waktu yang tepat buat Lo untuk resign dan mulai buka usaha?

Punya keinginan usaha itu sangat bagus. Tapi, kalo bisa jangan buru-buru resign, bro. Sebelum Lo memutuskan untuk resign, pastikan dulu bahwa itu keputusan yang terbaik dalam hidup Lo, bukan keputusan yang akhirnya akan Lo sesali karena Lo mengambilnya karena terburu-buru dan ikut-ikutan doang. Nah, untuk memantapkan langkah Lo, Gw udah punya 10 pertanyaan yang harus Lo ajukan sama diri Lo sendiri sebelum Lo menjadi pengusaha secara full time. Apa aja?

1. Apakah Lo yakin dengan menjadi pengusaha Lo akan bahagia?

Jadi pengusaha itu bukan buat gaya-gayaan, bro. Ketika Lo ingin terjun menjadi seorang pengusaha, Lo harus yakin kalo itu tuh emang passion Lo. Jangan karena lagi trend, Lo jadi ikut-ikutan padahal Lo sendirinya juga belum terlalu yakin. 

Lalu, jangan jadikan wirausaha sebagai pelarian Lo karena Lo nggak suka dengan pekerjaan Lo sekarang. Kalo mau jadi pengusaha itu ya Lo harus yakin bahwa dengan Lo menjadi pengusaha Lo akan lebih bahagia karena Lo mengerjakan sesuatu yang benar-benar Lo sukai.

Jadi penggusaha itu bukan pekerjaan yang mudah, bro. Ketika Lo udah benar-benar yakin bahwa ini memang yang Lo mau dan ini bisa membawa kebaikan buat Lo, maka sesulit apapun nanti keadaannya Lo pasti akan mampu bertahan. 

2. Apakah Lo punya bekal?

Jangan sampe nih bro Lo asal resign doang tanpa Lo punya bekal. Ketika Lo udah yakin untuk mulai wirausaha, Lo harus pastiin Lo punya tabungan untuk memenuhi kebutuhan Lo selama Lo mulai usaha sampe usaha Lo benar-benar menghasilkan keuntungan. 

Kita nggak pernah tahu berapa lama waktu yang kita butuhkan agar usaha kita benar-benar menghasilkan. Untuk itu, Lo harus punya bekal, bro. Jangan sampe Lo malah jadi kerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan Lo sementara usaha Lo malah jadi nggak ke urus. Kerjaan yang udah enak udah Lo lepas, usaha nggak ke urus, kacau deh jadinya. 

Ingat, tujuan Lo resign itu adalah untuk fokus di usaha yang Lo rintis bukan malah kerja serabutan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi, pastiin Lo udah punya bekal yang cukup ya!

3. Apakah Lo sudah punya rencana yang matang?

Buka usaha itu perlu rencana yang matang. Rencana dair A sampe Z nya itu harus jelas, bro. Bagaimana rencana Lo dalam memulai usaha Lo? Gimana cara Lo nanti mengelolanya?  Semuanya harus clear, jangan sampe gimana entar.

Tanpa rencana usaha Lo nggak bakalan jalan. Lo hanya buang-buang waktu, tenaga, dan duit doang ujungnya. Sayang kan?

4. Apakah Lo sudah punya partner yang bisa di percaya?

Mungkin Lo bisa melakukannya sendiri. Tapi, akan lebih baik kalo Lo punya partner ketika Lo akan memulai wirausaha. 

Kenapa harus punya partner sih?

Gini bro, seperti yang Gw bilang tadi kalo wirausaha itu nggak gampang. Dengan adanya partner, seengganya beban Lo akan kebagi nggak cuma di Lo doang.

Partner juga akan menjadi orang pertama yang mengingatkan Lo ketika Lo misalnya salah mengambil keputusan atau ketika Lo udah mulai down.

5. Apakah Lo tahu tujuan Lo kemana?

Udah tahu belum usaha yang bakal Lo jalanin itu bakalan seperti apa 5 tahun kedepan? Yang pasti Lo nggak bakalan tahu sih, tapi Lo bisa ngebayangin kira-kira Lo pengen bisnis Lo itu ada di posisi apa dalam satu waktu. Katakanlah 5 tahun kedepan bisnis Lo udah bisa balik modal. Atau bisa juga, dalam 5 tahun kedepan bisnis Lo udah bisa Lo kembangin ke tahap selanjutnya. Intinya, Lo harus punya bayangan akan seperti apa bisnis Lo dalam waktu tertentu.

6. Apakah Lo siap untuk disiplin?

Kalo Lo pikir dengan wirausaha Lo akan lebih bebas dan punya banyak waktu, Lo salah, bro! Bisnis itu justru akan lebih banyak memakan waktu Lo terlebih di awal-awal Lo mulai. 7 hari seminggu mungkin nggak bakalan cukup malahan karena begitu banyaknya hal yang harus Lo kerjakan.  Maka dari itu, disiplin adalah hal wajib yang harus Lo miliki ketika Lo akan wirausaha. Disiplin akan waktu, pengaturan keuangan, pelaksanaan rencana, dan hal-hal detail lainnya harus Lo jalani dengan disiplin. Kalo Lo masih seenaknya, Lo nggak bakalan bisa bro untuk wirausaha.

7. Apakah Lo siap meninggalkan kenyamanan yang Lo dapet sekarang?

Saat menjadi karyawan, tentu Lo udah punya pemasukan yang stabil. Tiap bulan Lo dapet gaji, tiap tahun Lo dapet THR dan bonus, dan Lo pasti juga dapet tunjangan-tunjangan lainnya. Nah, begitu Lo resign dan Lo wirausaha, semua kenyamanan Lo itu bakalan hilang, bro. 

Ketika Lo udah memutuskan untuk wirausaha, Lo bakalan masuk kedalam dunia yang benar-benar keras. Itulah alasannya kenapa Gw menekankan di poin dua kalo Lo harus punya bekal ketika Lo memutuskan untuk wirausaha agar kebutuhan Lo masih bisa terpenuhi dengan baik.

8. Apakah Lo siap menjalani gaya hidup yang jauh berbeda dengan sekarang?

Nyambung dari poin sebelumnya nih, bro. Ketika Lo merasa pekerjaan Lo nyaman dengan penghasilan dan segala benefit yang Lo terima, Lo pasti sudah biasa dengan gaya hidup yang serba pasti ketika menjadi karyawan. Begitu Lo resign dan terjun menjadi pengusaha, Lo tentu nggak bisa memiliki gaya hidup seperti itu lagi. Lo jadi harus lebih hemat, lebih serius, lebih disiplin, dan pastinya lebih giat dalam berusaha. Waktu yang Lo punya juga tentu bakalan lebih sempit karena Lo baru mulai. Yang pasti, dunia Lo ketika menjadi pengusaha akan sangat berbeda dengan ketika Lo masih menjadi seorang karyawan. 

9. Apakah Lo sudah bisa mendengarkan orang lain?

Bisnis yang sukses jarang dilakukan oleh hanya satu orang. Bisnis yang sukses pasti dibangun oleh beberapa orang yang memiliki visi dan misi yang sama. Disini jelas kerjasama menjadi hal yang sangat penting ketika ingin membangun sebuah usaha. Tanpa kerjasama yang baik mustahil sebuah bisnis bisa sukses dan langgeng. 

Ngomong-ngomong soal kerja sama, tentu hal ini tidak akan lepas dari yang namanya komunikasi, dan komunikasi yang baik akan terjalin ketika setiap orang yang terlibat di dalam komunikasi tersebut bersedia untuk mendengarkan. Kalo salah satu pihak tidak bersedia mendengarkan maka komunikasi akan berjalan buruk. Ketika komunikasi berjalan buruk maka tim Lo nggak bakalan solid dan tim yang nggak solid nggak akan pernah bisa mencapai tujuan yang sudah Lo tetapkan.

Mau mendengarkan adalah kemampuan yang wajib Lo miliki ketika ingin memulai sebuah usaha. Jangan hanya mau di dengerin aja bro tapi dengarkanlah ketika orang memberi masukan sama Lo.

10. Apakah Lo siap untuk gagal

Kegagalan emang pahit. Tapi, kadang kegagalan inilah yang membawa kita menuju kesuksesan. Misal Lo udah menjalankan bisnis A, tapi ternyata bisnis tersebut gagal. Lalu Lo mencoba bisnis B dan ternyata Lo berhasil di bisnis B. Nah, kegagalan kadang malah menjadi pentunjuk untuk kita untuk menunjukan kepada kita mana bisnis yang cocok untuk kita. Kadang, kegagalan juga menjadi motivasi untuk kita untuk berusaha lebih keras lagi. Kegagalan itu adalah sebuah proses dan harus Lo hadapi, bro. Siap untuk menghadapi kegagalan adalah salah satu syarat yang harus Lo miliki ketika memutuskan untuk menjadi seorang pengusaha.

Artikel ini dibuat bukan untuk menakut-nakuti Lo yang ingin terjun menjadi pengusaha, namun artikel ini dibuat agar Lo lebih yakin dalam mengambil keputusan tersebut. Jadi pengusaha itu jangan buat gaya-gayaan, tapi pastikan Lo emang punya passion disitu. Semoga artikel ini bermanfaat, thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini