gentlemancode.id
Ini Loh Cara Berpenampilan Yang Baik Ketika Lo Di Tempat Kerja

INI LOH CARA BERPENAMPILAN YANG BAIK KETIKA LO DI TEMPAT KERJA

Published on Sunday, 15 October 2017

Hai Bro, gimana weekend Lo kali ini? Seru? By the way udah siap belum besok masuk kerja? Harus siap dong, masa gak siap. Hehehe.

Pada kesempatan kali ini, Gw akan coba share tentang bagaimana cara berpenampilan yang oke saat Lo di tempat kerja. Nggak cuma cewek, cowok pun perlu memperhatikan penampilannya. Kalo selama ini Lo merasa masih kurang pede dalam berpenampilan, khususnya ke tempat kerja dan belum menemukan style yang cocok buat Lo itu gimana, tepat banget Lo baca artikel ini Bro!

Percaya atau nggak penampilan akan mempengarungi performa Lo di kantor. Ketika penampilan Lo tepat dan Lo merasa nyaman, maka Lo akan lebih enjoy dalam ngejalanin hari Lo. Selain Lo menerapkan tips grooming yang pernah Gw bagikan sebelumnya, berikut ini adalah hal-hal yang perlu Lo perhatikan dalam berpenampilan saat ke tempat kerja!

1. Boleh bergaya tapi tetap taat aturan

Hal yang nggak boleh Lo lupakan saat berpenampilan ke kantor adalah aturan, Bro. Setiap kantor atau perusahaan pasti memiliki peraturan masing-masing dalam mengatur cara berpakaian karyawannya. Kecuali kalo Lo mempunyai bisnis sendiri dan kantor yang Lo punya adalah punya Lo sendiri mungkin Lo bisa lebih bebas.

Ketika kantor Lo mewajibkan memakai seragam, maka Lo harus ikuti itu Bro. Untuk mengakalinya, sesekali Lo bisa mengenakan jaket, hoodie atau jas tanpa melepas seragam Lo. Kalo misalnya iklim berpakaian di kantor Lo serba formal seperti mengenakan jas, maka kenakanlah dengan baik. Nah, gimana cara memilih jas yang tepat, nanti akan Gw share di bawah ya!

Beda cerita, kalo kantor Lo tergolong kantor yang membebaskan pekerjanya dalam berpenampilan. Kalo Lo punya kantor semacam ini, Lo wajib banget bersyukur karena gak semua perusahaan bisa sekeren ini Bro. Selain Lo juga bisa ngikutin trend, Lo bisa ke kantor dengan lebih semangat. Walaupun kantor Lo membebaskan pekerjanya berpakaian, tetap saja jangan sampe Lo asal dalam berpenampilan. Lo boleh berpenampilan dengan style yang Lo suka, tapi tetap ada etikanya, Bro.

2. Ketika mengenakan pakaian formal, masukkanlah kemeja dan kenakan ikat pinggang

Kalo kerapihan adalah hal yang sangat Lo perhatikan, mengenakan pakaian formal pasti bukan masalah buat Lo, Bro. Tapi ada beberapa hal yang musti Lo perhatikan seperti: ketika Lo memakai kemeja formal, maka masukkanlah kemeja ke dalam celana. Walaupun biasanya memang lebih enak kalo kemeja dikeluarkan, Lo sebaiknya tidak melakukan itu. Sebaiknya Lo konsisten dengan apa yang Lo kenakan dari awal datang sampai menjelang pulang dari kantor, Bro. Toh, kemeja yang dikeluarkan nggak akan membuat Lo terlihat rapi, malah sebalikya. Dan satu lagi Bro, jangan lupa pakai ikat pinggang ya! Nggak cuma berfungsi untuk mengencangkan, tetapi juga bisa menjadi pemanis dari penampilan Lo. Nah, untuk memilih ikat pinggang yang cocok untuk pakaian formal, pilihlah dress belt atau ikat pinggang yang formal juga. Untuk warna, pilih warna hitam atau cokelat ya!

3. Ketika Lo mengenakan pakaian dan celana Formal, hindari memakai sneaker atau sepatu olahraga

Udah pakai pakaian formal, terus Lo pake sneaker? Serius Lo? Lo mau kerja atau mau Lari, atau mau kerja sambil lari-lari? Lari dari debt collector mungkin? Haha. Sebaiknya hindari memakai sneaker atau sepatu lari saat Lo ke kantor ketika mengenakan pakaian formal ya Bro, pilihlah sepatu dengan gaya casual yang bisa tetap nyaman Lo pakai meski berpakaian formal.

4. Perhatikan tatanan rambut

Mau kantor Lo mewajibkan Lo berpakaian seragam, formal atau bebas, Lo nggak boleh melupakan hal yang satu ini, Bro. Yes, rambut. Tatanan rambut adalah hal yang wajib Lo perhatikan. Bayangin ketika Lo ke kantor dengan rambut berantakan tanpa disisir, selain nggak enak diliat dan mengacaukan penampilan Lo, rambut yang berantakan juga akan membuat Lo terkesan jorok, Bro. Nah, kalo Lo masih bingung style rambut yang cocok buat Lo gimana, Lo bisa mampir ke sini, Bro.

5. Kalo kantor Lo mewajibkan Lo memakai jas, maka pilihlah model jas yang tepat

Nah, ini khusus untuk Lo yang diwajibkan untuk memakai pakaian serba formal dan berjas atau buat Lo yang akan melakukan meeting bareng klien yang mana Lo pasti dituntut untuk berpakaian rapi. Kalo Lo ingin memakai setelan jas untuk ke kantor, sebaiknya Lo pilih setelan bewarna gelap seperti abu-abu atau solid navy, Bro. Sebaiknya jangan pilih yang warnanya hitam, kecuali kalo Lo mau ke pesta kawinan. Menurut Gw, warna solid navy ini sangat cocok untuk Lo pake ke kantor atau ketika Lo meeting. Alasannya adalah karena warna ini cocok dengan semua warna kulit dan gampang dipadukan dengan beragam kemeja dan dasi. Nah, Lo juga jadi bisa memakai setelan yang sama selama 3 hari, dengan paduan kemeja atau dasi yang beda-beda. Menarik kan, Bro? Sebagai gentleman, penampilan Lo akan lebih berkelas dengan memakai jas.

6. Nggak masalah sesekali mengenakan sandal ketika sudah di dalam kantor

Kalo waktu Lo di kantor banyak dihabiskan untuk duduk di meja kerja, nggak ada salahnya sesekali Lo memakai sandal Bro, tapi gunakan sandal sebagai alas kaki sementara ya Bro, misal ketika Lo ke toilet, atau memang kerjaan Lo akan dihabiskan untuk duduk tanpa ada meeting, itu nggak masalah. Santai aja :)

7. Pakai sepatu dan kaos kaki yang tepat    

Ketika Lo sudah memakai pakaian dan celana yang pas, hal lain yang nggak boleh Lo lewatkan adalah sepatu Bro, kenapa? Karena sepatu adalah salah satu pemanis yang akan menunjang penampilan Lo Bro. Seperti yang sudah Gw sebutkan di poin 3, Lo boleh bebas menentukan jenis sepatu yang akan Lo pakai asalkan sesuai  dengan pakaian yang Lo kenakan. Ketika Lo menggunakan jeans, sneaker bisa jadi pilihan. Tapi ketika Lo memakai pakaian formal dan celana bahan atau Lo mengenakan jas, pilihlah sepatu yang formal juga, Bro. Pastikan size yang Lo gunakan sesuai dengan ukuran kaki Lo dan Lo juga nyaman memakainya.

8. Gunakan tas yang pas

Selain untuk membawa barang-barang yang Lo perlukan untuk bekerja, tas adalah aksesoris yang nggak boleh Lo abaikan ketika ke kantor. Pastikan Lo memilih jenis tas yang pas ya, pilih warna-warna yang soft dan tidak merusak gaya berpakaian Lo. Next time, Gw akan bahas jenis-jenis tas yang pas untuk Lo pakai sesuai kebutuhan dan karakter Lo. Jadi, pantengin terus website kita dan follow social media kita ya :)

9. Parfum untuk pelengkap

Kebayang nggak Bro, udah pakaian rapi dan kece, tapi bau Lo nggak sedap. Waduh bahaya! Untuk itu, Lo butuh parfum untuk menunjang penampilan Lo Bro. Nggak musti yang branded atau mahal kok, Bro. Wangi yang soft, udah cukup banget untuk menyegarkan penampilan Lo atau memudarkan bau asap dari jalan yang menempel di pakaian Lo.

Nah, itu dia Bro yang bisa Gw share kali ini. Dalam berpenampilan, perhatikan lah detail dari ujung kepala hingga kaki, dan buat senyaman yang Lo mau. Selain meningkatkan rasa percaya diri, penampilan yang oke akan membuat Lo lebih antusias dalam bekerja. Selain itu Bro, ketika Lo nyaman sama penampilan Lo maka itu akan membuat performa Lo lebih baik di kantor. Percaya deh.

Bagaimanapun juga penampilan adalah hal yang nggak boleh Lo abaikan. Pakailah pakaian yang memang Lo suka dan Lo nyaman, tapi seperti yang Gw bilang tadi, Lo harus tetap memperhatikan aturan.

Sekian dari Gw, kalo ada yang mau ditambahkan, silakan tulis di kolom komentar Gw dengan senang hati akan menerimanya. Terus, jangan lupa di share juga ya! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini