gentlemancode.id
Anak Muda Cinta Indonesia, Gimana Caranya?

ANAK MUDA CINTA INDONESIA, GIMANA CARANYA?

Published on Monday, 28 August 2017

Gambar diatas adalah gambar salah satu pulau di Indonesia, sebuah pulau cantik dengan nuansa alam yang ciamik, pulau Putri. Pulau Putri adalah salah satu pulau dari Kepulauan Seribu yang memiliki keindahan yang luar biasa indah. Ini baru satu pulau Bro, belum lagi pulau-pulau yang lain yang memiliki keindahan yang  juga sangat luar biasa. Ini bukti bahwa Indonesia memang Negara yang punya kekayaan alam dan keindahan yang luar biasa. Jadi sebagai warga Negara Indonesia kita wajib bangga dong, bener gak?

Indonesia merupakan negara yang indah dan mempesona baik itu  dari keindahan alamnya maupun keberagaman rakyatnya. Kekayaan alam yang kita miliki ini begitu melimpah sehingga membuat negara-negara lain ingin menguasainya, dan itulah bukti bahwa Indonesia memang negara yang sangat berharga.

Sebagai anak muda, udah wajib hukumnya untuk kita mencintai negara kita sendiri karena kalo bukan kita ya siapa lagi, Bro? Indonesia, dengan segala kelebihan dan kekurangannya adalah negara tempat dimana kita tinggal, hidup, bekerja, berkarya, dan menggantungkan harapan dan cita-cita. Jadi, rasanya gak fair kalo kita mencaci maki negara kita sendiri.

Sering Gw lihat Bro ada beberapa anak muda yang mengatakan bahwa Indonesia itu adalah negara yang korup, negara miskin, atau ada yang mengatakan kata-kata kaya "Mendingan Gw pindah negara dari pada tinggal di Indonesia". What? serius Lo? Udah Lo tinggal disini, cari makan disini, terus Lo maki-maki negara Lo sendiri. Kelakuan kaya gitu tuh ibaratnya kaya Lo kencing di sumur tempat Lo minum, Bro. Sebaiknya sih jangan kaya gitu, Kalo Lo ngerasa ada sesuatu like there is something wrong with this country maka Lo harus bisa jadi orang yang memperbaiki hal itu dengan cara yang bisa Lo lakukan. Sekecil apapun usaha yang Lo lakukan untuk memajukan Negara ini pasti akan sangat berarti, Bro.

Terus, apa aja yang bisa kita lakukan untuk memajukan negara kita?

Instead of Lo ngehina-hina negara Lo sendiri, banyak hal yang bisa kita lakukan  untuk memajukan negara kita Bro dan yang pertama adalah Lo harus mencintai negara kita ini, Indonesia. Kenapa? karena kalo Lo gak cinta gimana Lo mau berusaha ngerubah masa depan bangsa? Masuk akal gak, Bro?

Nah, seperti yang Gw bilang tadi Bro, se-simple apapun usaha Lo untuk memajukan bangsa itu pasti akan sangat berarti, dan Lo bisa memulainya dengan melakukan hal-hal sederhana ini.

1. Berkontribusi Dalam Menjaga Lingkungan Agar Tetap Bersih Dan Nyaman

Sampah adalah permasalahan yang memang menjadi permasalahan serius untuk semua Negara, termasuk Indonesia. Produksi sampah harian kita ini sangat besar Bro, dan sebagian besar sampah tersebut dibuang ke tempat-tempat yang tidak seharusnya seperti misalnya sungai. Kebiasaan membuang sampah sembarangan ini kalo tidak dirubah maka akan sangat buruk akibatnya. Kalo dibiarin terus bisa-bisa tiap kota di Indonesia menjadi kota yang penuh sampah. Gak pengen kan Lo kaya gitu?

Nah kalo Lo ngaku bahwa Lo cinta sama Negara Lo, Lo bisa mulai ngerubah kebiasaan tersebut dimulai dari diri Lo sendiri. Lo gak perlu nunggu orang lain atau siapapun untuk memulai, cukup lakukan sekarang dan mulai lah dari diri Lo.  

Kebersihan itu bukan tanggung jawab dinas kebersihan saja Bro, tapi justru itu kewajiban semua orang. Untuk itu, kalo Lo cinta sama Negara Lo, Lo harus mau menyempatkan waktu Lo untuk berkontribusi secara nyata dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman dimulai dengan hal yang paling sederhana yaitu membuang sampah kepada tempatnya dimanapun Lo berada.

2. Menjaga Kerukunan Dengan Cara Menghargai Perbedaan

Indonesia terdiri dari beragam suku bangsa, dan agama. Jadi, perbedaan seharusnya bukanlah hal yang membuat kita sebagai warga Negara ribut satu sama lainnya. Beda itu bukan sebuah masalah, beda itu bukan lah alasan buat Lo untuk saling bermusuhan, beda itu hak Bro dan gak ada yang salah dari itu. Sebagai warga Negara kita harus menghargai perbedaan karena perbedaan itu akan selalu ada dimanapun Lo berada. Menghargai perbedaan akan menuntun kita kepada persatuan, sedangkan persatuan akan membawa kita kepada keutuhan. Keutuhan adalah keadaan dimana kita sebagai warga Negara yang memiliki banyak perbedaan bersatu dan saling menjaga satu sama lainnya bukan menghina atau merendahkan. Jauhkan perasaan superior dalam diri Lo, dan mulailah untuk membuka diri terhadap perbedaan-perbedaan yang akan selalu Lo temui dan hargailah perbedaan tersebut. Hidup rukun lebih enak bukan?

3. Berani Berkarya Untuk Memberikan Manfaat Kepada Orang Banyak

Kenapa Lo harus berani berkarya?

Gini Bro, keberanian Lo dalam berkarya akan membantu memperkaya intelektualitas Negara kita. Apapun  yang Lo buat, entah itu produk teknologi, kesehatan, seni, ilmu pengetahuan, apapun itu selama itu membawa manfaat tentunya akan membantu Negara dalam pertumbuhannya menjadi Negara yang lebih maju. Sebagai anak muda, Lo jangan takut untuk membuat sebuah karya karena hanya dengan keberanian lah perubahan bisa kita dapat kan.

Dari keberanian dalam berkarya, sebuah lapangan kerja bisa diciptakan. Dari keberanian dalam berkarya, teknologi baru bisa tercipta. Dari keberanian dalam berkarya, kebanggaan sebuah bangsa bisa kita dapatkan. Berani bertindak untuk membuat sesuatu atau sebuah karya akan memberikan perubahan yang besar untuk Indonesia. Dan itu tanggung jawab Lo sebagai anak muda Indonesia.

4. Menjunjung Tinggi Etika Dan Norma

Etika adalah ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban moral (akhlaq), kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlaq, nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan masyarakat. (Kamus Besar Bahasa Indonesia,1989) .

Norma adalah kaidah yang menjadi sebuah petunjuk, pedoman untuk seseorang dalam bertindak serta bertingkah laku dalam kehidupan di lingkungan masyarakat, seperti norma kesopanan, norma hukum, serta norma agama.

Sebagai warga Negara kita memang memilliki hak, hak untuk melakukan apapun selama itu tidak melanggar hukum. Tapi selain hukum kita juga harus memperhatikan hal lainnya yang perlu kita perhatikan yaitu kewajiban kita untuk menjunjung tinggi etika dan norma yang berlaku dinegara kita. Hak yang kita miliki harus kita imbangi dengan sebuah kewajiban. Jangan berat sebelah Bro, karena nanti bisa salah kaprah. Jadi, ketika kita bersikap atau bertindak kita harus mempertimbangkannya terlebih dahulu apakah itu sesuai dengan etika dan norma-norma atau tidak? kalo misalnya tidak maka jangan di lakukan.

Dengan menjunjung tinggi etika dan norma yang berlaku di Negara kita, maka kita sudah berusaha untuk mempertahankan jati diri bangsa yang sudah dibangun oleh nenek moyang kita.

5. Membiasakan Diri Untuk Menjadi Pribadi Yang Jujur

Sebelum kita menuntut orang lain atau misalnya para pejabat untuk bersikap jujur, ada baiknya Lo membiasakan diri Lo terlebih dahulu untuk bersikap dan berbuat jujur. Jadikanlah jujur ini menjadi kebiasaan supaya Lo terbiasa menjadi orang yang jujur. Semakin banyak orang yang membiasakan untuk hidup jujur maka Negara kita akan dipenuhi oleh orang-orang jujur. Kalo udah gitu, pejabat yang akan duduk di bangku pemerintahan pun akan di isi oleh orang-orang jujur. Lalu, masalah utama Negara kita yang udah cukup mengakar dan mencekik kita sebagai warga Negara yaitu korupsi bisa kita atasi dengan budaya jujur. Tapi itu tadi Bro, semua itu harus dimulai dari diri kita sendiri bukan orang lain.

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membuktikan cinta kita kepada Negara kita ini, Bro. Se-simple apapun usaha Lo, itu pasti akan banyak memberikan manfaat yang baik untuk Negara ini. So, cintailah Negara kita sendiri, karena sekali lagi Gw bilang kalo bukan kita siapa lagi?

With love,
Genta

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini