gentlemancode.id
Bagaimana Nasib Industri Pomade dan Barbershop saat ini?

BAGAIMANA NASIB INDUSTRI POMADE DAN BARBERSHOP SAAT INI?

Published on Friday, 20 April 2018

Trend penggunaan pomade yang ramai beberapa tahun terakhir ini tidak dipungkiri memberikan warna tersendiri dalam dunia hair styling di Indonesia. Nggak hanya itu saja, industri kreatif di tanah air pun ikut bergeliat seiring dengan trend ini karena banyak orang yang mulai memproduksi pomade dengan berbagai macam jenis yang kualitasnya nggak kalah dengan pomade-pomade dari luar negeri. Hal ini tentu bagus karena trend ini membawa dampak positif dalam berbagai hal khususnya dalam dunia hair styling dan dunia usaha. 

Seiring dengan trend penggunaan pomade untuk mendapatkan gaya rambut klasik yang classy, usaha barber shop juga ikut menjamur bro diberbagai daerah demi memenuhi kebutuhan para pria dalam memperhatikan penampilannya. Bisa Lo lihat, hampir di setiap daerah pasti punya barber shop andalannya masing-masing. 

Pomade dan barber shop adalah dua hal yang tidak mungkin bisa dipisahkan karena dua-duanya memang punya peran penting dalam membuat penampilan seseorang menjadi lebih baik. Dua-duanya saling membutuhkan. 

Setelah beberapa tahun berlalu, lantas bagaimanakan nasib pomade dan barber shop sekarang?

Mengingat trend itu selalu berganti setiap waktunya, apakah industri pomade dan barber shop masih bisa bertahan? Jawabannya bisa, bro. Berkurang mungkin, namun nggak akan sampe mati. Industri pomade dan barber shop masih akan terus ada dan malah mulai berkembang lagi. Terbukti dengan masih banyaknya pomade baru yang diproduksi dan banyaknya barber shop baru yang tumbuh di setiap daerah.

Saat ini pomade dan barber shop udah bukan ada di tahap trend lagi bro, namun sekarang pomade dan barber shop sudah masuk kedalam tahap kebutuhan. Orang-orang itu sekarang udah butuh, bukan lagi cuma ikut trend doang. Orang-orang udah mulai aware tentang pentingnya memperhatikan penampilan khususnya untuk perawatan rambut dan produk penata rambut yang mereka gunakan.

Meskipun saat ini pilihan produk penata rambut sudah semakin banyak, pomade masih tetap tidak bisa ditinggalkan karena pomade itu emang punya karakter khas tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis penata rambut lainnya. Jadi, sampai kapan pun pomade pasti akan memiliki pengguna setia, terbukti dari puluhan tahun lalu pomade masih bertahan sampai sekarang.

Untuk para pelaku industri, hal apa yang harus dilakukan untuk membuat industri pomade dan barber shop bertahan?

Untuk para produsen pomade, sudah seharusnya mereka selalu mengikuti kebutuhan pelanggan dalam membuat suatu produk. Inovasi dalam membuat produk baru itu perlu, namun inovasi tersebut harus tetap disesuaikan dengan kebutuhan sehingga produk yang tercipta memang betul-betul dibutuhkan oleh para pengguna pomade itu sendiri. Selain itu, selalu perhatikan keamanan produk  dengan menggunakan bahan yang memang aman untuk rambut sehingga konsumen nggak ragu untuk menggunakan pomade yang ditawarkan. Kalo itu semua terpenuhi maka keberadaan pomade sebagai penata rambut akan terus langgeng karena orang emang udah butuh untuk menggunakan pomade untuk menata rambutnya.

Untuk barber shop, karena usaha ini berbetuk jasa, maka hal utama yang harus benar-benar diperhatikan adalah service. Service yang memuaskan meliputi pelayanan yang ramah, tempat yang bersih, potongan yang baik, komunikasi yang baik, dan lain sebagainya menjadi hal yang benar-benar harus diperhatikan untuk mendapatkan pelanggan yang loyal. Selain itu, gaya potongan rambut baru juga harus selalu dikuasai untuk memenuhi permintaan pelanggan.

Industri pomade dan barber shop tidak akan mati bro bahkan semakin matang dan semakin berkembang dengan menyisakan pelaku industri yang memang sudah semakin mature. Pomade dan barber shop saat ini sudah menjadi kebutuhan untuk para pria dan sudah menjadi bagian dari life style mereka. Kalo suatu produk atau service sudah menjadi kebutuhan, itu artinya produk dan service tersebut akan berumur panjang.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini