gentlemancode.id
Boleh Ngutang, Asal…..

BOLEH NGUTANG, ASAL…..

Published on Thursday, 20 July 2017

Lo pernah utang? Minjem duit ke temen, tetangga, saudara atau bahkan bank?

Seberapa butuh sih sampe ngutang gitu? Lo udah tau cara buat balikinnya apa belum?

Menyikapi kabar dari dunia per-Instagram-an dimana mantan pacar salah satu artis paling kontroversial di jagad sosial media yang baru aja pergi untuk selamanya, Gw pingin berpendapat dikit.

Men!

Muda, punya perusahaan sendiri, punya talenta mumpuni dan banyak uang ternyata ga menjamin bakal bikin hidup Lo tenang. Semakin besar dan banyak hal yang Lo punya bakal bikin Lo semakin punya tekanan hidup. Salah-salah menyikapinya, Lo bisa kecebur kedalam "solusi" yang salah.

Apasih utang? Menurut KBBI, utang adalah uang yang dipinjam dari orang atau pihak lain menurut KBBI.

Berhutang udah jadi "budaya" di masyarakat kita. Bukan cuma kalangan menengah ke bawah aja yang punya hutang, kalangan papan atas juga gitu! Cuma bentukannya lebih keren, kartu kredit namanya. Intinya kita gak punya uang cukup (atau kalaupun cukup, sayang buat kita pake sekali jebret), tapi kita maksain beli sebuah barang yang kita inginkan.

Emang sih, banyak juga utang yang dilakukan demi sebuah kemajuan. Kenapa gw sebut kemajuan? Karena uang pinjeman itu bakal dipake buat bikin usaha, investasi, dan sebagainya.

Intinya adalah, jangan sampai Lo berani buat utang tapi gak tau cara balikinnya gimana. Harus pinter-pinter buat bikin rencana gimana caranya tuh utang Lo balikin cepet, bahkan Lo bisa menghasilkan uang lebih dari situ.

Dan inget satu lagi, menjadi kaya bukan cuma masalah berapa penghasilan Lo, tapi seberapa besar pengeluaran Lo. Semakin besar penghasilan yang diikuti dengan makin tingginya gaya hidup ya bakal bikin dompet Lo jebol juga.

Nabung! Itu kunci paling simple tapi juga paling susah buat dilakuin. Cara gampangnya, Lo sisihin 20,000 setiap hari, inget, setiap hari! Lo masukin ke wadah yang gak bisa Lo ambil. Jangan sampe skip walaupun sehari. Kalo Lo rutin, Lo bakal punya 7,300,000 cuma dalam waktu setahun. 14,600,000 dalam waktu dua tahun.

Itu bakal kerasa banget buat nambahin tabungan-tabungan Lo lainnya. Dan satu lagi, gentleman gak akan menghabiskan uangnya cuma untuk foya-foya secara berlebihan.

Good luck with that!

Ps: sampe editorial ini tayang, kabar tentang gimana meninggalnya brother kita satu ini masih simpang-siur, apapun itu jangan lupa ngedoain almarhum untuk dapet tempat yang paling baik di alam sana.

With Love,
Genta

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini