gentlemancode.id
Diduga Mencuri, Terus Langsung Dibakar. Apakah Perlu Seperti Itu?

DIDUGA MENCURI, TERUS LANGSUNG DIBAKAR. APAKAH PERLU SEPERTI ITU?

Published on Monday, 07 August 2017

M Alzahra atau lebih dikenal dengan Zoya (35) meninggal pada hari Selasa (01-08-2017) kemarin dikarenakan dikeroyok dan dibakar hidup-hidup oleh masa karena dituduh mencuri satu unit amplifier di musala Al Hidayah, Desa Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Zoya meninggalkan satu orang istri yang sedang hamil dan satu orang anak laki-laki yang baru berumur 4 tahun. Miris Bro Gw baca berita ini. Di Negara kita yang sudah memiliki hukum masih terjadi perbuatan biadab seperti itu, padahal yang bersangkutan belum tentu mencuri. Pun kalo memang almarhum mencuri, tidak sepatutnya dia diperlakukan seperti itu karena dia juga warga Negara Indonesia yang memiliki hak untuk dibela dan hak untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah. Terlebih lagi dia itu manusia, bukan binatang yang harus diperlakukan seperti itu.

Ketika seseorang diduga melakukan kejahatan, seharusnya orang tersebut diserahkan kepada pihak yang berwajib untuk diproses secara hukum bukan dihakimi secara brutal. Hukum berfungsi untuk mengatur dan melindungi kepentingan masyarakat. Ketika seseorang dinyatakan bersalah, maka orang tersebut akan diberikan hukuman sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Negara kita. Dan hukum yang diberikan seharusnya sesuai dengan tingkat kejahatan yang dilakukan. Gak lebih dan gak kurang.

Tapi, bagaimanapun juga ketika orang sedang dalam proses hukum bukan berarti dia bersalah. Sebelum proses hukum selesai, kita harus menjunjung tinggi asas praduga tak bersalah. Asas Praduga Tak Bersalah adalah asas di mana seseorang dianggap tidak bersalah hingga pengadilan menyatakan bersalah. Jadi, sebelum pengadilan mengatakan seseorang itu bersalah, kita gak boleh memvonis orang tersebut bersalah.

Nah, balik lagi ke kasus Zoya tadi. Seharusnya, masyarakat yang menduga Zoya melakukan tindak pencurian harusnya membawa yang bersangkutan kepada pihak yang berwajib. Bukan diarak! Tindakan tersebut hanya akan memancing warga untuk bertindak anarkis kepadanya. Apalagi hal tersebut dilakukan di jalanan umum, dimana banyak orang berlalu lalang disana. Satu aja ada orang yang memprovokasi, sudah pasti orang-orang disana akan bertindak anarkis dan tidak berprikemanusiaan. Bahkan orang yang tidak tahu apa-apapun bisa ikut-ikutan untuk bertindak anarkis karena terprovokasi oleh ulah seorang provokator.

Gak kebayang gimana perasaan istri dan anak dari almarhum Zoya ketika mendapati orang kesayangan mereka meninggal dengan cara seperti itu. Gak kebayang gimana perihnya usaha sang istri ketika harus menjelaskan peristiwa ini kepada anaknya yang baru 4 tahun yang masih membutuhkan kehadiran ayahnya. Gw berharap semoga keluarga diberikan ketabahan dan kesabaran untuk menghadapi musibah ini.

Gw masih gak habis pikir, ko bisa-bisanya ada orang yang tega membakar seseorang hidup-hidup dan dihajar pula sebelumnya. Meninggal dengan cara dibakar hidup-hidup itu adalah cara meninggal yang sangat menyakitkan dan menyiksa karena orang tersebut akan merasakan sakit dan panas yang luar biasa sebelum dia menghembuskan nafas untuk terakhir kalinya. Dan itu waktunya bisa lama, gak mungkin cepat. Jadi, itu adalah cara meninggal yang menyiksa. Jadi gak salah kalo Gw bilang bahwa orang yang melakukan hal tersebut kepada almarhum Zoya adalah orang yang tidak beradab.

Gw harap kasus main hakim sendiri ini tidak terulang lagi kedepannya, dan Gw harap polisi segera menemukan pelaku provokasi dan pelaku pembakaran agar diberikan hukuman yang setimpal dengan perbuatannya. Kalaupun hukum di dunia tidak bisa adil, Gw harap hukum Tuhan akan memberikan keadilan kepada para pelaku.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini