gentlemancode.id
4 Mitos Seputar Keramas yang Tidak Perlu Lagi Lo Percaya

4 MITOS SEPUTAR KERAMAS YANG TIDAK PERLU LAGI LO PERCAYA

Published on Tuesday, 24 September 2019

Semua orang pasti nggak pengen rambutnya rusak dan pengen punya rambut sehat dan bagus. Namun sayang, masih banyak orang yang salah dalam cara merawat rambutnya karena terus percaya dengan berbagai mitos seputar mencuci rambut atau keramas.

Memiliki rambut sehat itu bisa, bro. Lo bisa memilikinya kalo Lo merawat rambut dengan benar dan tekun. Lo harus rutin membersihkannya dengan produk perawatan rambut yang benar, dan mengurangi berbagai aktivitas yang merusak rambut, seperti misalnya mewarnai rambut.

Bukan hanya itu, Lo pun perlu meninggalkan mitos-mitos seputar perawatan rambut yang nggak jelas buktinya. Karena mitos-mitos tersebut berisiko merusak kesehatan rambut Lo.

Berikut ini adalah beberapa mitos seputar keramas dan penggunaan sampo yang nggak perlu Lo percaya, bro.

1. Sering keramas bisa membuat rambut panjang

Banyak orang yang percaya kalau sering keramas bisa membuat rambut cepat tumbuh. Namun kenyataannya, dua hal ini sama sekali nggak berhubungan. Memanjangkan rambut dengan cara sering keramas hanyalah mitos belaka.

Rambut itu punya fase pertumbuhannya sendiri, bro. Rambut akan tumbuh sendiri secara alami, kebanyakan sih sekitar 15 cm per tahun atau 0,44 mm per hari. Tapi, setiap orang pasti memiliki laju pertumbuhan rambut yang berbeda-beda.

Sampe saat ini belum ada penelitian yang membuktikan sering keramas bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Faktanya, tujuan keramas itu bukan untuk memanjangkan rambut, tapi membersihkan rambut dari kotoran.

2. Sering keramas merusak rambut

"Jangan keseringan keramas, entar rambut Lo rusak!" Ungkapan ini pasti sering Lo dengar, bener nggak? Tapi, ini nggak sepenuhnya benar.

Untuk orang yang berketombe, sering keramas bisa menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih. Begitu juga dengan orang yang gampang keringatan dan memiliki rambut berminyak, seperti yang disarankan oleh American Academy of Dermatology.

Kalo orang dengan rambut berketombe dan kondisi rambutnya berminyak terus jarang keramas, maka kondisi rambutnya itu bakalan semakin parah. Rambut akan lembap dan kotor karena kulit kepala yang mengelupas terus menumpuk. Kondisi rambut seperti ini pasti akan membuat Lo jadi nggak nyaman. Jadi, orang dengan masalah seperti ini malah disarankan untuk sering-sering keramas.

Tapi, sering keramas memang bisa mendatangkan masalah untuk yang tipe rambutnya normal. Paparan bahan kimia mampu membuat rambut menjadi kering. Jadi, seberapa sering Lo keramas tergantung kepada kebutuhan dan kondisi rambut Lo.

3. Tubuh akan kebal dengan sampo yang biasa Lo pakai untuk keramas

Tahu nggak bro alasan kenapa sampo yang sama terus-menerus tidak efektif untuk merawat rambut?

Banyak orang percaya ini terjadi karena tubuh Lo kebal terhadap bahan aktif yang ada di sampo. Seperti, cara kerja obat antibiotik dengan bakteri tertentu di dalam tubuh.

Meskipun kelihatannya benar, ini salah, bro. Sampo yang sudah lama Lo gunakan memang nggak bisa terus-terusan memberikan efek yang maksimal kepada rambut. Alasannya adalah karena kondisi rambut Lo yang terus berubah. Berubah karena dipengaruhi oleh usia, aktivitas, cuaca, dan kondisi medis tertentu.

4. Keramas dengan sampo yang banyak busa itu lebih bersih

Mitos terakhir yang nggak perlu lagi Lo percaya, adalah semakin banyak busa yang dihasilkan sampo saat keramas artinya lebih efektif membersihkan rambut.

Perlu Lo tahu bro bahwa busa hanya komponen tambahan untuk memberi tahu area mana yang sudah terkena sampo. Namun, nggak semua produk sampo dilengkapi dengan penghasil busa. Jadi, jangan lagi Lo milih sampo yang cocok untuk rambut berdasarkan banyaknya busa aja.

Sekarang udah tahu kan mitos apa aja seputar keramas dengan sampo? Nah, Gw harap Lo tidak lagi salah dalam merawat rambut Lo dan menggunakan sampo dengan baik dan benar.

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini