gentlemancode.id
6 Cara Mencukur Jenggot Untuk Kulit Berjerawat

6 CARA MENCUKUR JENGGOT UNTUK KULIT BERJERAWAT

Published on Tuesday, 08 October 2019

Buat Lo yang punya jenggot dan kebetulan wajah Lo jerawatan, mencukur jenggot merupakan tantangan tersendiri bener nggak sih?

Kalo nggak hati-hati, pisau cukur bisa melukai jerawat dan membuatnya malah makin parah. Cara bercukur yang keliru juga bisa mempengaruhi kebersihan kulit dan meningkatkan risiko terbentuknya jerawat baru.

Cara bercukur buat Lo yang punya kulit mudah berjerawat

Cukuran dengan kondisi wajah berjerawat emang gampang-gampang susah, bro. Meskipun begitu, hal ini sepadan dengan wajah bersih dan segar yang akan Lo dapat nanti. Nah, dibawah ini adalah beberapa tips yang bisa Lo lakukan yang Gw kutip dari https://hellosehat.com/, yaitu:

1. Membersihkan wajah

Membersihkan wajah akan membantu Lo dalam mengurangi jumlah bakteri dan kotoran pada kulit.

Apabila kebersihan wajah Lo selalu terjaga, maka kulit wajah Lo nggak akan mudah berjerawat selama mencukur jenggot.

Pada umumnya, orang yang mudah jerawatan itu biasanya memiliki kulit yang cenderung berminyak. Minyak berlebih pada wajah bisa menyumbat pori-pori dan pada akhirnya akan memicu jerawat.

Untuk itu, jangan malas untuk membersihkan wajah dengan sabun pembersih khusus kulit berminyak.  Sabun ini akan membantu membersihkan wajah dari minyak berlebih sehingga jerawat nggak bakal bermunculan.

2. Memilih pisau cukur single atau elektrik

Beberapa alat cukur menggunakan pisau gLo untuk mengoptimalkan hasilnya. Tapi, sebenarnya pisau cukur ganda menciptakan lebih banyak gesekan sehingga membuat kulit semakin mudah mengalami iritasi.

Buat Lo yang memiliki kulit berjerawat, disarankan menggunakan pisau cukur single atau elektrik untuk mencukur jenggot. Hasilnya memang mungkin nggak sebaik pisau cukur ganda , tapi jenis pisau ini lebih bersahabat buat kulit Lo, bro.

3. Tidak mencukur bagian kulit yang berjerawat

Mencukur bagian kulit yang berjerawat jelas nggak boleh bro karena itu malah akan membuat jerawat Lo makin parah. Hal ini akan melukai kulit, menyebabkan infeksi yang justru akan membuat jerawat lebih lama sembuhnya. Nantinya, Lo justru akan berisiko memiliki bekas luka.

Kalo ada bagian wajah Lo yang ada jerawatnya saat bercukur, maka Lo harus hindari bagian tersebut. Lo cukup mencukur area di sekitar jerawat saja, setidaknya sampe jerawat Lo hilang dan kondisi kulit Lo udah normal.

 

4. Bercukur mengikuti arah yang benar

Cukurlah jenggot dengan arah yang benar karena arah yang salah bisa menyebabkan jenggot tumbuh ke dalam, memicu iritasi, dan membuat kulit lebih mudah berjerawat. Langkah paling benar untuk mencegahnya adalah dengan bercukur mengikuti arah tumbuhnya jenggot.

Perlu Lo ketahui, bercukur melawan arah tumbuhnya jenggot memang bisa memaksimalkan panjang jenggot yang tercukur. Namun, kebiasaan ini akan menarik kulit di sekitar jenggot dan memperparah gangguan kulit yang udah ada.

5. Bercukur menggunakan trimmer

Untuk orang-orang dengan kulit yang amat sensitif, bercukur dengan pisau cukur yang lembut sekalipun tetap berisiko. Kalo misalnya Lo mengalami masalah serupa, mungkin ini waktunya Lo mengganti pisau cukur dengan trimmer.

Trimmer memang nggak akan mencukur jenggot dengan sempurna, tapi alat ini jauh lebih aman dan lembut untuk pemilik kulit yang mudah berjerawat. Alasannya adalah karena trimmer tidak menimbulkan gesekan kasar seperti halnya pisau cukur.

6. Membersihkan wajah setelah bercukur

Setelah bercukur, bersihkan wajah Lo secara merata dengan menggunakan air dingin. Air dingin bisa membantu mencegah peradangan pada kulit wajah akibat gesekan antara pisau cukur dengan kulit.

Setelah itu, Lo bisa mengoleskan gel atau krim pelembap. Pelembap berfungsi untuk menutup pori-pori dan mengunci kelembapan kulit. Kalo Lo mau bepergian, jangan lupa menggunakan sunscreen yang mengandung SPF 30 atau lebih.

Nah bro, mencukur jenggot akan membuat wajah Lo lebih bersih dan segar. Tapi, cara mencukur jenggot yang salah serta alat cukur yang kotor bisa memperparah kondisi kulit yang mudah jerawatan.

Untuk pemilik kulit berjerawat, pastikan Lo selalu membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum bercukur. Gunakan pisau cukur yang sesuai dengan kondisi kulit, dan bercukurlah mengikuti arah tumbuhnya rambut agar mencegah iritasi.

Sumber gambar:
[1] https://www.toolsofmen.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini