gentlemancode.id
7 Cara Mengatasi Kulit Berminyak Pada Pria

7 CARA MENGATASI KULIT BERMINYAK PADA PRIA

Published on Saturday, 30 December 2017

Kulit berminyak akan membuat wajah terlihat kusam sehingga membuat kita menjadi kurang percaya diri. Kulit berminyak bisa dialami oleh semua orang baik itu cewek maupun cowok, Bro. Terlebih untuk mereka yang sering melakukan aktivitas diluar rumah dan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Nah, cowok sebenernya memiliki produksi kelenjar minyak yang lebih banyak dibanding cewek. Sehingga wajar masalah kulit berminyak lebih sering dialami oleh cowok.

Kali ini Gw akan ngasi tau Lo gimana caranya mengatasi kulit berminyak. Tapi, sebelum itu Lo harus tahu dulu apa penyebab kulit wajah berminyak. Dibawah ini adalah beberapa penyebab yang menyebabkan kulit berminyak, diantaranya adalah:

1. Faktor keturunan

Faktor keturunan adalah penyebab utama kulit berminyak karena di turunkan dari orang tua. Kalo misalnya orang tua memiliki kulit berminyak, maka kemungkinan besar keturunan berikutnya pun akan memiliki kulit berminyak. Nah, untuk faktor penyebab seperti ini biasanya sulit untuk diatasi namun bisa dikurangi.

2. Gaya hidup

Gaya hidup yang kurang sehat juga dapat menjadi penyebab kulit berminyak seperti mengkonsumsi alkohol, atau obat-obat tertentu. Kurang berolahraga juga dapat mempengaruhi produksi minyak pada kulit wajah.

3. Pola makan

Pola makan yang salah akan berpengaruh pada produksi minyak seperti seringnya mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak atau santan. Jadi, sebaiknya hindari jenis makanan yang mengandung lemak tinggi, Bro. Kurangnya asupan nutrisi dan vitamin juga dapat menjadi penyebab produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

4. Pemilihan produk yang kurang tepat

Menggunakan produk perawatan wajah yang kurang tepat menjadi salah satu penyebab timbulnya kulit berminyak. Hal ini terjadi karena kandungan yang terkandung dalam produk yang Lo pakai tidak cocok sama kulit Lo, Bro. Nah, itulah mengapa penggunaan produk yang tidak tepat akan memicu produksi minyak berlebih pada wajah.

Setelah Lo tau apa saja penyebab kulit berminyak, sekarang saatnya Lo mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.

Sebenernya, untuk mengatasi kulit berminyak itu nggak susah Bro asal Lo rutin melakukan perawatan kulit wajah setiap hari. Meskipun Lo cowok, bukan berarti Lo harus cuek sama kondisi kulit wajah Lo, karena gimanapun juga akan lebih baik kalo kulit wajah kita bersih dan sehat. Bener nggak?

Buat Lo yang pengen punya kulit wajah yang bersih, sehat dan bebas minyak, ada beberapa cara yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi masalah kulit berminyak, diantaranya adalah:

1. Rutin Membersihkan Kulit Wajah

Mencuci atau membersihkan wajah adalah perawatan yang sangat penting untuk dilakukan setiap hari, Bro. Kalo kulit wajah jarang dibersihkan maka itu akan memicu penumpukan kotoran seperti debu dan sel kulit mati yang nantinya akan menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Oleh karena itu, kulit wajah akan memproduksi minyak lebih banyak dari biasanya. Nah, maka dari itu rutinlah untuk membersihkan kulit wajah menggunakan sabun pembersih muka minimal dua kali sehari atau minimal setiap selesai beraktivitas.

2. Gunakan produk pembersih yang tepat

Pilih dengan baik produk apa yang cocok buat Lo. Kalo misalnya Lo memakai sabun pembersih muka, carilah produk yang memang khusus untuk digunakan untuk kulit berminyak. Selain itu, kalo misalnya ternyata produk tersebut tidak cocok maka berhentilah memakai produk tersebut karena kalo diteruskan maka akan menimbulkan masalah kulit lainnya seperti jerawat.

3. Bedakan handuk untuk wajah dan handuk untuk badan

Ketika Lo selesai mandi, jangan gunakan handuk untuk mengeringkan badan kepada wajah. Sebaiknya gunakan handuk lain yang memang khusus digunakan untuk wajah. Cara ini sangat efektif untuk mencegah perpindahan kuman dan bakteri yang terbawa dari handuk yang dipakai untuk mengeringkan tubuh. Selain itu, pastikan memilih handuk yang halus dan lembut untuk mengeringkan wajah agar terhindar dari iritasi.

4. Rutin olahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat wajib dilakukan untuk semua orang karena selain sangat baik untuk kesehatan tubuh, olahraga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit terutama kulit wajah. Hal ini disebabkan oleh keringat yang keluar dari pori-pori kulit wajah akan keluar bersamaan dengan kotoran yang ada di dalam pori-pori kulit penyebab kulit berminyak, sehingga dengan rutin berolahraga akan menjadikan kulit wajah tampak bersih, cerah dan bebas minyak.

5. Rutin Membersihkan Rambut

Bersihkan rambut secara rutin agar minyak yang dihasilkan oleh rambut tidak turun kepada kulit wajah. Terlebih kalo misalnya Lo sering memakai minyak rambut Bro, maka jangan sampe Lo membiarkan minyak rambut berada terlalu lama di rambut Lo karena itu akan menyebabkan minyak yang ada di rambut Lo turun ke kulit wajah Lo.

6. Banyak minum air putih

Minum air putih dalam jumlah cukup akan membantu mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit wajah. Untuk itu, perbanyak minum air putih setiap hari supaya produksi minyak pada kulit wajah bisa terkendali.

7. Hindari mengkonsumsi makanan berminyak

Terlalu sering mengkonsumsi makanan berminyak akan meningkatkan produksi minyak pada kulit wajah. Untuk itu, hindari mengkonsumsi goreng-gorengan dan makanan berlemak, karena gorengan dan makanan berlemak adalah salah satu penyebab kulit berminyak.

Itu dia Bro 7 cara yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi kulit berminyak. Gimana, gampang kan?

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini