gentlemancode.id
Apa saja sih penyebab bau badan?

APA SAJA SIH PENYEBAB BAU BADAN?

Published on Wednesday, 19 December 2018

Masalah bau badan, tentu merupakan masalah yang serius, bro. Gw yakin Lo semua pasti nggak pengen ngalami yang namanya bau badan, bener nggak?

Nah, Lo perlu tahu bro bahwa masalah bau badan itu tidak hanya diakibatkan oleh keringat berlebih aja.  Namun, ada juga lho penyebab lainnya yang mungkin Lo nggak bakalan nyangka.

Penasaran apa aja? Simak penjelasannya dibawah ini ya yang Gw kutip dari hellosehat.com!

1. Sering makan makanan berempah dan brokoli

Ternyata, apa yang kita makan selama ini bisa mempengaruhi bau badan, bro. Nggak hanya itu aja, makanan yang kita makan juga ternyata bisa juga menyebabkan bau mulut dan bau kaki.

Ya bro, beberapa makanan yang kita konsumsi meskipun memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh kita ternyata merupakan penyebab dari masalah bau badan apabila kita konsumsi secara berlebihan.

Bawang merah, bawang putih adalah beberapa makanan yang popular sebagai penyebab bau badan yang diakibatkan oleh alisin dari rempah-rempah tersebut. Selain itu, sayuran seperti brokoli atau sayuran lain yang termasuk kedalam keluarga cruciferous mengandung sulfur dan sulfide yang kalo dilepaskan melalui keringat akan menyebabkan bau yang tidak sedap.

2. Obat-obatan

Efek yang paling umum dari mengkonsumsi obat-obatan, entah itu resep/nonresep atau produk herbal, adalah berkeringat, bro.

Obat-obatan antipsikotik dan antidepresan dikenal sebagai salah satu obat penyebab bau badan.

Terlebih lagi, aspirin dan acetaminophen berlebihan menyakibatkan produk keringat berlebih.

3. Deterjen

Beberapa zat yang terkandung dalam beberapa deterjen pencuci pakaian diduga bisa menyebabkan reaksi dalam tubuh yang jika terjadi kontak dengan kulit akan menyebabkan pelepasan bau yang tidak sedap ketika berkeringat.

Selain itu, baju yang tidak terbilas dengan baik sehingga deterjen masih menempel pada pakaian, akan menyebabkan menumpuknya molekul sabun dalam serat kain sehingga setiap kali Lo berkeringat, residu yang mengendap ini akan bereaksi sehingga mengeluarkan bau apek.

4. Sering menahan buang air

Mungkin Lo nggak bakalan nyangka, namun ternyata menahan buang air bisa menyebabkan bau badan, bro.

Segala macam sisa pembuangan yang mengendap di dalam tubuh Lo mengandung racun yang bisa dilepaskan melalui pori-pori. Sering menahan buang air kecil dan buang air besar bisa menyebabkan penumpukan ammonia dalam konsentrasi tinggi yang dibuang lewat keringat. Inilah yang kemudian nanti menyebabkan bau tidak sedap pada badan Lo, bro.

Nah bro, jadi itu dia 4 penyebab bau badan yang harus Lo ketahui supaya Lo bisa mencegahnya. Buat Lo yang mengalami masalah bau badan, Lo bisa baca artikel ini: Cara mengatasi bau badan.

Oke deh, Gw rasa itu aja yang bisa Gw bagi sama Lo kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini sama temen-temen Lo. Sukses buat Lo, thanks and have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini