gentlemancode.id
Apakah memakai sampo yang sama dalam waktu yang lama bisa membuat rambut rusak?

APAKAH MEMAKAI SAMPO YANG SAMA DALAM WAKTU YANG LAMA BISA MEMBUAT RAMBUT RUSAK?

Published on Tuesday, 06 August 2019

Sampo sering kita pakai untuk menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala. Di sisi lain, sampo bisa membuat rambut Lo rusak kalo Lo salah dalam memilihnya, bro. Nah, apakah kalo kita menggunakan sampo yang sama terus-terusan dalam waktu yang lama akan membuat rambut rusak?

Lo pasti pernah denger ada orang yang bilang kalo gonta-ganti sampo bisa membuat rambut rusak. Ternyata ini benar bro dan salah satu masalahnya adalah dermatitis kulit kepala.

Bahan kimia yang ada di dalam sampo, seperti parfum, pewarna, dan zat lainnya bisa membuat kulit iritasi. Keadaan ini akan menyebabkan kulit terasa gatal, kemerahan, dan mengelupas.

Kekhawatiran untuk mengalami masalah kulit kepala karena gonta-ganti sampo akhirnya membuat kita jadi setia sama satu sampo. Tapi, ada juga yang ngomong bahwa, nggak pernah ngeganti sampo dalam waktu yang lama juga bisa menyebabkan rambut rusak. Lha, terus gimana?

Sebetulnya bro, menggunakan sampo yang sama tidak akan membuat rambut rusak. Tapi, secara perlahan zat aktif yang ada pada sampi nggak bakal lagi ampuh mengatasi masalah pada rambut.

Contohnya, Lo menggunakan sampo X karena Lo ketombean. Untuk pemakaian bulan pertama dan selanjutnya, Lo mungkin merasakan khasiat sampo tersebut. Tapi, secara perlahan, rambut Lo akan kembali berketombe.

Masalah rambut yang balik lagi, membuat Lo berfikiran bahwa rambut jadi rusak karena sampo yang sama terus. Padahal enggak, bro.

Masalah rambut yang balik lagi, atau mungkin parah terjadi karena sampo yang Lo pake nggak efektif lagi melindungi dan menjaga rambut.

Kenapa sampo tersebut jadi nggak efektif?

Nggak ganti merek sampo dalam jangka waktu yang lama enggak menyebabkan rambut rusak. Tapi bro, sampo jadi nggak efektif mengatasi masalah rambut. Apa sebabnya?

Ada mitos yang mengatakan bahwa tubuh menjadi kebal dengan zat kimia yang ada pada sampo. Sama halnya ketika Lo minum antibiotik. Namun, pendapat ini kemudian disanggah dan perlu diluruskan.

Suneel Chilukuri, MD, pendiri Refresh Dermatology di Houston  mengatakan bahwa kulit tidak membangun kekebalan terhadap produk perawatan kulit dari waktu ke waktu.

Menggunakan sampo yang sama terus-terusan dalam jangka waktu lama tidak akan membuat rambut rusak. Para ahli percaya bahwa sampo yang sama dan telah lama digunakan tidak lagi efektif karena faktor dalam tubuh dan lingkungan. Kulit dan rambut Lo akan menyesuaikan setiap perubahan yang terjadi, meliputi:

  • Usia yang bertambah tua
  • Perubahan musim
  • Hormon tubuh yang naik turun
  • Pola makan yang kurang menutrisi kulit dan rambut
  • Alergi dan masalah kesehatan tertentu
  • Aktivitas dan lingkungan rambut, misalnya terus terpapar matahari

Supaya rambut nggak rusak, tetap pakai sampo yang sama atau ganti?

Memutuskan untuk ganti atau tetap menggunakan satu sampo yang sama, tergantung dengan kondisi rambut Lo, bro. Rusak atau tidak.

Kalo pilihan sampo Lo sudah tepat dan efektif untuk menjaga kesehatan rambut, Lo nggak perlu ganti sampo.

Tapi, kalo Lo melihat adanya tanda-tanda masalah kerusakan pada rambut Lo, maka akan lebih baik Lo segera ganti sampo.

Kalo kerusakan rambut, seperti rambut kering, berubah warna, dan rontok tidak kunjung membaik, jangan ragu untuk periksa ke dokter. Kondisi tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah medis, seperti kekurangan vitamin atau mineral tertentu.

Sumber:
[1] https://hellosehat.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini