gentlemancode.id
Cara Mengatasi Ketombe dan Kulit Kepala Gatal untuk Pria

CARA MENGATASI KETOMBE DAN KULIT KEPALA GATAL UNTUK PRIA

Published on Thursday, 21 March 2019

Ketombe merupakan masalah untuk semua orang, baik itu pria atau wanita. Meskipun mengalami masalah ketombe yang sama, namun ternyata penyebab ketombe pada pria dan wanita itu berbeda, bro. Nah, memahami dengan baik apa penyebab ketombe bisa menjadi satu hal yang penting untuk menentukan bagaimana cara mengatasinya dengan benar.

Hal pertama yang harus Lo perhatikan adalah perbedaan kondisi kulit kepala. Kulit kepala pria itu cenderung lebih berminyak dibanding dengan wanita. Kulit kepala yang kering lebih rentan memicu produksi minyak lebih banyak. Nah bro, kadar berlebihan ini bisa membuat kondisi kulit kepala menjadi sangat lembap sehingga menjadi tempat yang subur untuk pertumbuhan jamur penyebab Malassezia. Apa itu Malassezia? Malassezia adalah sejenis jamur yang tidak berbahaya dan bisa berkembang bebas pada kulit kepala.

Hal lain yang wajib Lo ketahui adalah bahwa kondisi kulit kepala yang ada ketombenya menunjukan bahwa keadaan kulit kepala dalam keadaan yang tidak sehat. Kulit kepala sendiri memiliki sistem pertahanan yang bisa melindunginya dari berbagai macam masalah kesehatan, dan salah satunya adalah ketombe. Kalo ketombe sudah muncul pada area tersebut, hal ini merupakan tanda bahwa kesehatan kulit kepala sedang bermasalah. Cara mengatasi ketombe yang tepat diperlukan untuk memperbaiki kesehatan kulit kepala. Nah, dibawah ini adalah cara mengatasi ketombe dan gatal pada kulit kepala yang bisa Lo ikuti, bro. Simak penjelasannya dibawah ini ya!

1. Kembalikan Kesehatan kulit kepala

Mengembalikan kesehatan kulit kepala merupakan cara yang tepat untuk mengatasi masalah ketombe, bro. Hal ini penting, mengingat pertahanan alami kulit kepala merupakan salah satu cara untuk menjaga kulit kepala dari berbagai macam masalah, tidak terkecuali ketombe.

2. Memberikan Nutrisi pada Kulit Kepala

Kulit kepala tidak berbeda dengan bagian tubuh lainnya yang memerlukan nutrisi agar bisa tumbuh dengan sehat dan kuat. Mengkonsumsi buah dan sayur merupakan salah satu cara yang bisa Lo lakukan untuk mengatasi ketombe. Kedua bahan makanan ini memiliki serangkaian vitamin dan mineral yang berperan aktif dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut. 

3. Jaga asupan cairan agar tidak dehidrasi

Lo mungkin nggak bakalan nyangka, tapi ternyata dehidrasi bisa menjadi penyebab timbulnya ketombe. Jadi bro, dehidrasi memaksa jaringan minyak alami atau sebum di kulit kepala memproduksi minyak lebih banyak untuk menyeimbangkan kondisinya.  Keseimbangan yang terganggu ini yang kemudian nanti menjadi penyebab tumbuhnya jamur penyebab ketombe. Jadi, jangan sampe Lo kekurangan asupan cairan bro agar Lo bisa terhindar dari masalah ketombe.

4. Pilih Sampo Anti Ketombe yang Tepat

Cara mengatasi ketombe yang paling umum dilakukan adalah dengan menggunakan sampo anti ketombe. Nah, dalam memilih sampo anti ketombe ini Lo harus hati-hati. Kalo Lo salah pilih, maka itu bisa memperparah masalah ketombe Lo. Gunakan sampo anti ketombe terbaik yang sesuai dengan jenis kulit kepala Lo. Gunakan sampo anti ketombe yang memang di formulasikan khusus untuk pria. 

5. Ubah kebiasaan buruk ketika menata rambut

Nah, ini penting untuk diperhatikan karena hal ini sering terjadi. Kebiasaan dalam menata rambut dengancara yang salah akan menyebabkan munculnya ketombe. Misal, penggunaan produk penata rambut seperti gel, pomade, hair spray, dan krim yang dibiarkan menempel pada rambut hingga berhari-hari atau tidak tuntas dibersihkan. Kebiasaan ini bisa menyebabkan pertumbuhan ketombe karena tersumbatnya pori-pori. Pori-pori yang tersumbat ini bisa membuat kondisi kulit kepala menjadi gatal dan ketombean. Jadi, perhatikan baik-baik kebersihan kulit kepala dengan menggunakan produk penata rambut dengan bijak.

Nah, sekarang Lo udah tahu kan gimana caranya mengatasi ketombe dan kulit kepala yang gatal? Semoga bermanfaat, bro!

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini