gentlemancode.id
Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut

MANFAAT MINYAK KELAPA UNTUK RAMBUT

Published on Monday, 05 August 2019

Bro, Lo tahu nggak kalo minyak kelapa bisa Lo gunakan untuk mencegah rambut rontok? Ya, kandungan minyak kelapa ternyata baik untuk segala jenis rambut, mulai dari rambut normal sampe rambut yang rusak.

Lalu, apalagi sih manfaat minyak kelapa untuk rambut?

Selain berguna untuk kesehatan tubuh, minyak kelapa juga bisa memberikan nutrisi dan melembabkan kulit kepala dan rambut Lo, bro.

Ada satu jurnal pada tahun 2015 yang membahas tentang manfaat penggunaan minyak kelapa ini.

Di dalam penelitian tersebut, digunakan tikus sebagai hewan percobaannya. Nah, dari penelitian tersebut ditemukan bahwa minyak kelapa ternyata bisa menumbuhkan dan menebalkan rambut secara efektif.

Selain itu, hasil yang didapatkan dari minyak kelapa dinilai lebih efektif dibandingkan kondisioner rambut dan minyak mineral pada umumnya.

Nah bro, dibawah ini adalah beberapa manfaat minyak kelapa untuk rambut agar tetap indah dan tebal.

1. Melembapkan rambut dan kulit kepala

Sebuah penelitian menyatakan bahwa minyak kelapa mampu meresap hingga batang rambut. Resapan yang maksimal ini mampu “menambal” protein rambut yang hilang dan merawat rambut yang sebelumnya udah rusak.

Untuk itu, sebagian besar orang yang memiliki rambut kering dan rusak mendapatkan rambut yang terlihat lebih sehat setelah menggunakan minyak kelapa.

2. Membantu mengurangi rambut menjadi keriting

Pernah nggak bro Lo ngalamin dimana Lo pas di tempat yang jauh lebih lembap, rambut Lo jadi ikal dan terlihat berantakan?

Cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah minyak kelapa, bro. Nah, manfaat minyak kelapa untuk rambut lainnya adalah mencegah rambut menyerap air pada iklim yang lembap.

Hal ini bisa terjadi karena minyak kelapa menyerap hingga ke batang rambut sehingga membuat rambut terasa lebih lembut dan sehat.

Untuk itu, usahakan untuk mengaplikasikan minyak kelapa sebelum Lo datang menuju daerah dengan iklim yang lembap dan kering.

3. Mencegah kerusakan rambut akibat bahan kimia

India merupakan salah satu negara yang memanfaatkan minyak kelapa sebagai penangkal kerusakan rambut akibat polusi. Bahkan nih bro, ada penelitian yang mengatakan bahwa polusi udara bisa mengiritasi kulit kepala, menyebabkan gatal, rambut berketombe, hingga rambut rontok.

Untuk mengatasi kerusakan rambut yang disebabkan oleh polusi, minyak kelapa bisa Lo gunakan, bro. Kenapa?

Kandungan asam lemak yang dimiliki oleh minyak kelapa mengandung asam lemak yang sangat berpengaruh terhadap protein keratin yang ada pada rambut. Protein keratin ini sangat baik manfaatnya untuk kesehatan rambut. Ketika rambut Lo sering terkena panas, keratin rambut bisa terkikis dan membuat rambut Lo menjadi cepat rusak.

Seperti yang sudah sempat disebutkan diatas, minyak kelapa bisa menyerap hingga ke batang rambut sehingga minyak akan mengisi ruang yang dimasuki oleh debu, kotoran, dan bahan kimia pada rambut.

4. Membuat rambut lebih berkilau

Minyak kelapa mampu membuat rambut lebih berkilau dan terlihat lembut. Untuk itu, banyak orang yang memiliki rambut kering yang menjadikan minyak kelapa sebagai serum agar rambut terlihat sehat.

Selain itu, minyak kelapa juga bisa dijadikan sebagai alternatif serum rambut yang lebih baik dan menghindari penggunaan bahan kimia pada produk lainnya.

Cara memperoleh manfaat minyak kelapa untuk rambut

Setelah mengetahui apa saja keistimewaan yang ditawarkan minyak kelapa untuk rambut, sekarang intip cara penggunaannya agar memperoleh hasil yang lebih maksimal.

  • Tuangkan air hangat ke dalam mangkuk kecil.
  • Tuangkan 2 sendok teh minyak kelapa ke dalam gelas. Gunakan minyak kelapa murni, kalo ada sih gunakan minyak kelapa organik.
  • Letakkan gelas yang berisi minyak kelapa ke dalam mangkuk yang berisi air hangat. Diamkan selama beberapa menit sampe minyak kelapa meleleh.
  • Aplikasikan minyak kelapa ke seluruh rambut dan kulit kepala. Lo bisa menggunakannya ketika rambut dalam keadaan kering atau basah.
  • Usahakan untuk menyisir rambut agar minyak kelapa bisa tersebar secara merata. Kalo Lo memiliki tipe kulit kepala yang berminyak, Lo bisa mengoleskan minyak kelapa di bagian tengah kulit kepala saja.
  • Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan menggunakan sampo.

Manfaat minyak kelapa untuk rambut sangat berguna untuk rambut agar lebih sehat dan tebal. Kalo Lo ingin rambut yang terlihat lebih berkilau dan lebat, Lo bisa menggunakan minyak kelapa sebagai produk rutin perawatan rambut Lo.

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini