gentlemancode.id
Tanya Jawab Seputar Pomade (Bagian 1)

TANYA JAWAB SEPUTAR POMADE (BAGIAN 1)

Published on Thursday, 12 January 2017

Buat Lo yang penasaran dan pengen mulai nyoba pake pomade, mungkin masih diliputi banyak pertanyaan seputar minyak rambut yang satu ini. Karena memang, minyak rambut ini beda dengan penata rambut kebanyakan, jadi wajar aja kalo gak semua orang tahu mengenai  A sampai Z nya si pomade ini.

Untuk sedikit memberikan pencerahan buat Lo, dibawah ini adalah jawaban dari beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar pomade. Biar ga bingung lagi, yuk dibaca!

Q: Pomade itu susah dicuci ya?
A: Tergantung Bro, Lo pake pomade jenis apa? Secara umum pomade itu terbagi mejadi 2 jenis. Oil based pomade dan water based pomade. Nah, yang biasanya susah dicuci adalah jenis oil based pomade. Karena pomade dengan jenis ini menggunakan bahan dasar minyak atau wax yang mana akan sulit untuk dibersihkan dengan air atau shampoo sekalipun. Tapi, kalo Lo pake pomade dengan jenis water based pomade, Lo gak perlu khawatir karena pomade ini sangat mudah dibersihkan hanya dengan menggunakan air.

Q: Dimana sih kalo Gw mau beli pomade, kok di toko atau supermarket gak ada?
A: Untuk membeli pomade, Lo bisa membelinya melalui online shop. Lo bisa googling dengan keyword "Jual pomade online" atau "jual pomade bla bla bla (Sesuai nama pomade yang pengen Lo beli)".

Q: Pomade itu bisa bikin rambut rontok ya?
A: Bisa ya, bisa juga engga. Gini Bro, sebelum Lo memutuskan untuk memakai pomade, Lo harus mengerti beberapa hal berikut ini:

Pertama, Lo harus paham  mengenai kondisi rambut Lo. Kalo misalnya rambut Lo gampang rontok, maka sebaiknya Lo jangan menggunakan pomade karena itu hanya akan memperparah kerontokan Lo.

Pomade diciptakan agar bisa menata rambut sesuai dengan keinginan kita dan mempertahankan hasil tataan tersebut dalam waktu yang lama, maka untuk mencapai tujuan tersebut pomade akan memiliki beberapa karakter seperti : Lengket, kesat, keras, waxy, dan gak mudah luntur oleh terpaan cuaca. Karakter ini tentu akan sangat tidak cocok apabila diaplikasikan terhadap rambut yang mudah rontok, karena akan memperparah kerontokan yang Lo alami.

So, kalo rambut Lo emang gampang rontok maka jangan paksakan untuk memakai pomade kalo gak mau rambut Lo rusak.

Kedua,  Lo harus tau karakter pomade yang akan Lo pake. Apakah pomade itu keras, lengket, atau licin, semuanya harus Lo pahami terlebih dahulu agar Lo bisa memilih pomade yang sesuai dengan karakter rambut Lo. Pomade yang tidak sesuai hanya akan membuat rambut Lo rusak, jadi sebaiknya pelajari dulu sebelum membeli dan menggunakan pomade.

Ketiga, Lo harus tau cara memakai pomade yang benar, dari cara pengaplikasiannya, perataannya, cara nyisirnya, dan segala macamnya. Ini penting Bro, karena kalo Lo ngasal pakenya bisa-bisa Lo malah ngerusak rambut Lo.

Ke empat, Lo harus tau berapa banyak pomade yang akan Lo gunakan? 1 scoop, 2 scoop, atau bahkan 3 scoop? Tentunya ini dipengaruhi oleh tujuan Lo apa, kalo misalnya Lo pake pomade biar asal kebentuk doang maka Lo cukup pake 1 scoop pomade aja. Tapi, kalo Lo mau bikin pomp yang tinggi maka Lo butuh lebih banyak lagi pomade yang harus Lo pake. Jadi sesuaikan aja dengan kebutuhan Bro.

Kesimpulannya, pomade itu kalo Lo pake gak sesuai aturan dan berlebihan maka tentu akan berbahaya. Tapi kalo Lo pakenya sesuai aturan dan Lo udah ngerti segala macemnya maka pemakaian pomade gak akan berbahaya buat rambut Lo. Dan inget Bro, pake pomade juga jangan keseringan, apalagi kalo Lo suka pake oil based pomade. Usahakan dalam seminggu ada beberapa hari dimana rambut Lo bebas dari pomade, ini berfungsi agar rambut Lo gak terbebani dan tidak stress.

Q: Pomade bisa bikin ketombean?
A: Bisa. Kalo Lo Jorok dan males buat keramas. Usahakan untuk selalu mebersihkan rambut dengan shampoo setiap kali Lo udah beraktivitas dengan menggunakan pomade.  

Efek lengket yang diberikan oleh pomade akan membuat kotoran mudah menempel pada kulit kepala, maka dari itu buat Lo yang setiap hari pake pomade, khususnya oilbased pomade Lo harus rajin membersihkan kulit kepala dan rambut dengan shampoo sehingga kotoran-kotoran yang menempel pada rambut akan hilang. Intinya jangan males keramas, gak harus pake pomade removal ko, yang penting setiap Lo pake pomade, Lo harus keramas. Harus!

Q: Apakah pomade bisa menimbulkan jerawat?
A: Jerawat itu lebih banyak dipengaruhi oleh hormon dan gaya hidup yang kurang memperhatikan kebersihan, khususnya kebersihan kulit wajah. Buat Lo yang gampang jerawatan dan Lo pake pomade, Lo harus rajin mencuci muka dengan sabun muka jangan sampe engga. Bersihkan muka setiap kali Lo selesai beraktifitas, dan jangan lupa untuk selalu membawa saputangan untuk menyeka keringat yang turun ke muka, ini berguna agar kotoran dari rambut tidak tersebar ke muka.

Q: Gimana sih cara bersihin pomade dari rambut?
A: Kalo Lo pake pomade dengan tipe waterbased pomade  maka Lo cukup menggunakan air saja untuk membersihkan pomade yang ada pada rambut Lo. Kalo masih berasa ada sedikit residu, Lo bisa mencucinya dengan shampoo biasa. Namun, beda halnya dengan oil based pomade, pomade ini akan cukup sulit untuk dibersihkan.

Untuk membersihkan rambut dari pomade dengan jenis oil based , Lo bisa mencoba membersihkannya dengan memakai shampoo yang memang khusus untuk mebersihkan pomade yang sudah banyak di jual dipasaran dan itu biasanya harganya lumayan mahal. Atau, Lo juga bisa memakai shampoo biasa namun akan lebih memakan waktu yang lebih lama tapi lebih hemat. Yang penting kulit kepala bersih sih Bro, biar Lo ga ketombean dan gak gatal.

Q: Baiknya pake pomade itu pas rambut dalam keadaan bagaimana sih? Kering, lembab, atau basah?
A: Oke, untuk jawaban ini akan Gw bagi kedalam beberapa jenis dan  karakter pomade:

1. Oil based Pomade dengan karakter keras dan sangat waxy
Untuk karakter pomade seperti ini maka Gw akan menyarankan Lo untuk memakai pomade dalam keadaan rambut yang agak lembab.  Rambut yang agak lembab akan membantu untuk memberikan kemudahan ketika meratakan pomade yang keras dan juga waxy agar tersebar dengan baik. Kalo Lo pake pomade ini dalam keadaan rambut kering maka akan sangat sulit untuk meratakan pomade ini di rambut dan akan menyebabkan kerontokan yang cukup banyak.

2. Oil based Pomade dengan tekstur yang lembek dan mudah diratakan
Untuk karakter seperti ini, Lo sebaiknya memakai pomade pada saat rambut dalam keadaan kering. Karena kalo rambut Lo basah atau lembab biasanya akan terjadi flaking pada rambut sehingga kurang enak untuk dilihat.

3. Water based pomade
Kalo Lo pake pomade dengan tipe water based, baik itu orthodox ataupun unorthodox pomade, maka sebaiknya Lo memakai pomade ketika rambut dalam keadaan kering. Karena kalo Lo memakainya dalam keadaan rambut basah, itu akan membuat performa dari pomade yang Lo pake akan berkurang.

Q: Flaking itu apaan sih?
A: Flaking adalah keadaan dimana terdapat gumpalan gumpalan berwarna putih akibat kurang sempurnanya proses perataan ketika mengaplikasikan pomade kepada rambut.

Nah Bro, itu tadi beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan seputar pomade. Masih banyak sih, makannya Gw akan membagi artikel ini kedalam beberapa bagian. So, untuk sekarang sampe sini dulu ya Bro.

Bersambung…

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini