gentlemancode.id
Cegah Bau Mulut Saat Puasa? Begini Caranya!

CEGAH BAU MULUT SAAT PUASA? BEGINI CARANYA!

Published on Sunday, 28 May 2017

Bau mulut merupakan salah satu masalah yang kadang terjadi ketika kita menjalankan ibadah puasa. Agar kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan baik sekaligus terbebas dari bau mulut, Gw punya tipsnya nih Bro. Langsung aja dibaca ya!

Sebelum lebih lanjut kita membahas solusinya, ada baiknya kita memahami dulu apa faktor-faktor penyebab terjadinya bau mulut.

1. Didalam mulut kita terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang ternyata itu bisa menyebabkan bau mulut.
2. Ketika tidak berpuasa, mulut akan memproduksi saliva, ketika berpuasa maka produksi saliva akan berkurang, sehingga bakteri akan berkembang biak dengan cepat, dan muncul lah bau tidak sedap pada mulut.
3. Ada juga penyebab bau mulut lainnya yang bisa terjadi karena faktor dari dalam tubuh, seperti yang dialami oleh para pengidap diabetes atau maag.

Setelah kita tau penyebabnya, kini saatnya kita mengetahui tips untuk mengatasinya

1. Minumlah air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, ini bisa membantu kita untuk mencegah bau mulut pada siang hari. Kenapa? karena air putih mampu meningkatkan produksi saliva (air liur), sehingga mulut akan terjaga kebersihannya.
2. Gosok lah gigi dengan sempurna dan jangan lupa untuk menggosok bagian lidah,  ini dapat mengurangi bau mulut ketika kita puasa. Hal ini bertujuan agar mulut bersih dari partikel makanan yang membusuk sehingga menyebabkan bau tidak  sedap.
3. Minumlah teh hijau tanpa gula saat sahur dan berbuka karena itu bisa mencegah bau mulut. Teh hijau memiliki kandungan zat polyphenol yang akan berguna untuk membersihkan mulut dan pernapasan dari bakteri, meminum teh hijau juga sangat baik untuk kalian yang merokok karena akan membantu mengurangi peradangan pada rongga dan mengurangi gangguan pernafasan.
4. Meskipun enak, usahakan untuk menghindari makanan yang memiliki bau yang tajam seperti petai, jengkol atau durian.
5. Kurangi merokok atau malah berhenti merokok saat sahur dan berbuka. Berhenti merokok berkonstribusi besar kepada pengurangan bau mulut ketika siang hari pada bulan puasa.
6. Hindari mengkonsumsi makanan yang lengket seperti cokelat, es krim, biskuit, dan kue basah lainnya. Makanan lengket ini akan sulit untuk dibersihkan, dan akan menempel pada gigi dalam waktu yang cukup lama  sehingga pada akhirnya akan menyebabkan bau tidak sedap pada mulut.
7. Bila perlu, gunakanlah obat kumur (mouthwash) agar mulut lebih bersih dan segar.
8. Gunakanlah benang gigi (dental Floss) untuk membersihkan sela-sela gigi dari kotoran yang menyebabkan bau mulut.
9. Lakukanlah olahraga ringan secara teratur ketika menjelang atau sesudah berbuka puasa. Olahraga dapat melepaskan zat-zat beracun yang ada pada tubuh termasuk penyebab bau mulut.
10. Hindari tidur yang terlalu lama  karena hal ini akan memicu bau mulut.
11. Jika sudah melakukan cara-cara diatas bau mulut belum juga berkurang. Ada baiknya untuk mengkonsultasikan masalah ini ke dokter karena bau mulut juga bisa terjadi karena faktor lain dari dalam tubuh seperti maag, gangguan pernapasan, diabetes atau penyakit dalam lainnya.

Nah, gak susah kan Bro? Yuk jalani puasa dengan mulut yang bebas bau. Chakep!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini