gentlemancode.id
Hati-hati Boros Saat Puasa

HATI-HATI BOROS SAAT PUASA

Published on Tuesday, 30 May 2017

Pada bulan puasa, kita umat muslim diwajibkan untuk tidak makan dan minum dari waktu terbit fajar sampe terbenam matahari. Artinya kita hanya makan dan minum pada dua waktu saja. Pada saat sahur dan berbuka.

Logikanya, ketika kegiatan makan dan minum kita dibatasi harusnya itu bisa membuat pengeluaran kita menjadi berkurang. Tapi, kenyataannya kadang sebaliknya. Malah makin gede. Pernah ngalamin?

Gak cuman Lo doang ko, Bro. Faktanya banyak yang mengalami bahwa pengeluaran saat puasa justru semakin besar.

Nah, supaya pengeluaran Lo gak terlalu besar saat puasa, ada baiknya Lo perhatikan beberapa hal berikut ini biar Lo bisa rem pengeluaran Lo.

1. Banyaknya Jadwal Buka Puasa Bersama

Ini nih yang paling sering kita lakukan yang menyebabkan kita menjadi sangat boros di bulan puasa. Buka bersama seolah menjadi agenda wajib ketika bulan puasa.

Mulai dari teman ketika dikampung, TK, SD, SMP, SMA, Kuliah, teman kantor sebelumnya, sampai dengan sahabat. Biasanya, semua acara buka bersama itu selalu diadakan di sebuah restoran atau rumah makan yang tentu saja menguras isi dompet. Gimana engga, buat minum aja bisa habis 30 sampe 50.000. Mahal kan?

Biar gak terlalu boros, lebih baik Lo pilih aja acara buka bersama yang mana yang akan Lo ikutin. Jangan semua, prioritaskan satu atau dua saja.

Jangan ragu untuk memberikan masukan mengenai tempat makan yang lebih terjangkau, agar pengeluaran tidak terlalu besar. Lagian, tujuan utama buka bersama kan menjalin silaturahmi, bener gak?

2. Terlalu Banyak Jajan Ini Itu

Biasanya ini terjadi ketika kita selesai berbuka, tanpa sadar kita banyak membeli jajanan karena biasanya pada bulan puasa banyak banget pedagang yang menjual aneka jajanan. Apalagi kalo kita udah laper mata, biasanya segala dibeli padahal belum tentu kemakan semua. Akhirnya pengeluaran pun menjadi lebih besar.

3. Tergiur Diskon

Bulan puasa biasanya memang bulan yang penuh dengan promo dan diskon. Berbagai promo dan diskon yang terlihat seolah murah tentu saja akan menarik untuk kita. Akhirnya kita pun membeli barang-barang diskon tersebut meskipun sebetulnya gak butuh-butuh amat. Dan tanpa sadar, pengeluaran pun menjadi lebi besar dari biasanya.

4. Mengandalkan Uang Bonus Dan THR

Lo semua pasti udah tau kalo setiap bulan puasa menjelang hari raya kita akan mendapatkan gaji ke 13 atau sering disebut THR. Jumlahnya lumayan, minimal satu kali gaji. Karena merasa akan mendapatkan uang THR, kita lantas menjadi jor-joran dalam pengeluaran kita dan akhirnya jumlah pengeluaran kita pun menjadi lebih banyak.

Ini adalah pola pikir yang salah, karena terlalu mengandalkan uang THR. Sehingga akhirnya menjerumuskan kita kepada pengeluaran yang terlalu banyak dan cenderung boros.

Itu tadi 4 penyebab yang menyebabkan pengeluaran kita menjadi lebih banyak ketika bulan puasa. Mulai sekarang, mulailah untuk mengatur semua pengeluaran dengan baik dengan cara menerapkan gaya hidup hemat.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini