gentlemancode.id
Hindari Makanan Dan Minuman Ini Saat Sahur

HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN INI SAAT SAHUR

Published on Friday, 02 June 2017

Ketika bulan puasa, bisa dibilang sahur adalah pengganti sarapan. Makan sahur berperan dalam memberikan energi kepada tubuh untuk beraktivitas sampe waktu berbuka puasa.

Sangat penting untuk memilih menu makanan yang tepat untuk sahur, selain akan membuat tubuh menjadi lebih berenergi, makanan yang tepat akan membuat kita terhindar dari rasa lemas berlebihan, bau mulut, dan sering mengantuk.

Nah, agar puasa kita lancar hindari lah makanan dan minuman berikut ini ketika sahur:

1. Hindari makanan seperti kue kering, donat, gandum putih, selai, biskuit, susu, atau coklat karena makanan tersebut hanya akan bertahan tiga hingga empat jam saja sehingga kita akan cepat lapar.
2. Hindari juga mengkonsumsi makanan asin karena dapat mengakibatkan kita akan mudah merasa haus.
3. Meskipun sangat mudah untuk disajikan, mi instan tidak disarankan untuk dimakan saat sahur. Pada dasarnya, mi instan itu bahan dasarnya adalah tepung. Jadi sangat mudah untuk dicerna sehingga akan membuat kita cepat lapar kembali.
4. Minuman berkafein seperti teh dan kopi juga sebaiknya tidak dikonsumsi karena akan menyebabkan mudah haus setelahnya. Sebaiknya minum lah air mineral atau air kelapa.
5. Sebaiknya hindari makan pedas karena dapat menyebabkan rasa haus terus menerus. Selain itu, makanan pedas dapat memicu meningkatnya asam lambung.
6. Hindari makanan berlemak tinggi. Konsumsi makanan berlemak tinggi saat sahur akan memperparah gejala sembelit dan menimbulkan diare.

Makanan yang aman dikonsumsi saat sahur antara lain adalah buah-buahan dan sayur yang kaya akan serat, kita bisa memilih jus buah sebagai pengganti minuman berkafein, selain itu kita bisa memilih makanan kaya protein seperti telur agar memuat tubuh kenyang lebih lama.

Untuk lemak, pilih lah lemak sehat yang bisa kita dapat dari minyak zaitun, alpukat, kelapa, kenari, almon, chia seeds, flax seeds, mentega, atau salmon.

Saat sahur pilihlah karbohidrat kompleks seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran hijau. sebagai variasi, Lo bisa mencoba oatmeal dengan santan, kacang-kacangan, atau kelapa parut segar untuk menu sahur.

Agar tubuh tetap terhidrasi sepanjang hari, Lo bisa meminum air lemon, teh herbal atau air kelapa yang memiliki kandungan elektrolit yang tinggi. Selain itu, Lo bisa juga mengkonsumsi sayuran dengan kadar air tinggi seperti mentimun atau tomat.

Rasa lapar mungkin akan kita rasakan saat puasa, tetapi bila kita mengonsumsi cukup protein saat sahur, seengganya kita akan merasa kenyang lebih lama.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini