gentlemancode.id
Kenali Bahaya Tidur Setelah Sahur

KENALI BAHAYA TIDUR SETELAH SAHUR

Published on Sunday, 28 May 2017

Biasanya, banyak orang yang tidur lagi setelah sahur. Disamping karena masih ngantuk, tidur setelah makan emang biasanya enak banget Bro. Karena nikmatnya tidur itu ya jam-jam segitu biasanya. Tapi, meskipun begitu jangan dilakuin ya Bro, karena itu sangat berbahaya. Apa aja, yuk kita simak sama-sama!

1. Terjadi Gangguan Pencernaan

Tidur setelah melakukan santap sahur berpotensi meningkatkan refluks. Apa sih refluks? Refluks adalah kondisi dimana makanan belum dicerna secara maksimal oleh tubuh. Makanan tersebut bisa berbalik dari lambung ke kerongkongan karena pengaruh gaya grativasi. Jika terjadi refluks, asam lambung akan naik dan akhirnya melukai kerongkongan. Selanjutnya, kerongkongan kita akan terasa panas dan mulut pun terasa pahit.

2. Sakit Kepala

Mungkin diantara kalian pernah ada yang mengalami kepala terasa pusing setelah kalian bangun tidur setelah santap sahur. Hal ini disebabkan serebrospional bergerak menuju otak yang disebabkan oleh efek langsung tidur setelah mengonsumsi makanan ketika sahur.

3. Terkena Serangan Jantung

Ini serem nih Bro, untuk para penderita kolesterol, lemak dalam darah akan menumpuk sehingga aliran oksigen akan tersumbat dan berpotensi untuk terkena serangan jantung. Inget, ini bukan cuman buat orang tua aja, kita yang muda juga harus hati-hati ya!

4. Diare Dan Sembelit

Proses pencernaan yang terjadi pada lambung membutuhkan waktu sekitar dua jam setelah kita makan. Jika kita tidur sesudah sahur, maka proses yang seharusnya berjalan dengan normal akan terhambat. Apalagi kalo kita dalam kondisi berbaring. Hal ini akan menimbulkan ganggguan pencernaan seperti diare dan sembelit.

5. Semakin Gemuk

Makanan akan menjadi tumpukan lemak apabila kita langsung tidur setelah makan sahur. Apalagi jika kita mengkonsumsi makanan berat, sari makanan yang tadinya akan diubah menjadi energi akan menjadi tidak efektif.

6. Stroke

Ini juga serem nih, Bro. Orang yang memiliki jeda singkat antara makan dan tidur memiliki potensi terkena stroke yang lebih besar. Berdasarkan penelitian, orang yang memiliki jeda yang lebih lama antara makan dan tidur memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena stroke.

Duh, ternyata serem ya Bro. Gimana, masih mau langsung tidur setelah sahur? Daripada tidur lagi, mendingan waktunya diisi dengan ibadah Bro, bisa ngaji, dzikir, atau dengerin ceramah. Selamat menjalankan puasa, Brothers!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini