gentlemancode.id
Maksimalkan Puasa Dengan 6 Cara Ini Biar Lebih Berkah

MAKSIMALKAN PUASA DENGAN 6 CARA INI BIAR LEBIH BERKAH

Published on Thursday, 08 June 2017

Puasa, bukan hanya persoalan menahan lapar dan haus saja. Lebih dari itu, puasa adalah momen untuk kita untuk lebih menjaga diri dari hal-hal yang dilarang oleh agama. Pada bulan puasa, Tuhan lagi obral pahala. Sayang rasanya kalo dilewatkan begitu aja. Untuk itu, kuatkan niat untuk memaksimalkan ibadah yang bisa kita lakukan pada bulan ini karena bulan puasa berbeda dengan bulan-bulan lainnya.

Nah Bro, sekecil apapun banyak usaha yang bisa kita lakukan untuk membuat ibadah puasa kita menjadi lebih bermakna.  Contohnya seperti ini:

1. Datang Lebih Pagi Untuk Melakukan Sholat Dhuha

Datanglah lebih pagi menuju tempat bekerja. Selain menghindarkan diri dari keterlambatan, dengan datang lebih pagi kita bisa melakukan ibadah sholat Dhuha terlebih dahulu sebelum memulai rutinitas dalam pekerjaan. Dengan memulai hari dengan sholat Dhuha, pasti Lo akan merasakan perbedaan yang lebih baik dari biasanya. Lo akan lebih tenang, dan Lo juga akan segar lagi setelah terkena asap kendaraan di jalan karena terkena air wudhu yang dingin menyegarkan.

2. Sholat Tepat Pada Waktunya

Ketika hari biasa, biasanya kita ada kegiatan makan siang yang bertepatan dengan waktu sholat Dzuhur sehingga kadang kita menunda sholat untuk makan siang terlebih dahulu. Karena sekarang puasa, Lo bisa tuh sholat Dzuhur tepat pada waktunya karena sekarang kan gak ada makan siang. Pun begitu dengan waktu-waktu sholat lainnya, usahakan untuk sholat tepat pada waktunya biar nanti di bulan lainnya kita bisa sholat tepat waktu juga.

3. Hindari Tontonan Atau Bacaan Yang Dapat Menggangu Pikiran

Ngerti kan Bro maksudnya? Secara aturan memang gak batal. Tapi itu akan mengurangi nilai puasa Lo dan tentunya pahala yang Lo dapet juga gak maksimal. Inti dari puasa itu kan menahan hawa nafsu bukan hanya gak minum dan gak makan.

4. Jangan Sembarangan Posting Di Sosial Media

Gak cuman mulut yang harus puasa, jempol Lo juga harus puasa dari hal-hal yang gak penting dan merugikan. Hindari menyebarkan berita yang belum tentu kebenarannya, hindari komentar yang akan menyinggung perasaan seseorang, hindari juga memposting hal yang akan menyulut kebencian. Membatasi diri dari sosial media akan membuat ibadah puasa kita lebih bermakna dan akan membuat kita menjadi lebih bahagia.

5. Jangan Ngomongin Orang

Kadang secara gak sadar kita suka ngomongin orang nih, Bro. Meskipun terlihat sepele, ini bisa ngerusak nilai pahala dari ibadah puasa Lo, Bro. Coba deh sekarang lebih hati-hati dalam berbicara. Jangan sampe nih, tanpa sadar kita mengeluh tentang seseorang dan membicarakannya dengan orang lain. Ini namanya ghibah, Bro! Dosa.

6. Maksimalkan Waktu Bekerja Dengan Bekerja Sebaik-baiknya

Bekerja merupakan ibadah.  Dan yang namanya ibadah udah pasti akan mendapatkan pahala. Dan pada bulan puasa, pahalanya berlipat ganda. Untuk itu, maksimalkan waktu bekerja dengan sebaik-baiknya. Kerjakanlah semua tugas dengan baik dan penuh tanggung jawab karena pekerjaan kita adalah sebuah amanah. Dan sebagai orang yang bertanggung jawab, kita harus melaksanakan amanah dengan sebaik-baiknya.

Keberkahan bulan puasa akan sia-sia kalo kita tidak memanfaatkannya. Maksimalkan ibadah kita dengan melakukan ibadah-ibadah yang kita bisa. Selamat berpuasa, Bro!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini