gentlemancode.id
Maksimalkan THR-mu!

MAKSIMALKAN THR-MU!

Published on Monday, 12 June 2017

Bulan Ramadhan memang merupakan bulan penuh berkah untuk kita. Segala keberkahan akan kita dapatkan pada bulan yang suci ini. Keberkahan yang kita dapatkan macem-macem bentuknya. Salah satunya adalah adanya uang THR. Ya Bro, sudah menjadi tradisi di Indonesia kalo menjelang hari raya setiap karyawan akan mendapat Tunjangan Hari Raya (THR), sehingga pekerja bisa mendapatkan uang tambahan yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti memanjakan keluarga dengan pakaian baru, perlengkapan alat Sholat, hidangan lezat di Hari Raya atau sekedar melepas penat bersama keluarga.

Tunjangan Hari Raya Keagamaan atau biasa disebut THR adalah hak pendapatan pekerja yang wajib dibayarkan oleh Pengusaha kepada pekerja menjelang Hari Raya Keagamaan yang berupa uang, Bro. Hari Raya Keagamaan disini adalah Hari Raya Idul Fitri bagi pekerja yang beragama Islam, Hari Raya Natal bagi pekerja yang beragama Kristen Katholik dan Protestan, Hari Raya Nyepi bagi pekerja bergama Hindu dan Hari Raya Waisak bagi pekerja yang beragama Buddha.

THR juga ada peraturannya Bro, yaitu Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Buruh/Pekerja di Perusahaan dimana peraturan ini menggantikan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No.PER.04/MEN/1994.

Menurut peraturan tersebut, THR harus diberikan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya (H-7) agar memberi keleluasaan bagi pekerja menikmatinya bersama keluarga. Tapi Bro, setelah dapat THR, hati-hati jadi kalap pengen belanja ini itu! Inget, banyak hal lain yang lebih positif yang bisa Lo lakukan seperti beramal misalnya.

Nah, Biar THR Lo gak habis buat foya-foya doang, berikut ini adalah mandatory things yang harus Lo lakukan ketika Lo mendapat THR, biar THR Lo bisa berguna untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

1. Zakat Fitrah

Ingat Bro, buat kita umat muslim yang mampu, Zakat fitrah itu wajib hukumnya dan wajib dibayarkan sebelum hari Ramadhan berakhir, baik itu laki-laki atau perempuan, dewasa dan anak-anak. Tujuannya adalah untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan untuk membantu fakir miskin yang kesulitan. Sekarang ini udah banyak banget badan amil zakat resmi yang bisa membantu Lo menyalurkan pembayaran zakat Lo, jadi jangan lupa ya.

2. Banyakin Beramal

Amal disini bukan berarti Lo harus kumpulin uang sebanyak-banyak buat disumbangin ke Panti Asuhan aja kok Bro, ada cukup banyak cara yang bisa dilakukan untuk Lo beramal. Contohnya, Lo bisa melakukan bakti sosial yang caranya juga tentu beragam, bisa se-simple Lo beli makanan kotak atau takjil untuk dibagikan kepada para pengemis di jalanan juga udah bagus banget, Bro. Pokoknya semampu Lo aja, karena yang penting itu niat dan keikhlasan.

3. Kasih THR Untuk Orang Tua

Yang satu ini sih jangan sampe kelupaan Bro, ingat bahwa sebelum membantu orang lain, Lo harus membantu keluarga terdekat Lo dulu. Itu kata Nabi Muhammad SAW, Bro. Berapapun jumlahnya, orang tua dan keluarga Lo pasti seneng banget k okkalo Lo inget sama mereka.

4. Jangan Lupa, Berikan THR Juga Untuk Si Mbak Di Rumah

Lo punya mbak ART, supir, tukang kebun, atau pekerja apapun yang membantu di rumah Lo? Jangan lupakan mereka ya Bro, mereka juga pekerja yang wajib Lo kasi THR. Konsultasi sama orang tua Lo kalo Lo mau ikut nyumbang kasih THR ke mereka. Lo juga bisa memberikan baju baru atau sepatu baru untuk anak-anak mereka loh Bro. Jadi, Lo bisa menambah keceriaan mereka pada hari raya nanti.

5. Nyumbang Ke Panti Asuhan

Nah untuk hal ini, Lo bisa ajak keluarga atau teman-teman Lo untuk mengadakan acara buka bareng sambil bakti sosial ke Panti Asuhan Bro. Lo bisa melakukan hal ini sembari silaturahmi, beramal, dan juga sekalian reunian.

Nah, kira-kira 5 hal tadi adalah hal yang bisa Lo lakukan diantara sekian banyak hal baik lain yang bisa Lo lakukan untuk memaksimalkan amal di bulan penuh berkah ini dan juga memaksimalkan fungsi THR Lo. Intinya, THR itu sifatnya adalah rejeki tambahan yang sebaiknya Lo gunakan bukan hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk orang lain yang membutuhkan. Karena amal sekecil apapun, akan dilipat gandakan balasannya oleh Allah SWT. Asyik kan Bro? Jangan lupa share artikel ini sebanyak-banyaknya ya, karena menyebarkan kebaikan adalah juga salah satu bentuk amal  Bro :)

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini