gentlemancode.id
Puasa itu menyehatkan, Bro!

PUASA ITU MENYEHATKAN, BRO!

Published on Friday, 02 June 2017

Pastinya sebagian besar dari kalian disini udah paham dong, puasa adalah salah satu ibadah yang dijalani oleh sebagian masyarakat untuk memenuhi kewajiban agamanya. Bagi umat Islam yang sehat dan mampu menjalankannya serta sudah dewasa, puasa merupakan sebuah ibadah yang wajib dijalani tiap hari selama bulan Ramadhan. Tapi, jika tidak dilakukan dengan sehat, puasa dapat melemahkan tubuh dan membahayakan kesehatan juga loh, Bro. Sebaliknya, puasa yang dijalankan dengan baik dan sehat dapat bermanfaat untuk fisik dan juga psikis. Apa aja sih manfaatnya? Yuk dibaca, Bro!

Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lamanya berpuasa. Faktanya, tubuh kita memerlukan waktu delapan jam untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Artinya, tubuh mampu berpuasa jika diberi asupan terlebih dahulu. Maka dari itu, penting untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi pada saat sahur sebelum menjalani puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari.

Pada kondisi normal, sumber energi utama dalam tubuh adalah gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, simpanan gula ini digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Setelah gula terpakai, lemak menjadi sumber energi berikutnya dan ini dapat mengurangi berat badan.

Jika sumber-sumber energi tersebut masih belum cukup, tubuh akan membakar protein otot untuk menghasilkan energi. Fase terakhir merupakan fase kelaperan (waduh Bro), dan ini sangat tidak sehat. Namun, ini hanya terjadi jika Lo berpuasa selama berhari-hari tanpa berbuka. Oleh karena itu, selama berpuasa Ramadhan, penting untuk kita untuk segera berbuka puasa dan mengonsumsi makanan sehat.

Manfaat Puasa

Secara psikis, puasa dapat menanggulangi stres dan depresi bagi sebagian orang karena mereka belajar untuk mengendalikan diri sendiri. Pastinya kita paham dong kalo ini susah banget. Selain itu, setelah beberapa hari berpuasa, tubuh akan mengalami peningkatan endorfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental. Adapun ragam manfaat puasa lainnya untuk kesehatan bisa kita simak dibawah ini ya.

1. Membantu memperbaiki kondisi medis

Berpuasa, kalo diiringi dengan pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya, dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit loh Bro.

2. Menyehatkan jantung.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan mereka yang tidak menjalani puasa.

Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa berpuasa dapat mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih menyeluruh Bro. Kita mesti inget bahwa untuk menjaga kesehatan jantung, faktor-faktor lain, seperti pola makan dan olahraga teratur, memiliki peranan yang besar.

3. Mengurangi risiko kanker

Selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang seiring faktor pertumbuhan yang menurun akibat terbatasnya asupan. Penelitian yang dilakukan terhadap tikus membuktikan bahwa hal ini mampu mengurangi risiko kanker. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah kondisi tersebut berlaku pada manusia juga.

4. Menjaga berat badan

Penting nih! Jadi gini Bro, pembakaran lemak menjadi energi dapat membantu mengurangi berat badan dan tingkat kolesterol. Turunnya berat badan akan berdampak baik untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.

Di sisi lain, berat badan memang akan turun kalo Lo seharian tidak makan dan tidak mendapat asupan kalori seperti biasanya, namun bisa naik kembali pada saat Lo sedang atau sudah tidak berpuasa. Hal ini karena ketika berpuasa, Lo kehilangan cairan, bukan berat badan substansial. Terlebih lagi ketika berbuka puasa, Lo cenderung melampiaskan nafsu makan.

Oleh karena itu, penting untuk tetap mengendalikan makan pada saat Lo sedang tidak berpuasa. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung cukup energi, seperti serat, protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang seimbang. Pola makan yang sehat dan seimbang, serta asupan cairan yang cukup dapat membantu menjaga berat badan kita juga, Bro.

Wuih, kalo tau manfaatnya sebanyak itu, rasanya makin semangat deh untuk menjalankan puasa! Tapi bagi umat muslim, pastinya tau dong kalo berpuasa itu gak di bulan Ramadhan aja, masih ada ibadah puasa yang lain Bro. Pun bagi umat nasrani, atau siapapun, berpuasa itu intinya memang menyehatkan dan boleh dilakukan siapa saja asal dengan mengetahui dengan baik kondisi diri kita sendiri dan tidak memaksakan ya Bro. Selamat menjalankan ibadah puasa ya, Bro!

Referensi:
[1] http://www.alodokter.com/manfaat-puasa-bagi-kesehatan

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini