gentlemancode.id
Tips Untuk Tetap Energik Saat Puasa

TIPS UNTUK TETAP ENERGIK SAAT PUASA

Published on Friday, 09 June 2017

Meskipun puasa, bukan berarti kita harus duduk lemas tak berdaya. Puasa itu harus kita jalankan dengan gembira, penuh semangat, dan tetep berkarya seperti biasa. Meskipun waktu makan dan minum kita tunda, kita masih bisa kok beraktivitas seperti biasanya. Karena puasa itu bukan halangan untuk kita bekerja.

Nah Bro, biar Lo bisa beraktivitas seperti biasa, kita punya tipsnya nih biar Lo tetap energik selama puasa. Simak ya!

1. Penuhi Asupan Cairan

Kalo Lo pengen tetap berenergi sepanjang hari, maka Lo harus memenuhi kebutuhan cairan Lo dengan asupan cairan yang cukup. Pada waktu berbuka atau sahur, minumlah air mineral. Selain itu, Lo juga bisa mengkonsumsi buah yang mengandung banyak cairan seperti semangka atau melon.

2. Konsumsi Makanan Yang Mengandung Protein Dan Serat

Protein adalah zat yang sangat penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu peran protein adalah membantu pertumbuhan otot. Konsumsilah protein dari makanan sepeti daging, ikan, dan telur. Selain itu, konsumsi juga makanan berserat tinggi yang bisa Lo dapat dari sayur-sayuran. Sayuran akan membantu kita supaya tidak cepat dehidrasi pada siang harinya.

3. Berbuka Dengan Kurma

Kurma adalah makanan yang baik untuk kita berbuka. Kurma merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh kita karena dipenuhi oleh potassium, fiber, dan vitamin. Kurma mudah dicerna sehingga tidak akan membuat perut yang kosong bekerja keras untuk mencerna. Ambilah kurma untuk berbuka 1 atau 3 buah saja, karena terlalu banyak pun tentu gak akan baik untuk kita.

4. Banyak Bergerak

Lakukanlah olahraga ringan untuk menjaga tubuh tetap bugar. Lo bisa melakukan olahraga ringan 15 menit sebelum berbuka agar nanti ketika selesai Lo bisa langsung berbuka puasa. Meskipun puasa, kita tetap harus membuat tubuh kita tetap aktif bergerak agar tubuh kita tetap terjaga kesehatannya.

5. Sempatkan Tidur Siang Walaupun Sebentar

Tidur siang memiliki fungsi untuk me-restore energi yang sudah berkurang. Disarankan untuk melakukan tidur siang minimal setengah jam. Kalo memang ada waktu, gak ada salahnya untuk istirahat sejenak untuk memulihkan energi. Untuk mengetahui manfaat tidur siang lainnya, Lo bisa baca pada artikel ini : 8 Manfaat Tidur Siang.

6. Cukup Istirahat

Kurang istirahat akan menyebabkan tubuh kita menjadi mudah lelah. Untuk itu, penting untuk kita untuk mendapatkan jatah istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidak bergadang pada malam hari apabila memang tidak ada yang penting untuk dikerjakan. Istirahat yang cukup akan membuat tubuh kita lebih segar pada keesokan harinya. Dan dengan istirahat yang cukup, kita tentu tidak akan terlambat untuk makan sahur.

Agar tubuh tetap berenergi selama menjalankan ibadah puasa, kita coba tips tadi yuk, Bro!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini