gentlemancode.id
Traveling saat puasa? Bisa Ko Bro!

TRAVELING SAAT PUASA? BISA KO BRO!

Published on Thursday, 01 June 2017

Pengen liburan tapi takut puasa batal? Tenang aja Bro, bisa ko. Sekalipun kita puasa, kita tetap bisa liburan dan tetap berpuasa tanpa hambatan. Meskipun puasa, tetap bisa liburan ko, Bro. Bisa jalan-jalan dan tetap ibadah seperti biasanya. Keren kan? Yuk simak tipsnya!

1. Rencanakan Dengan Baik

Apapun kegiatannya, kita perlu untuk membuat rencana, tidak terkecuali liburan. Meskipun acara senang-senang, kita tetap harus punya perencanaan yang baik dan juga matang. Tentukan destinasi wisata mana aja yang akan Lo kunjungi. Lo juga harus mencari tahu mengenai tempat yang ingin Lo kunjungi itu secara detail jangan setengah-setangah.  Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai destinasi wisata yang akan Lo kunjungi seperti tempat makan halal, atau informasi mengenai tempat ibadah terdekat di sekitar lokasi sehingga Lo masih bisa senang-senang tanpa melupakan kewajiban ibadah.

2. Cari Informasi Mengenai Waktu Sholat Dan Berbuka

Setiap wilayah pasti memiliki zona waktu masing-masing. Sebelum memulai traveling, sebaiknya Lo cari info dulu mengenai waktu sholat dan waktu berbuka di tempat liburan Lo melalu internet. Dengan begitu, nanti Lo bisa mempersiapkan diri untuk menyesuaikan dengan zona waktu disana.

3. Destinasi Traveling Ramah Muslim Bisa Jadi Pilihan

Biasanya, di tempat wisata yang ramah muslim, banyak restoran yang tutup ketika siang hari, jadi Lo gak akan tergoda oleh makanan dan minuman yang menggoda selera. Tapi ketika jam buka puasa atau sahur, pasti banyak rumah makan yang buka. Lo tentu akan lebih mudah mencari makanan dan minuman untuk buka puasa dan sahur. Selain itu, sarana ibadah pun pasti lebih banyak sehingga akan memudahkan Lo untuk menjalankan kewajiban Lo untuk beribadah.

4. Tidak Melakukan Aktivitas Berlebihan

Ketika puasa, energi yang kita punya tentu berbeda dengan ketika kita tidak berpuasa. Jadi, hindari aktivitas seperti naik gunung, trekking, atau arung jeram. Pilihlah aktivitas traveling yang ringan dan santai, seperti pergi ke pantai atau mengunjungi tempat-tempat bersejarah.

5. Batasi Tempat Wisata Yang Akan Dikunjungi

Agar kita tidak terlalu lelah, maka kita harus membatasi jumlah tempat wisata yang akan kita kunjungi. Kalau biasanya Lo bisa mengunjungi 5 atau 6 tempat wisata sekaligus, ketika puasa sebaiknya batasi hanya 2 tempat saja. Tujuannya adalah tidak lain agar kita tidak terlalu lelah sehingga menggangu kelancaran puasa kita.

6. Jangan Membawa Barang Terlalu Banyak

Usahakan untuk membawa barang seperlunya saja. Pilihlah barang yang memang kita perlukan. Ini penting untuk kita lakukan agar barang bawaan kita tidak terlalu berat dan gampang untuk kita bawa. Sebagai tips, kalo Lo akan pergi dalam beberapa hari, pilihlah baju yang nyaman, ringan dan bila dipakai dapat menyerap keringat. Gak usah bawa yang berat-berat karena Lo akan kewalahan dan gak bisa menikmati liburan dengan santai.

7. Jangan Lupa Membawa Kebutuhan Pribadi

Jangan lupa untuk menyiapkan kebutuhan pribadi yang memang sangat Lo butuhkan seperti peralatan mandi, obat-obatan atau suplemen. Jangan lupa juga untuk membawa perlengkapan shalat dan Al Qur’an. Meskipun sedang berlibur, ibadah tetap harus menjadi hal utama yang tetap harus dilaksanakan.

8. Konsumsi Makanan Yang Bernutrisi Ketika Sahur

Saat sahur, konsumsilah makanan yang memiliki nutrisi dan gizi yang tinggi agar tubuh ternutrisi dengan baik dan mendapatkan energi yang cukup untuk menjalani aktivitas kita. Kurangi minum teh karena akan membuat Lo merasa haus, gantilah dengan madu yang akan memberikan tambahan energi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi vitamin, tujuannya adalah untuk menjaga stamina selama menjalankan ibadah puasa di perjalanan.

9. Banyak Minum Air Putih

Setelah asupan gizi dan nutrisi terpenuhi, Lo juga harus mencukupi cairan dalam tubuh. Ketika buka, Lo bisa meminum 4 gelas air putih dan 4 gelas ketika sahur. Memperbanyak minum air putih ketika sahur sangatlah penting, karena mampu menghindarkan tubuh kita dari dehidrasi.

Simple kan Bro? Traveling saat puasa bisa-bisa aja ko. Yang penting jangan sampe ganggu kekhusuan ibadah yang kita jalankan ya, Bro!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini