gentlemancode.id
Begini Caranya Agar Tetap Segar Saat Puasa

BEGINI CARANYA AGAR TETAP SEGAR SAAT PUASA

Published on Monday, 29 May 2017

Kita semua pasti sudah tau kalo puasa itu banyak banget manfaatnya, khususnya untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah, dengan berpuasa tubuh kita akan terbebas dari racun karena puasa dapat membersihkan racun didalam tubuh kita. Tapi, biasanya kebanyakan kita nih malah kelihatan lemas saat puasa. Kenapa ya? Sebaiknya Lo coba perhatikan 10 hal ini deh biar puasa Lo tetap lancar tapi tetap terlihat segar.

1. Jangan Lupa Untuk Memperbanyak Meminum Air Putih

Jika kita kurang dalam mengkonsumsi air putih maka badan akan mengalami dehidrasi dan akhirnya akan menyebabkan tubuh kita menjadi lemas. Minumlah air putih dengan pola dan jadwal yang baik, misalnya 2 gelas setelah buka, 3 gelas setelah tarawih,  1 gelas sebelum tidur, dan 2 gelas setelah sahur.

2. Berbukalah Dengan Yang Manis, Tapi Jangan Berlebihan

Setelah seharian tubuh kita tidak terisi makanan, maka makanan manis adalah pilihan yang tepat untuk berbuka karena itu akan membantu megembalikan gula darah kembali dalam keadaan normal. Pilihlah kurma untuk berbuka, kurma memiliki manfaat dalam memulihkan energi setelah beraktivitas selama berpuasa.

3. Gula Merah Bisa Menjadi Alternatif Kita Ketika Sahur Atau Berbuka

Agar kita terhidar dari anemia, ambilah gula merah atau gula aren untuk alternatif cemilan kita ketika berbuka atau sahur. Makan lah secukupnya, kita bisa memakannya langsung dalam jumlah yang kecil atau bisa juga kita campurkan ke dalam air hangat.

4. Sayuran Harus Jadi Menu Wajib Dalam Berbuka Dan Sahur

Kita semua pasti setuju kalo sayuran itu sangat baik manfaatnya untuk tubuh kita. Dengan mengkonsumsi sayuran, maka kita akan mendapatkan energi tambahan jika kita mengkonsumsinya dalam jumlah yang sesuai. Apalagi kalo sayuran tersebut dihidangkan dalam keadaan hangat, tubuh akan terasa lebih segar dan sehat.

5. Setelah Sholat, Jangan Lupa Berdoa Dan Berdizikir Atau mengaji

Selain kita akan dapat pahala yang berkali-kali lipat, kegiatan ibadah seperti sholat, dzikir, dan mengaji akan membuat pikiran kita menjadi lebih tenang. Dengan pikiran yang tenang, maka tubuh juga akan menjadi lebih rileks, dan ini tentunya baik untuk kesehatan jasamani maupun rohani kita.

6. Wudhu Dengan Sempurna

Wudhu bisa kita lakukan kapan aja, bukan hanya ketika akan Sholat. Kalo misalnya kita sedang stres atau sedang banyak tekanan, cobalah untuk berwudhu. Dengan berwudhu, bukan hanya tubuh yang akan menjadi segar namun pikiran kita pun akan lebih fresh ketika sudah melakukan wudhu.  Berwudhulah dengan sempurna, dan inget jangan minum ya ketika kalian wudhu. Hehehe.

7. Banyak-banyak Senyum Jangan Cemberut

Ketika cemberut, wajah kita akan terlihat kusam dan muram. Untuk menghindari hal tersebut, tersenyumlah dan sapa dengan baik orang-orang disekitar kita. Dengan tersenyum gak cuman orang lain yang akan senang melihatnya, namun wajah kita juga akan terlihat segar dan bersahabat.

8. Hindari Meminum Kopi Ketika Sahur

Kopi merangsang tubuh untuk lebih sering buang air kecil sehingga air dalam tubuh berkurang. Akibatnya kita akan mengalami dehidrasi dan tubuh pun menjadi lemas. Selain itu, minuman manis akan menyebabkan kita menjadi cepat lapar karena minuman manis lebih cepat dicerna oleh tubuh.

9. Cukup Istirahat

kalo tidak ada keperluan, segeralah istirahat ketika malam. Jangan tidur terlalu malam biar Lo bisa bangun sahur dengan segar. Dengan istirahat yang cukup, Lo tentu bisa menjalani aktivitas seharian dengan setamina yang oke dan puasa pun lancar.

10. Meskipun Puasa, Jangan Lupa Olahraga

Puasa jangan dijadikan alasan untuk tidak berolahraga. Meski asupan gizi berkurang, aktivitas fisik seperti olahraga ringan perlu untuk kita lakukan karena sangat bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh selama kita berpuasa.

Bulan Ramadan adalah bulan yang penuh berkah, makanya jangan sampe kita sia-siakan setiap detiknya, Bro. Yuk kita maksimalkan puasa kita dengan mengisi waktu dengan banyak beribadah, dan tetap sehat dan juga segar!

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini