gentlemancode.id
Hindari Kebiasaan Yang Tidak Baik Ini Ketika Puasa

HINDARI KEBIASAAN YANG TIDAK BAIK INI KETIKA PUASA

Published on Wednesday, 31 May 2017

Biasanya apa sih yang Lo lakukan ketika sedang menjalankan puasa? Tidur? Main games? Atau jalan-jalan buat ngisi waktu? Pernah gak kepikiran apakah kebiasaan yang Lo lakukan itu baik atau engga untuk dilakukan saat puasa? Karena ada loh Bro beberapa kebiasaan yang gak baik untuk dilakukan ketika puasa. Apa aja?

1. Terlalu Banyak Minum Saat Sahur

Pada dasarnya, air memang diperlukan untuk tubuh kita agar tubuh kita tidak dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa. Tapi, kalo kebanyakan minum saat sahur juga gak bagus, Bro. Karena, nanti akhirnya Lo akan sering buang air kecil. Hal ini justru akan membuat Lo dehidrasi di siang harinya.

2. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Makanan Asin Ketika Sahur

Makanan tinggi garam akan memicu rasa haus ketika menjalankan puasa. Jadi, kita harus memperhatikan dengan baik makanan yang akan kita santap ketika sahur. Batasi jumlah makanan asin yang akan kita konsumsi agar tidak kehausan ketika siang nanti.

3. Tidur Setelah Makan Sahur

Tidur setelah sahur adalah kegiatan yang sangat tidak dianjurkan.  Salah satu bahaya yang bisa terjadi adalah refluks esophagus. Yaitu kondisi dimana makanan akan kembali keatas diakibatkan oleh gaya grafitasi. Sebaiknya berilah jeda sekitar 1 atau 2 jam setelah sahur apabila memang pengen tidur lagi. Nih Bro, beberapa bahaya ketika kita langsung tidur setelah sahur.

4. Terlalu Banyak Makan Makanan Manis Ketika Sahur Dan Berbuka

Makanan manis memang berperan penting dalam mengembalikan energi yang hilang ketika berpuasa, tapi usahakan sekedarnya aja jangan terlalu banyak agar tidak terjadi lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan penyakit diabetes.

5. Terlalu Banyak Makan Ketika Berbuka

Seolah balas dendam, ketika waktu berbuka sudah tiba, seringkali kita cenderung tak terkontrol dalam berbuka. Semuanya dimakan tanpa pikir panjang. Akhirnya perut kenyang, dan malas untuk pergi tarawih atau kegiatan ibadah lainnya.

6. Makan Dengan Cepat

Kebiasaan makan dengan tergesa-gesa adalah kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Salah satu dampaknya adalah terjadi gangguan pencernaan akibat makanan yang belum lembut dengan sempurna. Gak cuman itu Bro, banyak juga masalah-masalah yang lain yang bisa timbul akibat makan terlalu cepat. Lo bisa cek di sini untuk mengetahui lebih lanjut mengenai bahaya apa aja yang diakibatkan oleh makan yang terlalu cepat.

7. Berbuka Dengan Jajanan Gorengan

Emang enak sih buka puasa dengan mengkonsumsi gorengan. Gorengan yang masih hangat ditambah cabe rawit emang juara bangat. Tapi, gorengan akan memberikan efek yang gak baik untuk tenggorokan kita, Bro. Bukan hanya itu, gorengan adalah makanan yang termasuk tinggi lemak. Sehingga akan menyebabkan batuk dan memperlambat proses pengosongan lambung.

8. Langsung berolahraga setelah berbuka

Kalo memang Lo pengen olahraga, minimal lakukan 2 jam setelah berbuka. Hal ini bertujuan agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan yang Lo makan ketika berbuka. Atau, Lo juga bisa melakukan olahraga  1 jam menjelang buka puasa.

Nah, hati-hati ya Bro. Ternyata ada ya kegiatan-kegiatan yang kurang baik untuk kita lakukan saat puasa.

Sumber gambar:
[1] https://www.pexels.com/

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini