gentlemancode.id
7 Fakta Unik Kopi yang Selama Ini Belum Lo Ketahui

7 FAKTA UNIK KOPI YANG SELAMA INI BELUM LO KETAHUI

Published on Thursday, 22 March 2018

Untuk beberapa orang, kopi bukan sekedar minuman penghilang rasa kantuk, bro. Lebih dari itu, kopi adalah minuman yang bisa memberikan energi atau bisa juga memberikan rasa tenang ketika meminumnya. Banyak orang yang nggak bisa mulai bekerja ketika belum meminum kopi, dan banyak orang yang merasa ada yang kurang ketika nongkrong nggak minum kopi. Akhirnya, kopi sekarang sudah menjadi sebuah kebutuhan untuk para penikmat setianya.

Di kota-kota besar dan di daerah-daerah, kedai kopi sudah banyak bermunculan. Hal ini membuat kopi semakin popular dan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Tapi, tau nggak Lo bro mengenai beberapa fakta mengenai kopi yang belum Lo ketahui, dari mulai pernah dilarang sampe kopi termahal di dunia? Nah, berikut ini adalah 7 fakta unik kopi yang mungkin belum Lo ketahui. Penasaran? Simak penjelasannya dibawah ini ya!

1. Sempat dilarang di beberapa Negara

Nggak kebayang kopi yang bisa Lo nikmati dengan mudah sekarang ini dahulu pernah dilarang dibeberapa negara. Pada tahun 1511, kopi sempat dilarang bro di Mekah karena para ulama menganggap kopi dapat merangsang pola pikir radikal. Warga italia dan turki juga sempat percaya bahwa kopi merupakan minuman yang menyesatkan. Lebih parah lagi, pada abad 17, Raja Murad IV menetapkan hukuman keras bagi warganya yang ketahuan mengkonsumsi kopi. Hukuman yang diberikan adalah berupa pemukulan atau pembuangan ke laut.

2. Bukan Kafein, tapi Adenosine

Sebagian besar orang menganggap bahwa menkonsumsi kopi dapat menghilangkan rasa kantuk karena kandungan kafein yang dimilikinya. Tapi bro, ternya bukan kafein yang menjadi penyebabnya. Ketika kita melakukan aktivitas, otak akan menjadi aktif dan melepaskan neuron-neuron yang memproduksi adenosine. Nah, hal ini secara otomatis akan membuat sistem saraf Lo akan memonitor kadar adenosine tersebut. Jika meningkat, maka kinerja otak akan menurun hingga akhirnya menyebabkan kantuk. Namun, karena kafein dari kopi menempel pada reseptor adenosine, otak tidak bisa mendeteksi kadar adenosine sehingga otak tetap bisa berfungsi secara maksimal.

3. Kopi paling popular di dunia

Kalo Lo memang pecinta kopi sejati, Lo tentu tau jenis kopi apa yang paling pupuler di dunia. Bukan Starbucks ya bro melainkan Arabica dan Robusta. Arabica memiliki rasa yang lebih kaya dan aroma yang lebih kencang dan juga kadar kafein yang lebih sedikit, sedangkan Robusta memiliki rasa yang cenderung lebih ringan dengan level keasaman yang relatif rendah. 

4. Nggak semua Negara bisa menjadi produsen Kopi

Ketika Lo melakukan traveling, mungkin Lo akan dengan mudah menemukan berbagai macam kedai kopi, baik itu lokal atau internasional. Namun, ternyata nggak semua negara bisa menjadi produsen kopi karena tanaman ini hanya dapat tumbuh di daerah tropis. Hal ini dikarenakan oleh kebutuhan tanaman kopi akan cahaya matahari yang berlimpah supaya mampu menghasilkan biji kopi berkualitas. Umumnya negara-negara penghasil kopi berada di garis khatulistiwa, seperti misalnya di Indonesia.

5. Kekeliruan mengenai kopi Luwak

Kalo selama ini Lo menganggap bahwa kopi luwak merupakan kopi termahal di dunia, Lo salah bro. Predikat kopi paling mahal di dunia dipegang oleh Black Ivory dari Thailand. Menariknya nih bro, kopi luwak dan Black Ivory sama-sama berasal dari hewan. Apabila kopi luwak terbuat dari biji kopi yang dicerna oleh enzim pencernaan luwak, maka Black Ivory "diproduksi" dengan enzim pencernaan gajah. Biji kopi Black Ivory memiliki harga USD 1.100 (sekitar 14 juta rupiah) per kg atau USD 50 (sekitar 661 ribu rupiah) per cangkir. Mahal banget ya, bro?

6. Tiap Negara memiliki cara menyeduh kopi sendiri

Terlepas dari segala tujuan dalam meminum kopi, setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menyeduh kopi favorit mereka. Di Italia misalnya, orang-orang lebih suka menikmati kopi espresso dengan gula. Berbeda lagi dari orang-orang Mesir yang merupakan penggemar berat dari kopi hitam murni. Sedangkan, orang-orang Austria menyeduh kopi dengan tambahan whipped cream. Lain lagi di Meksiko, orang-orang menambahkan kayu manis pada racikan kopi mereka. Cara paling unik dalam menyeduh kopi mungkin dilakukan oleh orang-orang Maroko, yang suka mencampurkan merica dalam kopi mereka.

7. Tidak semua biji kopi berwarna hitam

Kopi memang identik dengan warna cokelat dan hitam. Nah, beberapa waktu belakangan ini, ada pula white coffee yang cukup populer dikonsumsi oleh para pecinta kopi. Selain kedua jenis tersebut, ternyata masih ada lagi bro satu jenis kopi bernama kopi hijau. Sesuai dengan namanya, biji kopi ini juga berwarna hijau karena masih mentah dan belum melalui proses roasting. Menurut kabar yang beredar, kopi hijau memiliki khasiat untuk menurunkan berat badan secara lebih efektif apabila dibandingkan dengan teh hijau.

Nah bro, itu dia tadi 7 fakta menarik mengenai kopi. Buat Lo yang suka ngopi, gimana nih tanggapannya? Share di kolom komentar dong.

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Kopi

Terimakasih sudah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membaca artikel di gentlemancode.id.

Kami berharap teman-teman bisa berkunjung kembali untuk membaca artikel-artikel kami yang lain.

Sebagai media, kami di Gentlemancode ingin menjadi sahabat dan ingin selalu menyajikan informasi positif yang bermanfaat untuk anak muda khususnya pria di Indonesia. Kami percaya dan yakin bahwa kekuatan sebuah tulisan selain dapat memberikan wawasan juga dapat menginspirasi setiap orang untuk menjadi pribadi yang lebih baik, menjadi pribadi yang bisa menjadi solusi bukan menjadi sebuah masalah.

Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya, sukses buat teman-teman semua, have a nice day!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini