gentlemancode.id
7 Perubahan Trend Media Sosial Sepanjang 2017

7 PERUBAHAN TREND MEDIA SOSIAL SEPANJANG 2017

Published on Thursday, 21 December 2017

Hi Bro, gimana hari ini, udah ngecek sosmed belum? Nggak bisa dipungkiri, untuk sebagian orang media sosial adalah hal yang nggak pernah lepas dari kehidupan mereka sehari-hari. Berdasarkan survei yang diselenggarakan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengenai Ekosistem Device, Network & Apps di Indonesia, ditemukan bahwa mayoritas orang Indonesia sekitar 95,1% memasang aplikasi media sosial di ponsel mereka. Tiga aplikasi media sosial yang paling banyak di install adalah Instagram (82,6 persen), Facebook (66,5 persen), dan Path (49,6 persen). Dari data tersebut bisa Lo lihat bahwa orang Indonesia mayoritasnya adalah pengguna media sosial. Apakah Lo termasuk juga, Bro?

Kali ini Gw akan ngebahas trend media sosial yang terjadi sepanjang 2017 ini. Apa aja sih trend yang baru, dan apa aja sih yang lagi hits di media sosial sekarang ini? Penasaran? Sebelum kita membahas lebih lanjut,  Lo bisa cek dan follow channel gentlemancode di facebook, twitter, youtube dan instagram ya, Bro!

Back to the main topic, ini dia rangkuman perubahan trend dan hal-hal baru yang terjadi di media sosial!

Pertama, Instagram Stories lagi rame-ramenya

Seperti yang Gw lansir dari recode.net, ada lebih dari 250 juta orang menggunakan Instagram Stories setiap bulannya, Bro. Padahal Instagram Stories baru berumur sekitar setahun. Jika peningkatan ini terus berlanjut, maka akan diprediksi lebih dari setengah pengguna Instagram akan menggunakan Instagram Stories hingga akhir 2018 ini. Kalo Lo suka main instagram stories juga nggak, Bro?

Kedua, Hampir semua platform media sosial kini menyediakan fitur live video

Menurut Facebook, pengguna Facebook menghabiskan tiga kali lebih banyak waktu untuk menonton live video, dibandingkan dengan video yang sudah tidak live lagi. Penggunanya juga bahkan berkomentar sepuluh kali lebih banyak ketika menonton siaran langsung. Menurut, livestream.com sekitar 82% dari pengguna media sosial lebih suka menyaksikan video live melalui platform sosial media yang mereka gunakan.

Ketiga, iklan brand melalui media sosial lagi gencar-gencarnya

Lo pasti sering kan dapet iklan di media sosial dengan label sponsored atau promoted? Nah, itu artinya Lo jadi target iklan, Bro. Lo tau nggak Bro, menurut agensi iklan Zenith Optimedia, besarnya konsumsi iklan di media sosial akan melampaui koran di tahun 2020. Pada tahun 2019, agensi asal Perancis tersebut memprediksi, belanja iklan akan mencapai angka 50 miliar dollar AS atau sekitar Rp 674,8 triliun di jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Nilai belanja itu mencakup 20 persen dari bisnis periklanan di internet pada tahun 2019. Nilainya hanya 1 persen lebih kecil dari iklan di koran. Baru pada tahun 2020, bisnis iklan di media sosial akan melampaui koran. Gila ya, Bro, media sosial yang awalnya untuk komunikasi bisa dikomersilkan menjadi wadah untuk iklan-iklan.

Keempat, Makin Banyaknya Buzzer dan KOL

Seperti yang Gw lansir dari collabary.com, lebih dari 90% marketer yang menggunakan strategi influencer marketing percaya bahwa strategi mereka telah berhasil. Perusahaan seperti North Face, Hubspot, dan Rolex menggunakan strategi ini untuk menghubungkan mereka dengan audiens baru dan meningkatkan engagement dengan audiens yang sudah ada. Tahun depan akan diperkirakan lebih banyak brand yang lebih mengutamakan influencer marketing sebagai salah satu cara untuk menghubungkan audiens yang cenderung mengabaikan strategi yang konvensional. Nah, jadi jangan heran kalo banyak artis-artis idola Lo yang tiba-tiba mempromosikan suatu produk di akun sosial media mereka.

Kelima, Sosial Media e-commerce yang makin marak

Facebook, Instagram, Twitter, dan Pinterest menawarkan cara bagi pengguna untuk membeli produk langsung dari dalam aplikasi mereka, dan Snapchat udah memulai menguji dengan meluncurkan fitur e-commerce. Kalo Lo lihat, pasti akan ada fitur shop di platform tersebut. Menurut sebuah survei dari Aimia , 56% konsumen mengatakan bahwa mereka mengikuti merek di media sosial untuk menelusuri produk untuk dijual, dan 31% dari pembeli online mengatakan mereka menggunakan media sosial khusus untuk mencari item baru untuk membeli. Apakah Lo suka beli barang online melalui platform yang Lo gunakan, Bro?

Keenam, Komplain tentang service atau produk dari suatu brand menjadi mudah berkat media sosial

Kalo tahun-tahun sebelumnya, Lo kesulitan untuk komplain atas layanan jasa atau produk kepada service atau produk tertentu, sekarang Lo bisa komplain dengan mudah melalui media sosial di channel brand yang Lo maksud. Media sosial kini menggantikan peran costumer service. Ini tentunya akan memudahkan Lo sebagai pelanggan, bener nggak? Karena hampir semua brand yang sudah punya nama, mereka memiliki channel sosial media masing-masing.

Ketujuh, Teknologi AR kini merambah media sosial

Lo tau kan teknologi Augmented Reality? Meskipun augmented reality mulanya lebih mempengaruhi bidang mobile gaming, tetapi kini platform sosial media pun sudah di inject dengan teknologi ini, coba Lo cek instagram stories atau facebook stories deh, Bro. Teknologi ini bisa Lo dapati di platform tersebut, nggak menutup kemungkinan platform lain pun akan menyediakan fitur dengan teknologi ini, atau bahkan yang lebih canggih? Kita lihat saja nanti.

Nah, itulah perubahan trend media sosial yang terjadi sepanjang 2017, Bro. Gimana, Lo jadi makin terbantu dengan perubahan trend media sosial sekarang atau Lo biasa aja merespon trend yang terjadi? Share di kolom komentar dong pendapat Lo terhadap perubahan trend media sosial khususnya di Indonesia. Nah, itu aja Bro yang bisa Gw sampaikan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya! Thanks.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini