gentlemancode.id
8 Tipe Orang Pengguna Whatsapp Messenger

8 TIPE ORANG PENGGUNA WHATSAPP MESSENGER

Published on Tuesday, 23 January 2018

Bagi kebanyakan orang, whatsapp adalah platform untuk berkirim pesan yang paling simple untuk digunakan. Selain simple, fitur yang dimiliki juga cukup lengkap bro seperti berkirim pesan gambar, video, suara, lokasi, melakukan panggilan bahkan video call baik personal ataupun dalam group tanpa harus takut kehabisan pulsa. Fitur dan tampilan yang sederhana dengan banyak manfaat ini, membuat orang memilih memakai Whatsapp sebagai media berkomunikasi dengan orang lain menggunakan smartphone dibandingkan aplikasi messenger lainnya.

Beda orang, beda pula gaya atau cara berkomunikasinya, termasuk di whatsapp. Seperti pengalaman dan pengamatan Gw, kali ini Gw akan membahas tipe-tipe orang saat menggunakan whatsapp baik itu di group atau chat personal. Apa aja?

1. Silent Reader

Wajar banget kalo whatsapp misalnya dijadikan sebagai media untuk berkomunikasi antara keluarga, rekan kerja, alumni dan lain sebagainya. Tapi banyaknya group yang kita punya, malah membuat kita bingung untuk memberi respon, bener nggak? Makanya, wajar kalo misalnya ada silent reader di group tertentu. Atau bisa jadi karena aktifitas membuat seseorang nggak sempat untuk merespon bahkan membaca pesan whatspp. Atau bisa juga nih, karena topik yang dibicarakan menurut Lo garing jadi ya udah lebih baik diem. 

2. Tipe Informan

Informasi memang saat ini gampang banget menyebar bro, baik menggunakan sosial media ataupun aplikasi messenger, dan whatsapp adalah salah satunya. Tipe selanjutnya yang akan Gw bahas adalah tipe informan dimana orang dengan tipikal ini biasanya selalu memberikan informasi terkini, baik itu dalam skala penting, biasa aja, sampe nggak penting sama sekali. Bahkan gosip pun nggak jarang di share oleh orang dengan tipikal ini. Sah-sah aja sih emang, bro. Nah, Lo pasti pernah kan nemuin tipikal yang ini?

3. Tipe Motivator

Tipe ini hampir bisa kita temui di semua group whatsapp, bro. Orang yang termasuk tipe ini biasanya sangat suka memberikan kata-kata motivasi. Ada yang memang pure dari dirinya sendiri, dan aja juga yang copy paste dari blog orang atau bahkan group sebelahnya. 

4. Tipe tukang kirim gambar

Fitur whatsapp yang memungkinkan untuk Lo berkirim foto atau gambar membuat kita mudah untuk menerima konten/informasi secara cepat dan to the point ketimbang harus membacanya. Ya, fitur ini sering digunakan oleh sebagian orang untuk membagikan informasi itu, baik itu meme, foto, sampai gambar yang nggak pantes. 

5. Tipe tukang kirim video

Fitur yang nggak kalah keren yang dimiliki oleh whatsapp adalah video share, bro. Dengan fitur ini pengguna whatsapp bisa berbagi video apapun. Sehingga fitur ini pun nggak kalah populer untuk menyampaikan informasi. Video yang di share sih kebanyakan juga video copy paste dari group sebelah bukan video buatan sendiri.

6. Tipe Emogers

Whatsapp emang paling mengerti kita, karena whatsapp menyediakan fitur emoji untuk membalas pesan secara singkat dengan menunjukkan ekspresi. Tipikal selanjutnya adalah the emogers, bro. Orang dengan tipikal ini biasanya akan merespon dengan memberikan smiley icons, misalnya jempol, senyum, bahkan koprol. Ya, sesederhana itu Lo udah bisa memberikan respon dengan informasi yang singkat namun jelas. Gw yakin Lo pasti sering memakai fitur ini.

7. Tipe Wisher

Tipe selanjutnya adalah, the wisher. Tipikal ini mirip dengan poin nomer 2, bro. Tapi kebanyakan sih ya nggak penting-penting amat atau sekedar basa-basi. Seperti mengucapkan salam, berbagi meme dengan caption melucu, atau basa-basi. Ya walaupun agak nggak penting tapi tergantung bagaimana Lo menilainya sih. 

8. Tipe Preachers

Tipe ini sering ditemui di group keluarga dan bahkan group kantor. Orang dengan tipikal ini akan membagikan ceramah tentang agama, baik dalam bentuk pesan, gambar atau video, biasanya dilengkapi dengan dalil yang mendukung. Dan biasanya lagi, yang disampaikan adalah hasil copy paste atau mendapatkan pesan serupa dari rekannya. Sebenernya nggak masalah, toh itu menambah wawasan dan informasi buat kita khususnya mengenai agama.

Nah itu dia delapan tipe-tipe orang saat menggunakan whatsapp messenger. Apapun itu, whatsapp memang punya sisi positif dan ada juga negatifnya, terlepas dari tipe-tipe yang Gw sebutkan di atas, adalah tinggal bagaimana Lo menyikapi dan menggunakannya, bro. Sekian dari Gw, semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ya. 

Baca juga : Etika menggunakan sosial media

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini