gentlemancode.id
Hal-hal nyebelin yang biasanya akan Lo alami ketika ulang tahun

HAL-HAL NYEBELIN YANG BIASANYA AKAN LO ALAMI KETIKA ULANG TAHUN

Published on Friday, 13 October 2017

Apa yang terlintas di pikiran Lo ketika mendengar kata ulang tahun? Kue, surprise, kado-kado, ucapan dari orang-orang terkasih dan terdekat, doa-doa, balon, keramaian, warna-warni atau lilin?

Udah? Itu aja? Tentang ulang tahun? Masa sih? Pasti ada yang kelewat deh, Bro!

Kira-kira apa sih yang kelewat? Apa iya ulang tahun itu betul-betul cuma happy-happy dan hura-hura atau tentang pesta dan sebuah perayaan?

Kalau pas jaman kecil dulu, pasti ulang tahun itu biasanya adalah tentang warna-warni dan senang-senang. Tapi kalo udah usia 20-something? Aduh, pasti banyak deh hal yang dipikirin! Memang sih, ulang tahun tetap adalah hari dimana kita harus happy dan bersyukur atas usia baru tersebut. Tapi sebenarnya di usia segini, ulang tahun malah terkadang jadi momen yang kurang nyenengin karena ada beberapa hal yang rasanya entah kenapa mengganjal. Apa aja sih kira-kira, hal-hal paling nyebelin yang terjadi di kala kita sedang ulang tahun? Simak daftar di bawah ini, Bro!

1. Ditagih traktiran terus

Percaya gak percaya Bro, hal ini Cuma terjadi di Indonesia Loh. "Wow, Lo ultah ya? Kalo gitu jangan lupa traktir dong!!!" atau ucapan semacam "Happy birthday Bro, wish you all the best, makan-makan enak nih :D" dan sebagainya. Waduh, kadang ya, menurut Gw, ini tuh ikhlas doain gak sih, kok minta traktir mulu. Padahal kan, mungkin keadaan kita lagi bokek ya. Yang lebih nyebelin, Indonesia punya konsep perayaan ulang tahun yang berbeda dari beberapa negara, sebut saja Amerika Serikat. Mayoritas di negara barat menganut kebiasaan "mereka yang berulang tahunlah yang ditraktir". Pokoknya beda banget deh sama Indonesia. Tradisi tersebut gak cuma berlaku di Amerika Serikat. Di Taiwan dan Cina pun punya prinsip serupa. Mereka gak mau ditraktir oleh orang yang sedang berulang tahun. Mereka bilang bahwa tidak seharunya Gw yang memberi mereka traktiran. Kalo kita yang lagi ulang tahun, maka kita yang seharusnya ditraktir. Yah walaupun bagi pihak yang ditraktir sih enak-enak aja ya, namanya juga dapet sesuatu yang gratis! Tapi, pernah mikirin gak, apa teman kita yang sedang berulang tahun itu sedang bisa traktir apa ga? Hmm, harus dipikir lagi nih Bro kalo kita mau nagih traktiran. Minimal, kita kasih mereka kado deh ya!

2. Ditanya pertanyaan aneh-aneh

Contoh pertanyaan aneh-aneh itu sebenernya banyak, dan sifatnya relatif berbeda-beda berdasarkan concerns tiap orang. Misalnya ada saja orang yang benci ditanya "Udah usia segini, kapan nikah Bro?" Pun ada yang benci ditanya pertanyaan sesimpel "Udah usia segini, masih gendut aja, kapan kurusnya?" Intinya, lebih baik kita agak jaga lisan kita karena kita pastinya gak mau kan nyakitin hati temen kita, apalagi di hari yang seharusnya menjadi salah satu hari terbahagia dalam hidupnya (lebay gak tuh? Haha).

Buat kita, pertanyaan tersebut mungkin sepele, tapi untuk mereka mungkin itu bisa bikin mereka sedih lho. Sebaiknya, instead of asking those questions, lebih baik kita doakan teman kita tersebut misalnya yang belum menikah agar segera diberi jodoh, yang tidak kurus agar tetap diberikan kesehatan mau dia gemuk kek, mau kurus kek yang penting sehat, dan juga diberikan limpahan kebahagiaan.

3. Bertambah umur = tambah tua

Nah, mindset ini nih Bro yang sebenarnya harus Lo rubah. Bertambah umur itu pasti, tapi bertambah tua hanyalah state of mind. Bertambah tua bukan berarti Lo berhenti bermimpi, kan? Bukan berarti Lo berhenti berfikir, berhenti melakukan creative thinking, etc. Gw tau sih ini nyebelin, karena bagaimanapun kita bukan lah lagi anak muda yang bisa hidup semau kita, agak sembarangan, YOLO (you only  live once) dan sebagainya. Bagaimanapun kita sudah mempunyai tanggung jawab yang lebih besar dan juga kehidupan serta kesehatan yang sudah lebih harus diperhatikan, misalnya tidak lagi bergadang setiap hari seperti jaman di kampus dulu. It's okay, Bro! Apa yang harus kita fokuskan adalah bersyukur karena kita masih diberi kesempatan menjalani hidup yang indah ini, ciee....switsuiiiw. Tetap semangat ya, Bro!

4. Jarang dapet kado

Naah, kalo ini Gw yakin ini agak nyebelin ya Bro. Tapi ini nyambung sama no. 1, dimana ketika kita dapet kado, rasanya kita juga ngerasa harus nraktir mereka. bahkan kepada mereka yang gak kasih kado pun, kita kadang-kadang mesti nraktir! Well, bagaimanapun, menurut Gw di usia segini biasanya kita cuma dapet kado dari pasangan/sahabat/teman kantor kita aja. Itu juga udah syukur banget. beda banget sama ulang tahun jaman kecil dulu, wah kado buat kita pasti banyak banget, dari om, tante, teman-teman, mama papa, kakak adik, ibu bapak guru, teman les, teman komplek, teman sekolah, teman sepedahan, dan lain sebagainya. Tapi sisi baiknya, mengingat kita sudah punya penghasilan, kita jadi bisa beli kado untuk diri sendiri, benda yang kita sangat inginkan misalnya. Treating ourself is not a crime, Bro! Hitung-hitung menyenangkan diri sendiri setahun sekali, tidak ada salahnya lagi :D.

Anyway, birthday shouldn't be bad, Bro. It is supposed to be one of the happiest day in your life. Perayaan telah dilahirkannya cowok keren seperti kita, seharusnya jadi hari yang sangat bersejarah, minimal buat orang tua kita deh. Jadi, apapun yang menyebalkan, kita seharusnya tetap bersyukur dan menikmati hari ulang tahun kita bersama orang-orang terdekat dan tersayang. Kalo ada rejeki lebih, boleh lah kita ajak makan-makan. Tapi kalo tidak, mereka harusnya akan mengerti kok. Semoga tulisan ini bisa menyemangati hati kalian ya, Bro! Dan selamat ulang tahun bagi siapapun yang sedang membaca tulisan ini!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

ARTIKEL TERKAIT
KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini