gentlemancode.id
Karakter Orang dari Cara Berbicara

KARAKTER ORANG DARI CARA BERBICARA

Published on Sunday, 29 April 2018

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), karakter adalah tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain. Jadi bisa dibilang kalau karakter satu orang akan berbeda dengan orang lainnya.

Ilmu psikologi pun meneliti tentang karakter seseorang dilihat dari berbagai sumber. Mulai dari bentuk tulisannya, cara berjalan, cara menggunakan smartphone bahkan sampai bagaimana cara seseorang berbicara pun diteliti untuk bisa menunjukkan karakter seseorang.

Dilansir dari noyvesto.net, berikut adalah tipe-tipe karakter seseorang dilihat dari bagaimana cara mereka berbicara:

1. Hanya Ingin Didengar, Kurang Suka Mendengarkan

TIpe pertama ini biasanya punya kebiasaan untuk berbicara terus menerus dan sulit berhenti. Ia akan banyak bercerita dan terkesan "mendominasi" obrolan. Ketika ada orang lain yang menimpali atau ikut berbicara, ia akan terlihat kurang tertarik dan bahkan cenderung tidak memperhatikan.

Orang seperti ini biasanya punya karakter yang keras kepala, mau menang sendiri, suka merendahkan orang lain, sombong dan kadang-kadang cenderung menjadi pembual.

2. Suka Memotong Pembicaraan

Tipe yang kedua adalah seseorang yang sering memotong perkataan orang lain tanpa menunggu sampai kalimatnya selesai. Bahkan tidak hanya memotong dengan bertanya maupun mempertegas kalimat yang diucapkan lawan bicaranya, sering kali karakter nomor dua ini justru membantah apa yang menjadi argumentasi yang diberikan.

Hal tersebut bisa membuat beberapa persepsi negatif bro oleh orang yang pembicaraannya dipotong tadi. Ia akan kehilangan konsentrasi obrolan, lupa dengan apa poin yang sedang ia sampaikan, sampai pada akhirnya malas untuk bercerita dengan orang yang berkarakter suka memotong pembicaraan.

3. Pendengar yang Baik

Menurut para ahli, karakter seperti inilah yang menjadi salah satu ciri seorang pemimpin. Ia akan dengan sukarela dan ikhlas mendengarkan lawan bicaranya dengan saksama. Ia akan menunjukkan ekspresi sesuai dengan apa yang dikatakan oleh lawan bicaranya. Tipe karakter ketiga biasanya adalah orang yang memiliki rasa simpati dan empati yang tinggi.

Secara garis besar, tipe karakter ini punya kecenderungan untuk tidak sombong, rendah hati, pengalah, dan toleran. Tapi jangan salah, walaupun begitu karakter satu ini pun punya sisi negatif, yaitu sulit ditebak, mudah bosan dan punya emosi yang labil.

4. Jarang Berbicara / Pendiam

Tipe yang terakhir benar-benar berbeda dari tiga tipe sebelumnya. Tipe ini jarang berbicara dan juga memberikan tanggapan di dalam sebuah perbincangan. Bisa dikatakan ia memang pendengar yang baik juga, namun tidak suka atau jarang mau untuk kembali menanggapi perkataan orang lain.

Tipe karakter ini biasanya punya sifat positif seperti mudah diyakinkan, penurut, sabar dan tulus. Sedangkan dari sisi negatifnya, orang pendiam biasanya suka mengikuti sistem yang kaku, kurang memiliki ide atau malas berpikir.

Nah begitulah empat tipe karakter seseorang dilihat dari bagaimana cara ia berbicara. Nah, Lo sudah bisa membayangkan kan karakter Lo yang mana. Kalau sudah, saatnya terus mengasah karakter Lo tersebut agar lebih baik dan juga mengurangi hal-hal yang jeleknya.

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini