gentlemancode.id
Kisah horror di kos-kosan Jakarta

KISAH HORROR DI KOS-KOSAN JAKARTA

Published on Thursday, 05 October 2017

Sebagai kota metropolitan yang merupakan tempat bagi banyak orang dari berbagai daerah mengadu nasib, bisnis kos-kosan memang sangat digandrungi dan laku keras sebagai sumber pendapatan sampingan (atau malah utama) di Jakata. Dengan tingginya permintaan tersebut, penyedia kos-kosan pun jadi bebas menentukan harga dari mulai yang masuk akal hingga yang bikin pusing (tapi tetep ada yang nyewa!). Yah begitulah Bro, ilmu ekonomi berlaku sangat memang, where there is demand there will be supply.

Kalau sudah tinggi begitu demand-nya, otomatis banyak yang mendadak menyediakan properti miliknya untuk disewakan. Apalagi kalo lokasinya dekat kampus atau perkantoran. Yang jauh aja nyewain, apalagi yang deket, Bro! Orang benar-benar berbondong-bondong mendadak jadi juragan kos. Padahal mungkin propertinya gak se-proper itu. Misalnya rumahnya sebenarnya kurang layak karena kurang terawat. Atau banyak bocor sana sini. Atau juga rumahnya terlalu tua, atau banyak makhluk tidak terlihat yang diam di rumah itu. EH GIMANA???! Loh, iya Bro, nyata kok! Nyatanya banyak banget kos-kosan yang justru terkenal karena makhluk tidak terlihatnya yang suka iseng atau jahil. Waduh.. lumayan malesin ya Bro! Tapi kalo pengen tau, boleh banget, silakan cek list di bawah ini. siapa tau salah satunya adalah kosan Lo atau teman Lo, atau pacar Lo (yang sering Lo inepin hehehehehjust joking Bro) atau mungkin lokasinya deket rumah  Lo yang Lo tau pasti banget bentukannya kaya apa. Ngga usah pake lama lagi, yuk kita cek cerita di bawah ini!

1. Ruko 3 lantai di daerah Jakarta Pusat (cerita dari AM, karyawan berusia 30th)

Suatu weekend, Gw sedang main PS sendirian di  kamar. Waktu itu sekitar pukul 2 pagi. Tiba-tiba, ketika sedang asyik menunggu loading time di game PS yang Gw mainin, Gw denger sayup-sayup suara "brugg..!!" seperti karung di banting di halaman kosan. Tapi hal itu gak mengganggu keasyikan Gw main game, hingga ketika suara tersebut kedengeran jelas banget di kuping Gw. Seakan-akan karung tersebut jatuh di dalam kamar Gw. Masih mencoba santai, Gw pun iseng lihat ke luar melalui jendela kamar. Tiba-tiba listrik mati, dan mata Gw pun otomatis membiasakan untuk melihat dalam kegelapan.  Di dalam kesunyian tersebut, mata Gw yang sudah bisa melihat dalam gelap perlahan menyadari bahwa ada bayangan putih dan tinggi di pojok kamar Gw. Tak lain tak bukan, bayangan itu adalah pocong. Whaaaat???! Gw pun tidak sadarkan diri dan terbangun keesokan harinya pukul 1 siang dengan keadaan temen kosan Gw yang nemuin Gw udah pingsan dan badan Gw keringat dingin. Sehari setelah kejadian tersebut, Gw tanpa ragu langsung keluar dari kosan tersebut. Gak lagi-lagi deh, Bro.

2. Rumah indekos tua di daerah Grogol (cerita dari A, mahasiswa berusia 22 thn)

Dari luar, rumah ini emang jujur udah aneh. Cuman apa daya, Gw butuh cepat karena hari Senin Gw udah  masuk kuliah. Emang salah sih, gak cari dari jauh-jauh hari! Namun ya sudah lah. Singkat cerita, hampir semua kosan penuh dan hanya sisa rumah ini. Bentuknya sangat besar dan menjorok ke dalam, kelihatannya seperti rumah tua yang dulunya sangat mewah. Di lantai 2 ada balkon yang megah dan keseluruhan cat rumah ini berwarna putih dengan kaca jendela berwarna gelap. Gw dapat kamar di basement, ada 3 kamar di basement tsb yang masih kosong. Well, ya sudah lah, yang penting bisa tidur malam ini. Ketika Gw memutuskan masuk kos ini, tidak ada yang aneh. Namun di malam hari ketika Gw sedang tidur, Gw terbangun karena ada bau sangat aneh seperti bau busuk yang menyengat. Dalam kegelapan, Gw coba menggapai hp yang terletak di meja sebelah kasur. Tapi sialnya, bukan hp yang Gw pegang melainkan sesuatu yang lembek dan dingin seperti tangan. Ketika Gw tarik tangan Gw karena kaget, tangan tersebut kembali menarik tangan Gw lebih kencang. Spontan Gw pun teriak, tapi ketika Gw teriak, ada yang berbisik di telinga Gw, suara perempuan yang sangat lirih dan berkata "ssst, jangan berisik, nanti yang lain datang kesini" kemudian suara tersebut mengeluarkan tawa melengking yang sangat mengerikan. Gw gak tau apa yang kemudian terjadi, yang jelas di pagi hari Gw ditemukan pingsan di balkon lantai 2! Betul-betul pengalaman yang bikin parno dan kapok!

3. Peraturan aneh kos-kosan di daerah Kemang (cerita dari J, karyawati berusia 25thn)

Emang ya Bro, masuk kosan itu jangan buru-buru dan harus dipikirkan tek-tek bengek dan segala macam pertimbangannya. Seperti pengalaman Gw yang terburu-buru pindah kos, karena tidak betah dengan peraturan ketat di kosan yang lama. Saat itu Gw memutuskan pindah ke kosan yang masih dekat dengan kantor, apapun Gw gak peduli dengan syaratnya asal dia punya peraturan yang bebas, bebas dalam artian bebas bawa teman dan bebas pulang jam berapa aja, pokoknya bebas deh mau ngapain juga. Dapatlah Gw 1 kosan yang terletak di Kemang dalam, kosan ini Gw udah suka banget dari pertama lihat karena banyak pohon jadi rimbun dan adem banget. Harga pun gak masalah, jadi Gw segerakan pindah ke kosan ini. Anehnya, ibu kos bilang ada beberapa peraturan yang wajib Gw ikuti, seperti :

"Kosan ini memang bebas diperbolehkan untuk tamu laki-laki/perempuan bebas pada jam berapapun tapi kamu ga boleh melakukan hal2 menyimpang lainnya."
"Dan kamu tidak boleh menerima tamu di malam Jum'at, selain hari itu kamu boleh menerima tamu."
"Saat pulang malam usahakan kamu memakai tudung/kerudung saat masuk kosan, dan jangan dilepas sampai kamu masuk kamar."
"Dan pada saat jam dua pagi sampai jam 4 ibu harap ketika kamu medengar sesuatu yg aneh atau merasakan hal aneh kamu jangan keluar kamu bisa menelpon Ibu."
"Ingat ya nak aturan2 itu tidak boleh dilanggar dan harus dipatuhi. Itu untuk kenyamanan kamu."

Jujur waktu itu Gw gak kepikiran apapun, namun suatu hari Gw pulang dalam keadaan agak mabuk pukul 2 pagi dan tidak memakai tudung tsb. Sampailah Gw pada tangga atas yang langsung menuju koridor kamar Gw. Entah ini ada hubungannya atau tidak, yang jelas saat itu Gw melihat ada wujud laki-laki berbadan besar sekali (lebih tinggi dari atap kosan berlantai 2 Gw) dan badannya berwarna hitam dengan mata merah dan lidah menjulur keluar. Gw pun freezing ketakutan dan berniat menelpon ibu kos namun tidak sanggup bergerak. Ketika itu Gw pun langsung memutuskan untuk turun ke bawah ke rumah ibu kos dan menggedor-gedor pintunya dengan hebohnya. Ketika ibu kos keluar, Gw tergagap menceritakan apa yang Gw lihat namun ibu kos hanya bilang "Salahmu sendiri tidak ikut peraturan, ibu kan sudah bilang kamu harus pake tudung jika pulang malam. Sekarang ibu tidak bisa bantu karena ‘"dia’" sudah melihat kamu" gw pun menangis dan pinjam kerudung ke ibu kos untuk Gw gunakan minimal untuk masuk kamar. Akhirnya ibu kos pinjamkan kain untuk Gw gunakan dan setelah itu Gw langsung memutuskan harus pindah kosan lagi.

4. Cewek aneh di kosan teman (cerita dari HL, mahasiswa berusia 22thn)

Kejadian ini berawal dari kepindahan anak kost baru di sebelah kost teman Gw sekitar 2 bulan yang lalu. Banyak hal-hal aneh yang dilakukan anak kost cewek baru tersebut yang sampai sekarang belum terbuka kedok nya. Gw dan teman-teman yang sering nongkrong dan menghabiskan waktu bersama sebelumnya tidak pernah mendapatkan hal-hal yang sangat aneh yang terjadi di kost teman tersebut. Hal anehnya apa sih? Pertama, di lorong antara kamar teman Gw dan kamar cewek itu, ada lukisan wanita berbaju kebaya. Jam 12 malam beberapa kali kita lihat cewek tersebut sedang mengelus lukisan tersebut sambil komat kamit. Walaupun kami sedang lihat, dia tidak peduli dan meneruskan "prosesi anehnya" tersebut.

Kejadian lain, ada saatnya dia terdengar berbicara dalam bahasa Jawa kuno dan seperti sedang berdialog dalam kamar padahal dia tidak sedang bersama siapa-siapa. Tapi mungkin aja dia sedang telepon ya, bro! Tapi itu jam 4 pagi! Lumayan aneh kan!

Pernah juga sekali waktu, kita lihat dia jam 12 malam sedang jalan mondar-mandir depan pintu dia dan dia mengenakan kebaya putih serta bernyanyi lagu Jawa sambil memegang setangkai bunga sedap melati.

Suatu waktu, dia betul-betul mengetuk pintu kamar dan ketika temen Gw buka pintu, dia tanpa basa-basi langsung bilang "berhenti memerhatikan apa yang saya lakukan jika tidak ingin hidupmu diganggu". Temen Gw pun merasa tersinggung dan berbicara balik ke cewek itu "Woy, kalo gamau diperhatiin ya jangan aneh-aneh lah! Apa yang lo lakukan itu menyeramkan, tau!" Kemudian temen Gw pun ngomel-ngomel sambil masuk ke kamar. Dia bilang ke Gw dan yang lain "Aneh banget tu cewe, asli, emang dia pikir dia siapa? Mana kelakuan mirip setan gitu!"

Malamnya, temen Gw itu pun jatuh sakit, suhu badannya sangat tinggi dan dia terserang demam padahal seharian itu kita tidak kehujanan, kepanasan, makan normal, dan bahkan tidak keluar kamar karena asyik main PS. Anehnya, ketika dia tidur dia mengigau "Ampun bu, maaf sudah ganggu murid ibu.. saya minta maaf dan tolong jangan bikin saya sakit".

Paginya dia terbangun dan cerita bahwa mimpinya sangat aneh. Dia mimpi didatangi oleh ibu berkebaya dalam lukisan tersebut dan ibu tersebut mengancam akan mengganggu hidupnya karena sudah marah-marah ke cewek aneh tersebut yang dia sebut "murid".

Setelah itu, temen Gw memutuskan untuk pindah kosan. Karena itu sudah sangat aneh, Bro.

Well, begitulah sebagian kisah yang Gw coba tuturkan kembali, nama dan alamat detil kosan tidak gw inform ya Bro demi menjaga privasi dan demi menghindari hancurnya bisnis orang lain :D

Boleh percaya boleh tidak, yang jelas kita tidak hidup sendirian di dunia ini, Bro. Ada makhluk lain yang tak kasat mata yang juga tinggal di dalam dunia yang kita tinggali ini. Tapi, pada dasarnya semua makhluk yang ada didalam dunia ini adalah ciptaan Tuhan yang maha kuasa. Jadi, ketika Lo takut Lo tinggal minta aja perlidungan kepada-Nya. Jangan sampe rasa takut Lo menjadi sesuatu yang mengganggu kehidupan Lo. Ingat, Tuhan itu maha besar, Bro :)

Nah, apakah Lo punya pengalaman horror lain? Atau pernah denger juga? Komen di bawah dong, Bro!

Keep in touch with us!
IG: @gentlemancode & @gentlemancoderoutine
FB: @gentlemancode.id
Twitter: @gentlemancodeid
Youtube: http://bit.ly/gentlemancodeyoutube

We welcome a Brotherhood relation for business, collaboration or partnership:
Email: hello@gentlemancode.id

KOMENTAR
terpopuler
Tekan enter untuk mulai mencari atau ESC untuk menutup kotak pencarian ini